Download Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah (Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW)


Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah merupakan kitab yang membahas secara lengkap tentang pribadi dan budi pekerti Rasulullah saw. Sangat cocok untuk dimiliki oleh siapapun, khususnya kaum muslimin yang sangat mencintai dan senantiasa sekuat tenaga mengikuti semua sunah-sunahnya.

Kitab ini sangat populer, seperti penyusunnya. Dimana kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah ini sendiri di susun oleh Imam At-Tirmidzi (Abu 'Isa Muhammad bin 'Isa bin Saurah) telah menghimpunnya dalam kitabnya Asy-Syama-ilul Muhammadiyah. 

Untuk mendapatkan kitab ini saat ini tidaklah sulit, sebab setelah dialih bahasakan dan dibukukan kita bisa membelinya dengan mudah. Adapun yang mengalih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia adalah M.Tarsyi Hawi dengan editor H. A.A Dahlan, H.M.D Dahlan, dan Anwar Yusro, diterbitkan oleh CV Penerbit Diponegoro tahun 1986, dengan judul buku Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah Saw. Penulis menyarankan untuk Anda membelinya, agar bisa membacanya dengan detail dan lengkap.

Meski kami dari Membangun Inspirasi akan memberikan link download kitab Asy-Syama-ilul, namun ketahuilah membelinya jauh lebih baik. Selain bisa dibaca kapan saja, Anda juga bisa menaruhnya di perpustakan pribadi di rumah, atau pun diamalkan di sekolah-sekolah sehingga para generasi sekarang bisa benar-benar belajar dari budi pekerti panutan terbaik kita Rasulullah saw. 

Menyadari saat ini banyak sekali orang yang mengakses internet untuk mencari berbagai informasi, kami dari tim Membangun Inspirasi yang tidak memiliki pemahaman mendalam tentang agama  namun sangat ingin berguna ini, akhirnya berinisiatif untuk membagikannya. Menyadari kehidupan manusia hanya sementara di dunia ini, kami berharap ini bisa menjadi ladang amal yang pahalanya bisa terus mengalir sekalipun kami sudah tidak ada di dunia ini.

Semoga penyusun kitab ini, penerjemah, penerbit buku Pribadi dan Budi pekerti Rasulullah Saw, serta semua pihak yang terlibat di dalamnya senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah, begitupun kami dari tim Membangun Inspirasi yang juga memiliki niat menyebarkan nilai-nilai kebaikan.

Kami berharap, dengan bisa diaksesnya isi kitab ini melalui internet, siapapun yang membutuhkan bisa terbantu, terutama untuk bahan ceramah keagamaan, mengajar madrasah, atau pun untuk menulis buku dan lainya. Meskipun tidak selengkap yang ada di buku, namun kami yakin jika dimanfaatkan dengan baik informasi ini akan sangat mencerahkan.

Komentar Terkait Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah

Sebelum membahas link download dari kitab ini, penulis melihat ada banyak komentar yang juga sangat bermanfaat, penuh ilmu, dan inspirasi jika kita baca. Atas dasar itulah, rasanya kurang lengkap jika kami tidak menuliskannya kembali untuk Anda semua.

Kata Pengantar Penterjemah

“Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah”, demikianlah judul asli kitab yang terjemahannya berada di hadapan pembaca. Bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia mengandung arti “Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw.”, sebagaimana tertera dalam judul buku ini.

Kitab ini, biasa pula disebut kitab “Asy-Syama-il”, yang disusun dan dikeluarkan oleh seorang ulama terkenal, yakni Imam al-Hafizh Abu ”Isa Muhammad bin ‘Isa bin Saurah at-Tirmidzi. Tirmidzi adalah nama sebuah kota kuno yang terletak di Iran Utara, tepatnya di pinggir sungai Jihun.

