Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia!

 

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mengamati pembacaan pantun, siswa dapat menjelaskan isi pantun yang disajikan secara lisan dan runtut.

·      Dengan kegiatan menulis pantun, siswa dapat menjelaskan isi pantun yang disajikan secara tertulis dan runtut.

·      Dengan kegiatan mencoba menulis pantun dengan tema menjaga kesehatan tubuh, siswa dapat membacakan pantun yang dibuatnya dengan lafal dan intonasi yang tepat.

IPA RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

·      Dengan kegiatan mencari tahu tentang berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah dan cara pencegahannya, siswa dapat mengidentifikasi berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah manusia dan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Isi pantun yang disajikan secara lisan

·      Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Rasa ingin tahu tinggi, Percaya diri dan Bekerja sama

·     isi pantun

·     Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia.

·     Mempresentasikan.

·     Membaca pantun

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Mempresentasikan Berbagai Gangguan Organ Peredaran Darah

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Mengetahui berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia. Mengetahui cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

Menjelaskan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ  peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar

Menjelaskan sebagian besar berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar

Menjelaskan sebagian kecil berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar

Belum dapat menjelaskan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia

Menggunakan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah

Menyajikan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan sistematis bahasa Indonesia yang  baik dan benar

Menyajikan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan cukup sistematis

Menyajikan laporan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan kurang sistematis

Belum dapat bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan sistematis

 

Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 


 

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan membaca dan mengamati cerita bergambar, siswa dapat mengidentifikasikan berbagai gambar cerita sesuai bacaan.

·      Dengan kegiatan menulis pengertian gambar cerita, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah pembuatan gambar cerita secara runtut.

IPA

·      Dengan kegiatan mencari tahu mengenai organ peredaran darah pada hewan, siswa dapat menyebutkan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada hewan.

·      Dengan kegiatan mencari tahu mengenai organ peredaran darah pada hewan, siswa dapat menyebutkan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah.

SBdP

·      Dengan kegiatan berkarya, siswa dapat membuat contoh gambar cerita satu adegan sesuai kalimat penggalan cerita.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengidentifikasi gambar cerita

·      Membuat contoh satu adegan gambar cerita

·      Mencari Tahu berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia..

·      Membaca pantun yang dibuat.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab

·     Gambar cerita

·     Berbagai macam penyakit yang mempengaruhi organ peredaran darah pada manusia..

·     Membaca pantun

·     Menjelaskan

·     Membaca

·     Mendefinisikan

·     Menggambar.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Penilaian SBdP

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Pengetahuan Gambar Cerita

Mampu menjawab semua pertanyaan mengenai gambar cerita

Mampu menjawab 75% pertanyaan mengenai gambar cerita

Mampu menjawab 50% pertanyaan mengenai gambar cerita

Tidak mampu menjawab pertanyaan mengenai gambar cerita

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan

 

Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 


 

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mengamati contoh pantun, siswa dapat menjelaskan isi pantun yang disajikan secara tertulis.

PPKn RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

·      Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dalam masyarakat, siswa dapat menjelaskan pengertian gotong royong, unsur-unsur dan manfaat gotong royong yang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab masyarakat.

·      Dengan kegiatan membaca bacaan tentang gotong royong, siswa dapat menyebutkan akibat-akibat yang timbul karena tidak adana penerapan tanggung jawab di masyarakat.

·      Dengan kegiatan menuliskan tanggung jawab individu sebagai warga masyarakat, siswa dapat menyebutkan tanggung jawabnya sebagai warga masyarakat.

·      Dengan kegiatan pengamatan terhadap pelaksanaan musyawarah, siswa dapat menemukan informasi mengenai penerapan tanggung jawab dalam masyarakat.

IPS

·      Dengan kegiatan membaca bacaan interaksi sosial, siswa dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi,sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

·      Dengan kegiatan menuliskan bentuk interaksi yang pernah dilakukan dalam bentuk tabel, siswa dapat membandingan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengamati pantun

·      Mengamati gambar gotong royong.

