RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!
RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia
· Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu
mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks
tersebut dengan mandiri.
· Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu
menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks
tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
IPA
· Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan
bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.
· Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan
hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar
dengan sistematis.
IPS
· Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman
budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa
Indonesia dengan lengkap.
· Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman
budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara
lisan dan tulisan dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis.
· Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar.
· Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Peduli, santun. |
·
Gagasan pokok dan pendukung. ·
Keberagaman sosial dan budya. ·
Sifat-sifat bunyi. |
Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, analisis, dan menyimpulkan. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Diskusi
Saat siswa
melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik. Centang (ü) pada
bagian yang memenuhi kriteria RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. ü |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya
saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama proses diksusi berlangsung. ü |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
2+3+1 |
- |
6 |
x 10 -
5 |
12 |
12 |
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari
setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Gagasan
pokok. |
Menemukan
gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. ü |
Menemukan
sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum
dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan
pendukung. |
Menemukan
gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. ü |
Belum
dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian
gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya
saat diskusi. ü |
Menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
tepat. |
Belum
dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap:
Mandiri |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. ü |
Belum
dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
3+2+4+2 |
- |
11 |
x 10 –
6,9 |
16 |
16 |
3. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Informasi
tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. |
Menuliskan
informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas
berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. |
Menuliskan
sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap. ü |
Menuliskan
sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap. |
Belum
dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama
teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara. |
Komunikasi
lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. |
Mengomunikasikan
secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman
berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis. |
Mengomunikasikan
secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman
berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis. |
Mengomunikasikan
secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman
berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis. ü |
Belum
dapat mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan
agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara. |
Sikap
kerjasama. |
Menunjukkan
sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. ü |
Menunjukkan
sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten. |
Menunjukkan
sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. |
Perlu
dimotivasi untuk dapat bekerjasama. |
Santun
dan saling menghargai. |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten. |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten. |
Menunjukkan
sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman. ü |
Perlu
dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman. |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
3+2+4+2 |
- |
11 |
x 10 – 6,9 |
16 |
16 |
4. IPA
Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan
tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Cara
menghasilkan bunyi. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan
lengkap. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil
eksplorasi cukup lengkap. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil
eksplorasi kurang lengkap. ü |
Belum
dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan
hasil eksplorasi. |
Laporan
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda
berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan
hasil eksplorasi cukup sistematis. ü |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda
berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis. |
Belum
dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari
benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Sikap
rasa ingin tahu. |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
kurang antusias dan
tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak
tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
2+3+1 |
- |
6 |
x 10 -
5 |
12 |
12 |
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Cara
menghasilkan bunyi. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan
lengkap. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi
cukup lengkap. |
Menjelaskan
cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil
eksplorasi kurang lengkap. ü |
Belum
dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan
hasil eksplorasi. |
Laporan
pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda
berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan
hasil eksplorasi cukup sistematis. ü |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda
berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis. |
Belum
dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda
berdasarkan hasil eksplorasi. |
Sikap
rasa ingin tahu. |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak
tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
2+3+1 |
- |
6 |
x 10 -
5 |
12 |
12 |
b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Penerapan
Konsep |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan
pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat
menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman
inti dari konsep tidak jelas. ü |
Perlu
bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang
dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil
percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil
percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü |
Hasil
percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data
penunjang. |
Hasil
percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur
dan Strategi |
Seluruh
data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang
digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh
data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih
membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil. |
Sebagian
besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis
setelah mendapat bantuan guru. |
Sebagian
kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang
dipilih tidak tepat. ü |
Penilaian (penskoran) : |
total
nilai siswa |
x 10 |
total
nilai maksimal |
Contoh : |
2+3+1 |
- |
6 |
x 10 -
5 |
12 |
12 |
RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
· Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi
keberagaman Indonesia.
· Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan
dan kesatuan dalam keberagaman.
SBdP
· Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar
gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.
· Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan
dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi
hitungan dari guru dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Menemukan ciri-ciri dari segi banyak.
· Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa).
· Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Peduli, santun. |
·
Segi banyak. ·
Gerakan dasar tarian. ·
Keberagaman. |
Olah tubuh, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. SBdP: Menari tarian Bungong
Jeumpa
Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.
2. PPKn: Presentasi Keberagaman di
Indonesia
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Mencari
Informasi |
Menemukan
semua hal yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. |
Menemukan
sebagian besar informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. |
Menemukan
sebagian informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. |
Menemukan
sebagian kecil informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber. |
Mengolah
Informasi |
Menuliskan
seluruh informasi ke dalam tabel dengan benar. |
Menuliskan
sebagian besar informasi ke dalam tabel dengan benar. |
Menuliskan
sebagian informasi ke dalam tabel dengan benar. |
Menuliskan
sebagian kecil informasi ke dalam tabel dengan benar. |
Menyajikan
Informasi |
Menyajikan
semua informasi dengan sistematis sehingga mudah dipahami. |
Menyajikan
sebagian besar informasi dengan sistematis sehingga cukup mudah dipahami. |
Menyajikan
sebagian informasi dengan sistematis sehingga kurang bisa dipahami. |
Menyajikan
informasi dengan tidak sistematis sehingga sulit dipahami. |
3. Diskusi: Pada saat diskusi
keberagamaan.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak
mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat
diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia
· Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
· Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu
menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis
dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
IPA
· Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi
merambat dengan lengkap.
· Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang
sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Menemukan pola yang terbentuk dari data masuk dan data keluar.