Popularitas ulama ini melambung tinggi bersama kitabnya yakni “Sunan Tirmidzi”, sehingga beliau menempati kedudukan kelima dari jajaran “Tokoh Ulama Hadits Terkemuka”. Dan Sunannya merupakan salah satu dari “Kutubul Khamsah” (Kitab induk hadits yang lima). Sedangkan empat tokoh hadits lainnya adalah : Imam Bukhari dengan Shahih Bukharinya, Imam Muslim dengan Shahih Muslimnya, Imam Abu Daud dengan Sunan Abu Daudnya dan Imam Nasa-i dengan Sunan Nasa-inya.

Kitab Asy-Syama-il merupakan salah satu dari beberapa kitab yang ditulis oleh Imam at-Tirmidzi. Sebagian besar isi kitab ini terdapat pula dalam Sunannya. Namun demikian dalam kitab ini terdapat beberapa hadits yang tafarrud, yakni hadits yang hanya diriwayatkan dalam kitab ini saja.

Mudah-mudahan terjemahan ini bermanfaat bagi kaum Muslimin Indonesia dan khususnya bagi diri saya dan keluarga.

Balikpapan, tahun 1984 Penterjemah,

M. Tarsyi HaWi 


Kata Pengantar Penerbit

Segala puji dan syukur hanya bagi Allah swt. serta shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, shahabat dan pengikut-pengikutnya dari yang pertama kali sampai yang terakhir.

Kami persembahkan ke hadapan para pembaca yang budiman satu kitab terjemahan dari “Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah”, dengan judul “Terjemah Hadits Mengenai PRIBADI DAN BUDI PEKERTI RASULULLAH SAW.”

Imam Tirmidzi telah melukiskan perihidup Rasulullah saw. secara sistematik, dimulai dari menggambarkan bentuk tubuh Rasulullah saw. sampai pada segala ihwal perihidupnya yang menunjukkan perjuangan, ketekunan ibadah serta akhlaknya yang mulia, sebagaimana diabadikan dalam AlQur’an:

“Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah suri teladan yang baik bagi kalian, yaitu bagi orang-orang yang mengharap rahmat Allah dan keselamatan di hari kiamat …”. (QS. 33 al-Ahzab: 21) 
Apabila kita simak secara mendalam, pastilah timbul dalam hati kita perasaan cinta terhadap Rasulullah saw. serta ajaran yang dibawanya. Mudah-mudahan keberadaan kitab ini dapat menuntun kita ke arah berpribadi dan berperilaku yang lebih baik.

Bandung, 27 Ra'ab 1406 Penerbit,

7 April l 986


Muqaddimah oleh Muhammad 'Afif Az-Za'bi

Bismillahirrahmanirmhim

Segala puji bagi Allah yang menciptakan dan mengatur semesta alam. Kebesaran dan kesempurnaan merupakan sifat yang mustahaq bagi-Nya. la Maha Suci dari sifat kekurangan.

Dia-lah yang telah mengutamakan di antara para Malaikat untuk menjadi utusan dan di antara umat manusia beberapa orang Rasul. Dia utamakan di antara rasul-rasul-Nya Muhammad sebagai Rasul pilihan, serta Dia tetapkan sebagai penutup semua Rasul. Dia ajari Akhlaqul Karimah, lantas Dia hiaskan pada pribadinya seindah mungkin. Rasulullah saw. bersabda: 

“Rabbi telah mengajariku budi pekerti mulia, maka Dia membuat budi pekertiku sangat baik”.

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah saw., kepada keluarga dan shahabatnya yang telah mengikuti akhlak dan kepribadian beliau saw., demikian pula kepada pengikutnya yakni ulama yang beramal sesuai dengan ketetapan Sunnah Rasulullah saw..

Ilmu hadits adalah ilmu yang paling berkah, ilmu yang paling afdal, ilmu yang paling banyak memberikan manfaat di dunia dun akhirat, serta merupakan ilmu yang paling sempurna setalah kitab suci Al Qur'an.