·      Mengamati pelaksanaan musyawarah, untuk penerapan tanggung jawab dalam masyarakat.

·      Membaca bacaan tentang interaksi sosial.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Rasa ingin tahu, Percaya diri, bekerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab

·     Pantung

·     Tanggung jawab

·     Interaksi sosial

·     membaca

·     menuangkan hasil pengamatan melalui bentuk tulisan.

·     Mengomunikasikan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 

Rubrik Penilaian PPKn

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Pengetahuan: Akibat akibat yang timbul karena tidak adanya penarapan tanggung jawab di masyarakat

Mampu menuliskan Akibat akibat yang timbul karena tidak adanya penarapan tanggung jawab di masyarakat

Memenuhi 2 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan

Keterampilan: Berdiskusi Akibat akibat yang timbul karena tidak adanya penarapan tanggung jawab di masyarakat

Mampu menuliskan hasil diskusi akibat akibat yang timbul karena tidak adanya penarapan tanggung jawab di masyarakat

Memenuhi 2 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan

 

Rubrik Penilaian IPS RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Pengetahuan: Pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya

Mampu menuliskan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya

Memenuhi 2 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan

Keterampilan: Membuat tabel untuk membandingkan Pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya

Mampu membuat tabel untuk membandingkan Pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya

Memenuhi 2 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mencari tahu mengenai jenis pantun dalam sebuah prosesi adat pernikahan, siswa dapat menjelaskan isi pantun dan tulisan berdasarkan jenis pantunnya secara lisan.

PPKn

·      Dengan kegiatan membaca teks tentang mengenai perbedaan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat, siswa dapat mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat.

·      Dengan kegiatan diskusi mengenai hak dan kewajiban di lingkungan masyarakat, siswa dapat menyebutkan akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat.

IPS

·      Dengan membaca teks tentang interaksi manusia, siswa dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain dengan benar.

·      Dengan kegiatan menulis kesimpulan dari bacaan yang telah dibaca, siswa dapat membandingkan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

·      Dengan kegiatan mengamati gambar upaya pembangunan ekonomi di daerah pegunungan dan daerah pantai, siswa dapat membuat tabel perbandingan pola aktivitas ekonomi, sosial, dan budaya yang dipengaruhi oleh keadaan lingkungan antara masyarakat yang satu dengan yang lain.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mencari tahu tentang pantun dalam sebuah profesi adat istiadat.

·      Membaca bacaan interaksi manusia

·      Membaca bacaan mengenai perbedaan hak dan kewajiban

·      Berdiskusi mengenai hak dan kewajiban

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Rasa ingin tahu, Percaya diri, bekerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab

·     Pantun

·     Interaksi manusia

·     Hak dan kewajiban

·     Membaca

·     Menuangkan hasil pengamatan melalui bentuk tulisan.

·     Mengomunikasikan

·     Menulis pantun

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Latihan Menghitung Kecepatan, Jarak, dan Waktu.

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Melakukan seluruh prosedur.

Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.

75% langkah pengerjaan dilakukan.

50% langkah pengerjaan dilakukan.

Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.

Jawaban lengkap sesuai butir pertanyaan.

Seluruh butir pertanyaan diisi.

75% pertanyaan diisi.

50% pertanyaan diisi.

Sama sekali tidak diisi.

Isi jawaban sesuai pertanyaan.

Seluruh jawaban benar sesuai pertanyaan.

75% jawaban benar sesuai pertanyaan.

50% jawaban benar sesuai pertanyaan.

Jawaban sama sekali tidak sesuai dengan pertanyaan.

 

Rubrik Menulis Hak dan Kewajiban RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Siswa menjawab pertanyaan:

- Contoh kewajiban untuk menciptakan lingkungan sehat di lingkungan tempat tinggal.

- Contoh hak terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggal.

