Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!

RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1


 RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.

·      Setelah membaca teks tentang keragaman budaya, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Setelah eksplorasi, siswa mampu menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan lengkap.

·      Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari beragam benda di sekitar dengan sistematis.

IPS

·      Setelah wawancara sederhana, siswa mampu menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.

·      Setelah diskusi, siswa mampu mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara lisan dan tulisan dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis.

·      Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar.

·      Melakukan percobaan cara menghasilkan bunyi RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun.

·     Gagasan pokok dan pendukung.

·     Keberagaman sosial dan budya.

·     Sifat-sifat bunyi.

Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, analisis, dan menyimpulkan.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik. Centang (ü) pada bagian yang memenuhi kriteria RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

ü

 

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

ü

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

2.   Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf  dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok.

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

ü

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pokok.

Gagasan pendukung.

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

ü

Belum dapat menemukan gagasan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran.

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi.

ü

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

Sikap: Mandiri

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

ü

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

3+2+4+2

-

11

x 10 – 6,9

16

16

 

3.  IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama.

Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap.

Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap.

ü

Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap.

Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara.

Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama.

Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis.

Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis.

Mengomunikasikan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis.

ü

Belum dapat mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara.

Sikap kerjasama.

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten.

ü

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman.

Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama.

Santun dan saling menghargai.

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman.

ü

Perlu dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

3+2+4+2

-

11

x 10 – 6,9

16

16

 

4.   IPA RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Cara menghasilkan bunyi.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.

ü

Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.

ü

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis.

Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Sikap rasa ingin tahu.

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias

dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

a.   Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Cara menghasilkan bunyi.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap.

Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap.

ü

Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis.

ü

Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis.

Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi.

Sikap rasa ingin tahu.

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

b.   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Penerapan Konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

ü

Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

ü

Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan Strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 


 

RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·      Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasi keberagaman Indonesia.

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan menjelaskan makna pesatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

SBdP

·      Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa dengan posisi tubuh berdiri dengan benar.

·      Setelah melihat contoh, siswa membuat mempraktikkan dasar-dasar gerakan tari Bungong Jeumpa (posisi tubuh berdiri) diiringi hitungan dari guru dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan ciri-ciri dari segi banyak.

·      Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa).

·      Mengidentifikasi keberagaman yang ada di sekitar.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun.

·     Segi banyak.

·     Gerakan dasar tarian.

·     Keberagaman.

Olah tubuh, mengklasifikasikan, mengkomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   SBdP: Menari tarian Bungong Jeumpa

Catatan Anekdot untuk mencatat untuk melihat kemampuan siswa.

2.   PPKn: Presentasi Keberagaman di Indonesia RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mencari Informasi

Menemukan semua hal yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian besar informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Menemukan sebagian kecil informasi yang diharapkan dengan mencari dari berbagai sumber.

Mengolah Informasi

Menuliskan seluruh informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian besar informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menuliskan sebagian kecil informasi ke dalam tabel dengan benar.

Menyajikan Informasi

Menyajikan semua informasi dengan sistematis sehingga mudah dipahami.

Menyajikan sebagian besar informasi dengan sistematis sehingga cukup mudah dipahami.

Menyajikan sebagian informasi dengan sistematis sehingga kurang bisa dipahami.

Menyajikan informasi dengan tidak sistematis sehingga sulit dipahami.

3.   Diskusi: Pada saat diskusi keberagamaan.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 


 
RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

·      Setelah membaca teks tentang “Membantu Sesama”, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat dengan lengkap.

·      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat-sifat bunyi merambat dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan pola yang terbentuk dari data masuk dan data keluar.

·      Mencari informasi keanekaragaman sumber daya unggulan daerah.

·      Menjelaskan pengaruh perbedaan waktu RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun.

·     Gerak dasar lokomotor, nonlokomotor

·     Sifat-sifat bunyi merambat.

·     Gagasan pokok dan pendukung.

Jalan, lari, lompat, analisi dan menyimpulkan, mencari informasi.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

 

1.   IPA

a.   Laporan hasil percobaan tentang sifat-sifat bunyi merambat dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Sifat-sifat bunyi merambat

Menjelaskan semua sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Menjelaskan sebagian besar sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Menjelaskan sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan benar.