Dalam suatu riwayat diungkapkan bahwa lbnu 'Abbas r.a. pernah mendengar Rasulullah saw. bersabda :





“Sebaik-baik manusia dan sebaik-baik orang yang berjalan di permukaan bumi adalah para pendidik. Karena setiap kali ad-Din terancam pencemaran, merekalah yang meluruskannya kembali. Berikanlah susuatu kepada mereka, tapi janganlah kalian jadikan sebagai upah buat mereka. Sekiranya seorang pendidik berkata kepada seorang anak, “Bacalah Bismillaliirrahmanirrahim!” Lantas anak itu membacanya maka Allah swt mencatat sebagai pembebasan bagi anak itu, pembebasan bagi pendidik itu dan pembebasan bagi kedua orang tuanya dari neraka. ”

Kami persembahkan kepada saudara-saudara sesama kaum Muslimin, kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyyah, susunan Imam al-Hafizh at-Tirmidzi. Ia membagi kitabnya ini dalam 55 bab, yang memuat 397 hadits tentang identitas Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw.

Secara khusus, Muhammad bin Muhammad al-Jazari mengubah beberapa bait syair perihal Kitab ini:

“Teman-temanku, walau kekasih jauh tempat tinggalnya,

Kalian tak dapat bertemu dan tak dapat melihatnya, Namun inilah Kitab tentang pribadi dan budi pekertinya,

Menguraikan kesempurnaan jasmaninya, budi pekertinya dan segala sifat yang tak terhitung kesempurnaannya." Sedangkan Ali bin Sulthan al-Qari mengemukakan :

“Di antara Kltab terbaik yang pernah ditulis tentang pribadi dan budi pekerti Rasululluh saw., ialah kitab Imam Tirmidzi ini, disusun ringkas tapi padat., sempurna isinya mengenai perikehidupannya. Orang yang membaca kltab ini, bab demi bab, seakan-akan berhadapan dengan Rasulullah saw. serta melihat keindahan pribadinya.”

Betapa mulianya Rasul pemurah,
Alangkah bagusnya kitab asy-Syama-il,
Dengan menyimak isi kitab ini, ter'bayanglah beliau, Bagaikan dahan melambai-lambai dihembus angin.

Dalam menyusun kitab ini, kami berpedoman kepada beberapa kitab syarah as-Syama-il sebagai pegangan, misalnya Syarhul Syama-ilul Muhammadiyyah, karya Syekh Ibrahim bin Muhammad al-Bajuri, Syarhu Ali Sulthan al-Qari dan Syarhu Abdurrauf al-Manawi. Kemudian kitab ini kami beri catatan kaki berupa keterangan serta makna kata-kata pada  bagian-bagian tertentu.

Hanya kepada Allah swt. kami berdoa, semoga usaha ini tersurat dengan baik dalam buku laporan amalan kami di hari kiamat, yaitu hari yang tiada bermanfaat lagi harta dan anak, kecuali orang yang datang menghadap Allah swt. dengan hati yang tulus ikhlas.

MUHAMMAD ‘AFIF AZ-ZA’BI


Kata Sambutan Syekh Muhammad Al-Muntaqi Al-Kasynawi

Segala puji bagi Allah, Dzat Yang Maha Mulia, Maha Perkasa dan Maha Mengetahui segala rahasia. Dia-lah (Allah) yang memilih penghulu umat manusia, sayyidina Muhammad bin Abdullah sebagai nabi dan rasul-Nya. Dan Dialah yang telah memberikan ancaman kepada umat manusia yang membangkang kepada Rasul-Nya.