- Pengaruh lingkungan sehat dengan cara mencegah penyakit pada organ peredaran darah.

Mampu menjawab dan menuliskan ketiga jawaban pertanyaan dengan benar.

Mampu menjawab dan menuliskan 2 jawaban pertanyaan dengan benar.

Hanya mampu menjawab dan menuliskan 1 jawaban pertanyaan dengan benar.

Tidak mampu menjawab semua pertanyaan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan

Keterampilan Penulisan: Informasi ditulis dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Sebagian besar hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang

Hanya sebagian kecil hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mencermati pantun, siswa dapat menjelaskan isi dan amanat yang terkandung dalam pantun secara lisan maupun tulisan.

·      Dengan kegiatan bereksplorasi membuat pantun, siswa dapat membaca pantun buatannya dengan lafal dan intonasi yang benar serta penuh percaya diri.

IPA

·      Dengan kegiatan membuat diagram alur, siswa dapat menjelaskan berbagai macam gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran manusia dan dapat mempresentasikan berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana.

SBdP

·      Dengan kegiatan mengamati gambar cerita, siswa dapat mengidentifikasi gambar cerita dengan tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati gambar cerita, siswa dapat menentukan tema atau cerita untuk membuat gambar cerita dan menyiapkan alat dan bahan untuk membuat gambar cerita.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengamati gambar cerita

·      Membuat diagram alur berbagai macam gangguan peredaran darah pada manusia.

·      Mengamati tulisan pantun

·      Membaca pantun RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab.

·     tanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat.

·     amanat dan isi pantun

·     gambar cerita

·     Menjelaskan

·     Menggambar

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Rubrik Membuat dan Membaca Pantun

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Cara membacakan pantun.

• Lafal jelas.

• Intonasi tepat. • Ekspresi sesuai.

Memenuhi 2 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 3 kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 3   :   Sehat Itu Penting / Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mencermati pantun, siswa dapat menjelaskan dan mempresentasikan amanat dan isi pantun yang disajikan secara tepat.

PPKn

·      Dengan kegiatan mengamati gambar masyarakat yang tidak menjaga lingkungan, siswa dapat mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya banjir.

·      Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat menuliskan akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat.

SBdP

·      Dengan kegiatan menggambar cerita dengan tema, siswa dapat menentukan tema gambar, menyiapkan alat untuk menggambar, membuat sketsa gambar, dan menyempurnakan gambar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengamati gambar masyarakat yang tidak melaksanakan tanggung jawabnya terhadap lingkungan.

·      Berdiskusi akibat tidak melaksanakan tanggung jawabnya terhadap lingkungan

·      Mengamati pantun RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

·      Menggambar cerita dengan tema.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab.

·     tanggung jawab terhadap lingkungan masyarakat.

·     amanat dan isi pantun

·     gambar cerita

·     Menjelaskan

·     Menggambar

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

Rubrik Membuat Gambar Cerita

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Melakukan seluruh prosedur (langkahlangkah membuat gambar cerita).

Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.

- Menentukan ide, gagasan/tema.

- Menentukan karakter tokoh.

- Membuat alur cerita.

- Menggambar sesuai alur cerita.

75% langkah pengerjaan dilakukan.

50% langkah pengerjaan dilakukan.

Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.

Hasil pembuatan gambar cerita.

Memenuhi 4 kriteria berikut.

- Gambar sesuai dengan tema.

- Ada 4 adegan  gambar.

- Gambar rapi dan menarik.

- Gambar diwarnai dengan bagus dan rapi.

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

 

PENGAYAAN

1.   Apa saja faktor yang mendorong terjadinya interaksi antar warga masyarakat?

a.   Perbedaan kandungan sumber daya alam pada setiap daerah.

b.   Perbedaan kondidi demografis.

c.   Kurang lancarnya mobilitas barang dan jasa.

d.   Konsentrasi kegiatan ekonomi daerah/wilayah.

e.   Alokasi dana pembangunan antardaerah/wilayah.