· Mencari informasi keanekaragaman sumber daya unggulan daerah.
· Menjelaskan pengaruh perbedaan waktu RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Peduli, santun. |
·
Gerak dasar lokomotor, nonlokomotor ·
Sifat-sifat bunyi merambat. ·
Gagasan pokok dan pendukung. |
Jalan, lari, lompat, analisi dan menyimpulkan, mencari
informasi. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
1. IPA
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Sifat-sifat
bunyi merambat |
Menjelaskan
semua sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. |
Menjelaskan
sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. |
Menjelaskan
sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar. |
Belum
dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat. |
Laporan
pengamatan tentang sifat bunyi merambat |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan
dengan sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang sebagian besar sifat bunyi
merambat berdasarkan hasil percobaan cukup sistematis. |
Menyajikan
laporan pengamatan tentang sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan
hasil percobaan kurang sistematis. |
Belum
dapat menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan
hasil percobaan. |
Sikap
Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak
kurang antusias dan
tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak
tampak antusias dan
perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Penerapan Konsep |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung
dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan
benar. |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat
menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari |
Memperlihatkan
pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian
pemahaman inti dari konsep tidak jelas. |
Perlu bimbingan
saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi |
Hasil
percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. |
Hasil
percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. |
Hasil
percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data
penunjang. |
Hasil
percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur
dan strategi |
Seluruh
data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang
digunakan membuat percobaan berhasil. |
Seluruh
data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih
membutuhkan bimbingan
dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi. |
Sebagian
besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah
mendapat bantuan guru. |
Sebagian
kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang
dipilih tidak tepat. |
2. Bahasa Indonesia RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
Tugas siswa
menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai
menggunakan rubrik
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Gagasan
pokok |
Menemukan
gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. |
Belum
dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung |
Menemukan
gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian besar
gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Menemukan
sebagian kecil
gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. |
Belum
dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian
gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. |
Menyajikan
gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. |
Menyajikan
sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
tepat. |
Menyajikan
sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan
tepat. |
Belum
dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap:
Mandiri |
Tugas
diselesaikan dengan mandiri |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum
dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia
· Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan
gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.
· Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan
gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan dengan
sistematis.
PPKn
· Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan
pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.
· Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap
persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Membedakan segi banyak beraturan dan tidak beraturan.
· Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks.
· Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Peduli, santun. |
·
Segi banyak beraturan dan tak
beraturan. ·
Gagasan pokok dan pendukung. ·
Persatuan dan kesatuan. |
mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan
hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia : Gagasan Pokok
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Mengidentifi
kasi gagasan pokok |
Mengidentifikasi
gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
Gagasan Pendukung |
Mengidentifikasi
gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar. |
Mengidentifikasi
gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar. |
Mengkomuni
kasikan |
Menuliskan secara
sistematis, mudah dipahami,
dan menggunakan bahasa baku. |
Memenuhi
2 dari 3
kriteria yang diharapkan. |
Memenuhi
1 dari 3
kriteria yang diharapkan. |
Belum
memenuhi kriteria yang diharapkan. |
2. PPKn RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
Kriteria |
ya |
tidak |
Menjelaskan
pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. |
|
|
Menemukan
3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan. |
|
|
3. Diskusi: Pada saat diskusi
persatuan dan kesatuan
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih
perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon
dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non
verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, dan perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan
memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara
dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
· Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu
menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
· Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu
menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
SBdP
· Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan
dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam
posisi duduk dengan benar.
· Setelah berdiskusi tentang bangun segi banyak pada tangram,
siswa mampu menjelaskan perbedaan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak
beraturan dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Membedakan segi banyakberaturan dan tidak beraturan.
· Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa).
· Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Santun. |
Mengklasifikasikan, mengomunikasikan hasil, olah tubuh. |
mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan
hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPS
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi
memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi
memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi
hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi
hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh
gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian
besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian
kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Gagasan
pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema. |
Fakta
Pendukung |
Seluruh
fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing- masing disajikan dengan benar. |
Sebagian
besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing- masing disajikan dengan benar. |
Sebagian
kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing- masing disajikan dengan benar. |
Fakta
tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi
masing- masing tidak benar. |
2. SBdP
Proses
pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan anekdot.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 1 : Indahnya Kebersamaan / Keberagaman
Budaya Bangsaku
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa
Indonesia
· Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu
menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
PPKn
· Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu
menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas
bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks.
· Menyajikan keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar.
· Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan bentengbentengan dan gobak sodor RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Santun. |
·
Gagasan pokok dan gagasan pendukung. ·
Persatuan dan Kesatuan. ·
Gerak dasar lokomotor. |
Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, lokomotor. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Diagram gagasan
pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Gagasan
Pokok |
Seluruh
gagasan pokok
ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian
besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian
kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh
gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Gagasan Pendukung |
Seluruh
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian kecil
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh
gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
2. PPKn RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
Rencana kegiatan
yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dinilai dengan
rubrik.
Kriteria |
Sangat
Baik(4) |
Baik
(3) |
Cukup
(2) |
Perlu
Pen-dampingan (1) |
Rencana
penerapan nilai persatuan dan kesatuan di rumah |
Menyebutkan
paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar. |
Rencana
penerapan nilai
persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah |
Menyebutkan
paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan
benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan
benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan
benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan
benar. |
Rencana
penerapan nilai
persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah. |
Menyebutkan
paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
dengan benar. |
Menyebutkan
paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah dan
belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah
dengan benar. RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1 |
Post a Comment for "RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"
Komentar