Firman Allah:




Maka demi Rabbmu, mereka (pada hakikatnya) tidak beriman sebelum mereka menjadikan engkau sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan. Kemudian tidak tersirat dalam hati mereka suatu keberatan terhadap keputusan yang engkau berikan, dan mereka menerima sepenuhnya. (QS. an-Nisa : 65) 

Shalawat dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasuullah saw., para shahabatnya, istri-istrinya serta keturunannya. Amma ba‘du. Ketahuilah! Sesungguhnya ilmu hadits yang di dalamnya terdapat sejarah kehidupan Nabi saw. adalah merupakan suatu ilmu yang besar sekali kadarnya dan amat istimewa kedudukannya. Orang-orang yang mampu menghimpun ilmu itu akan meraih keutamaan yang banyak. Sedangkan orang yang berhasil mendapatkan ilmu pengetahuan tentang hal itu, berarti mencapai kebaikan yang banyak. 

Sufyan ats-Tsauri pernah berkata sebagaimana disebutkan Ibnu Shalah di dalam kitabnya Muqaddimatul Ulu~ mil Hadits sebagai berikut:

“Tiada kuketahui apakah ada amalan yang lebih utama dari menuntut hadits Rasulullah saw. bagi orang yang berniat karena Allah “Azza wa Jalla”.

Selanjutnya Ibnu Shalah menerangkan, “Dan kami menerima riwayat yang serupa dari Ibnul Mubarak r.a.”

Demikian pula keterangan al-‘Alamah Abul Fa-id Maulana Ja‘far al-Hasani al-Idrisi (yang populer dengan sebutan alKanani rahimahullah), di dalam mukadimah Kitabnya yang berjudul “Nadlmul Mutanatsir minal Haditsi Mutawatir”.

Sebagian para hamba Allah yang shalih (semoga Allah swt. meridlai kita dan mereka semua) berkata:

“Ilmu tentang peribadahan kepada Allah swt. dan cara mengamalkan ajaran agama-Nya yang diturunkan untuk kebaikan hamba-hamba-Nya di dunia dan akhirat, tergantung kepada pengetahuan tentang petunjuk Rasulullah saw. dan cara amaliahnya yang menjelaskan syariat Allah swt. sejak pertama kali wahyu diturunkan hingga Allah swt. menyempurnakan agama ini.”

Kitab-kitab yang bertalian dengan Sunnah Rasulullah saw. meliputi al-Maghazi (jihad yang dilakukan oleh Rasu.ullah saw.) at-Tarikh (sejarah kehidupan Rasulullah saw.) dan asy-Syama-il (kepribadian dan budi pekerti Rasulullah aw.) Kesemuanya telah dapat menghimpun perkataan, perbuatan dan sifat-sifat Nabi saw. semenjak masa pengembangannya hingga beliau dipanggil Allah swt. ke hadirat-Nya, lebih-lebih pada masa kerasulannya.

Tiada sesuatu pun yang menyangkut dirinya, baik kecil maupun besar, melainkan tersebut di dalam kitab-kitab itu. Sehingga kita dapat menemukan bagaimana cara Rasulullah saw. berpakaian, duduk, bangun tidur, tertawa, tersenyum, berjalan, beribadah di malam hari maupun di siang hari, perbuatannya tatkala mandi, ketika makan, ketika minum, demikian pula bagaimana beliau berbicara dengan orang lain, cara menyapa ketika beliau bertemu dengan orang lain, warna kesukaannya, serta seluruh sifat yang terpuji yang senantiasa menghiasi dirinya serta pribadinya. Rasanya tidak berlebihan bila kita mengatakan :

“Tiada seorang pun di dunia ini yang sejarah hidupnya tercatat begitu lengkap dan terperinci sebagaimana perihidup Rasulullah saw. penutup semua nabi.”

Di antara kitab yang amat sempurna menceritakan pribadi dan budi pekerti Rasulullah saw. adalah kitab asy-Syama-ilul Muhammadiyyah susunan imam al-Haflzh al-Muhaqqiq Muhammad bin 'Isa at-Tirmidzi. Semoga Allah swt. memberikan manfaat dan berkah kitab ini kepada kita sekalian, Amin.