Belum dapat menjelaskan sifat-sifat bunyi merambat.

Laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat

Menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan dengan sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian besar sifat

bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan cukup sistematis.

Menyajikan laporan pengamatan tentang sebagian kecil sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan kurang sistematis.

Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang sifat bunyi merambat berdasarkan hasil percobaan.

Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias

dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias

dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 

b.   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti

pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

Perlu

bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan

bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis

setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi

yang dipilih tidak tepat.

 

2.   Bahasa Indonesia RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik

 

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pokok.

Gagasan

Pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran.

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf teks yang dibaca dengan terstruktur.

·      Setelah membaca teks, siswa mampu menyusun gagasan pokok dan gagasan pendung dari teks yang dibaca menjadi kerangka tulisan dengan sistematis.

PPKn RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

·      Setelah melakukan demontrasi, siswa mampu menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan terperinci.

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menemukan contoh-contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Membedakan segi banyak beraturan dan tidak beraturan.

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks.

·      Mendemostrasikan pentingnya persatuan dan kesatuan RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun.

·     Segi banyak beraturan dan tak beraturan.

·     Gagasan pokok dan pendukung.

·     Persatuan dan kesatuan.

mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia : Gagasan Pokok

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mengidentifi kasi gagasan pokok

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi Gagasan Pendukung

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar.

Mengkomuni kasikan

Menuliskan

secara sistematis, mudah

dipahami, dan menggunakan bahasa baku.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang diharapkan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

 

2.   PPKn RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

Kriteria

ya

tidak

Menjelaskan pentingnya sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman.

 

 

Menemukan 3 contoh sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman di lingkungan.

 

 

 

 

3.  Diskusi: Pada saat diskusi persatuan dan kesatuan

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, dan perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·      Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

·      Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

SBdP

·      Dengan mengamati gambar dan langkah-langkah serta peragaan dari guru, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan benar.

·      Setelah berdiskusi tentang bangun segi banyak pada tangram, siswa mampu menjelaskan perbedaan segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Membedakan segi banyakberaturan dan tidak beraturan.

·      Menari tarian daerah (Bungong Jeumpa).

·      Menyajikan keberagaman yang terdapat di sekitar.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Santun.

Mengklasifikasikan, mengomunikasikan hasil, olah tubuh.

mengklasifikasikan, mencari informasi, mengomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Struktur

Presentasi

Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

Fakta Pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing tidak benar.

 

2.  SBdP

Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan anekdot.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 1   :   Indahnya Kebersamaan / Keberagaman Budaya Bangsaku

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

PPKn

·      Dengan membaca teks tentang suku Minang, siswa mampu menyajikan keragaman sosial dan budaya provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan secara terperinci.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks.

·      Menyajikan keberagaman yang terdapat di wilayah sekitar.

·      Mempraktikkan prosedur gerak dasar jalan, lari, lompat dalam permainan bentengbentengan dan gobak sodor RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Santun.

·     Gagasan pokok dan gagasan pendukung.

·     Persatuan dan Kesatuan.

·     Gerak dasar lokomotor.

Mencari informasi, mengomunikasikan hasil, lokomotor.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan Pokok

Seluruh gagasan

 

pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Gagasan

Pendukung

Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian

besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian

kecil gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

2.   PPKn RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

Rencana kegiatan yang mencerminkan sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Rencana penerapan nilai persatuan dan kesatuan di rumah

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di rumah dengan benar.

 

Rencana penerapan

nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

 

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah dengan benar.

Rencana penerapan

nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan sekolah.

Menyebutkan paling sedikit 4 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan

sekolah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 3 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan

sekolah dengan benar.

 

Menyebutkan paling sedikit 2 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan

sekolah dengan benar.

Menyebutkan paling sedikit 1 contoh perilaku yang sudah

dan belum mencerminkan nilai persatuan dan kesatuan di lingkungan

sekolah dengan benar. RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1

 

Post a Comment for "RPP Tema 1 Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"