2.   Apa yang dimaksud dengan kewajiban sebagai warga masyarkat? Jelaskan!

Kewajiban sebagai warga masyarakat adalah sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai warga masyarakat dengan penuh tanggung jawab.

3.   Setiap orang memiliki hak sebagai seorang warga masyarakat. Apa saja hak tersebut? Sebutkan!

a.   Mendapatkan perlindungan hukum.

b.   Memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c.   Menikmati lingkungan yang bersih.

d.   Hidup dengan aman, tenang, dan damai.

e.   Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f.    Bebas berpendapat dan berorganisasi.

4.   Apa saja langkah-langkah membuat gambar cerita? Sebutkan!

a.   Menentukan cerita yang akan digambar.

b.   Mempelajari cerita yang akan digambar.

c.   Mempelajari alur cerita.

d.   Menggambar cerita sesuai alur yang dibuat.

 

REMIDI RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3

1.   Sebutkan jenis-jenis pantun berdasarkan siklus kehidupan (usia) dan isi pantun!

Jenis-jenis pantun berdasarkan siklus kehidupan (usia) sebagai berikut.

a.   Pantun kanak-kanak

b.   Pantun muda

c.   Pantun tua

Jenis-jenis pantun berdasarkan isi pantun.

a.   Pantun nasihat

b.   Pantun jenaka

c.   Pantun teka-teki

d.   Pantun kiasan

2.   Buatlah sebuah pantun dengan tema tanggung jawab. Kemudian, identifisikasilah ciri-ciri dan jenis pantun tersebut.

Alternatif pantun.

baris 1 Pohon-pohon tumbuh berjajar sampiran isi

sajak akhir i (a), 9 suku kata

baris 2Suasana sejuk udara pun sehat sajak akhir a (b), 12 suku kata

baris 3Tanggung jawab seorang pelajar sajak akhir i (a), 10 suku kata

baris 4Belajar rajin, tekun, dan giat sajak akhir a (b), 10 suku kata

Berdasarkan siklus kehidupan (usia), pantun tersebut berjenis pantun tuaa.

Berdasarkan isinya, pantun tersebut berjenis pantun nasihat.

3.   Apa saja yang dapat dilakukan untuk memelihara organ peredaran darah pada manusia? Sebutkan!

Cara memelihara organ peredaran darah pada manusia sebagai berikut.

a.   Menjaga pola makan.

b.   Makan makanan sehat.

c.   Berolahraga secara teratur.

d.   Mengurangi makanan berlemak.

e.   Menghindari rokok dan minum minuman beralkohol.

f.    Mengkonsumsi makanan berserat.

4.   Sebutkan tiga contoh penyakit yang mengganggu organ peredaran darah dan cara pencegahannya!

Berikut tiga contoh penyakit yang mengganggu organ peredaran darah dan cara pencegahannya.

a.   Anemia

Anemia adalah kondisi di mana tubuh kekurangan hemoglobin dan sel darah merah.

Cara pencegahannya sebagai berikut.

1)   Makan makanan yang mengandung zat besi, misalnya sayuran hijau.

2)   Makan makanan yang membantu penyerapan zat besi, misalnya tomat dan pepaya. Mengurangi minum minuman yang memperlambat penyerapanzat besi, misalnya teh dan kopi.

b.   Hipertensi

Hipertensi adalah keadaan tekanan darah yang melebihi normal.

Cara pencegahannya sebagai berikut.

1)   Mengurangi konsumsi garam.

2)   Mengurangi makanan berlemak.

3)   Tidak minum minuman beralkohol.

c.   Pengerasan Pembuluh Nadi

Penyakit ini berupa mengerasnya atau menebalnya dinding pembuluh nadi.

Cara pencegahannya sebagai berikut.

1)   Mengurangi makanan berlemak tinggi.

2)   Mengurangi berat badan yang berlebih.

3)   Mengatur pola makan RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3. 

Post a Comment for "RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 3 Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia!"