Imam Tirmidzi telah memadati kitab ini dengan tuntunan Nabi saw. berupa riwayat perihal sifat keterpujiannya. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita menyatakan salut atas jerih payah saudara syekh Muhammad Afif az-Za’bi di penerbit dan percetakan Darul Ilmi. Ia telah memperlihatkan kepada kami sebuah naskah yang telah ditahqiqnya (diberi keterangan berupa catatan kaki). Ia mengingatkan agar kami dapat bersamanya memperoleh pahala dari Allah swt., yakni memberikan Kata Sambutan untuk kitab ini.

Semoga Allah swt. Yang Maha Pemurah memberikan kepadanya balasan yang terbaik atas karya yang besar ini. Demikian pula kepada semua orang yang membantu dan berpartisipasi demi terbitnya kitab ini. Semoga kitab ini bermanfaat bagi mereka yang haus akan ilmu dan bagi segenap kaum Muslimin pada umumnya. 


Baca Juga : Riwayat Hidup Imam At-Tirmidzi R.a. Hingga Meninggal Dunia

Komentar Ulama terhadap Kitab Asy-Syma-Il

Ali bin Sulthan al-Qari berkata:

“Di antara kitab terbaik yang pernah ditulis tentang Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw., ialah kitab Imam Tirmidzi ini, yang disusunnya secara ringkas tapi padat, sehingga orang yang membaca kitab ini, bab demi bab, seakan-akan ia berhadapan dengan Rasulullah saw. serta melihat keindahan pribadinya”.

Muhammad bin Muhammad al-Jazari berkata: “Teman-temanku, walau kekasih dan rumahnya jauh Tak pernah bertemu, jauh tempat tinggalnya Kalian sudah terluput melihatnya Tapi inilah kitab “asy-Sama-il”.

Pujangga Muhyiddin Abdul Qadir az-Zarkasyi pernah membuat syair perihal kitab “asy-Syama-il” sebagai berikut:

“Wahai mulianya Rasul pemurah
Alangkah bagusnya kitab “asy-Syamaail”
Menyimak riwayat kitab ini, terbayanglah dia Bagaikan dahan yang melambai-lambai tertiup angin..

Syekh Abdur Rauf al-Manawi berkata: “Kitab asy-Syamail yang memuat ilmu riwayat dan ilmu dirayat susunan at-Tirmidzi ini, aromanya lebih harum
dari kesturi yang semerbak.

Perihal riwayat tentang Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw. kitab ini tiada tandingannya. Ia merupakan satu-satunya kitab yang riwayatnya teratur dan lengkap. Tiada seorang pun ahli Hadits yang pernah berbuat serupa;

At-Tirmidzi telah menempuh suatu metode penulisan yang indah. Hadits dan Atsar ia rangkaikan dengan serasi, hingga menjadikan kitab ini terbilang kitab Mawahib dari Allah swt. kemudian kitab ini meluas, dikenal dan dipelajari baik di masyriq maupun di maghrib.”

Kemudian di antara orang-orang yang sangat berantusias untuk mensyarahkannya, terdapatlah seorang ulama besar. Maulana Ishamuddin al-Isfirayani as-Syafi’i. Selain itu kitab ini pun dibaca oleh seorang ulama yang terkemuka dalam bidang ilmu fiqh, yaitu as-Syihab bin Hajar (Ibnu Hajar) seorang ulama Mekah. Ia sempat memuji kitab ini dengan panjang lebar. 

Keterangan : Yang dimaksud dengan Mawahib adalah bantuan Allah bagi seseorang dalam suatu pekerjaan yang besar. Ungkapan ini lebih bersifat kekaguman seseorang terhadap suatu karya.
Menurut Abul Fida' Ismail:

Di antara orang yang menyusun riwayat tentang Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah saw. yang paling baik adalah imam Abu 'Isa, yakni Muhammad bin ‘Isa bin Saurah r.a. Ia menyusun riwayat tersendiri dalam sebuah kitabnya yang diberi judul asy-Syama-ilul Muhammadiyyah. Kami memiliki isnad yang muttasil bagi kitab ini dari guru ke guru hingga sampai kepada imam Tirmidzi r.a.. 


Link Download Kitab Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah

Sekali lagi, kami mengingatkan untuk memiliki versi lengkapnya silahkan Anda bisa membeli kitab ini yang telah dialih bahasakan ke dalam Bahasa Indonesia. Bagi Anda yang ingin membaca melalui blog ini, silahkan bisa mengklik sesuai judul di bawah ini. 

1. Bentuk Tubuh Rasulullah Saw

2. Bentuk Khatam Nubuwwah

3. Rambut Rasulullah Saw

4. Cara Bersisir Rasulullah Saw

5. Uban Rasulullah Saw

6. Semir Rambut Rasulullah Saw

7. Celak Mata Rasulullah Saw

8. Pakaian Rasulullah Saw

9. Khuf Rasulullah Saw

10. Sandal Rasulullah Saw

11. Cincin Rasulullah Saw

12. Cara Rasulullah bercincin

13. Pedang Rasulullah Saw

14. Baju Besi Rasulullah Saw

15. Topi Besi Rasulullah Saw

16. Serban Rasulullah Saw

17. Sarung Rasulullah Saw

18. Cara Berjalan Rasulullah Saw

19. Kain Penyeka Rasulullah Saw

20. Sikap Duduk Rasulullah Saw

21. Tempat Bertelekan Rasulullah Saw

22. Cara Bertelekan Rasulullah Saw

23. Cara Makan Rasulullah Saw

24. Jenis Roti yang Dimakan Rasulullah Saw

25. Lauk Pauk yang Dimakan Rasulullah Saw

26. Wudhu Rasulullah Saw

27. Doa Rasulullah Saw Sebelum & Sesudah makan

28. Tempat Minum Rasulullah Saw

29. Buah Yang Dimakan Rasulullah Saw

30. Minuman Rasulullah Saw

31. Cara Minum Rasulullah Saw

32. Minyak Wangi Rasulullah Saw

33. Cara Bicara Rasulullah Saw

34. Cara Tertawa Rasulullah Saw

35. Kelakar Rasulullah Saw

36. Syi’ir yang Dibaca Rasulullah Saw

37. Percakapan Rasulullah Saw di Malam Hari

38. Cara Tidur Rasulullah Saw

39. Ibadah Rasulullah Saw

40. Shalat Dhuha Rasulullah Saw

41. Shalat Sunnah Rasulullah Saw di Rumah

42. Shaum Sunnah Rasulullah Saw

43. Cara Rasulullah Membaca Al-Qur’an

44. Tangis Rasulullah Saw

45. Tempat Tidur Rasulullah Saw

46. Tawadhu Rasulullah Saw

47. Budi Pekerti Rasulullah Saw

48. Kepekaan Rasulullah Saw

49. Bekam Rasulullah Saw

50. Kehidupan Rasulullah Saw

51. Nama-Nama Rasulullah Saw

52. Usia Rasulullah Saw

53. Wafat Rasulullah Saw

54. Harta Pusaka Rasulullah Saw

55. Mimpi Bertemu dengan Rasulullah Saw

Jika ada judul yang belum bisa keluar linknya saat di klik, berarti masih dalam proses. Untuk memudahkan Anda saat berkunjung kembali, silahkan bisa menyimpan halaman ini dengan cara Save Page, atau Ctrl +S. Sementara untuk melakukan Bookmark terhadap halaman ini, bisa dilakukan dengan menekan Ctrl+D pada keyboard.

Demikian pembahasan mengenai Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah (Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW), semoga Allah senantiasa merhamati kita semua, dan menyelamatkan kita dari siksa kubur dan neraka. Mari tingkatkan semangat kita untuk mengumpulkan banyak bekal akhirat.

0 Response to "Download Kitab Asy-Syama-ilul Muhammadiyah (Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW)"

Post a Comment

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel