RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah
RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan kegiatan membaca pantun, siswa dapat menjelaskan makna
dan amanat pantun dengan benar.
· Dengan kegiatan berkreasi membuat pantun, siswa dapat
menjelaskan amanat pantun buatannya dengan benar.
IPA
· Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai
macam gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia secara
rinci.
· Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mempresentasikan
berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan
model sederhana.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Menunjukkan ciri-ciri pantun yang di buat
· Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran manusia
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Rasa ingin tahu tinggi, Percaya diri dan Bekerja sama |
· Kata kunci pada iklan media cetak · Organ pencernaan pada hewan dan fungsinya |
· Mempresentasikan. · Membuat pantun |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Isi dan Pengetahuan: Hasil yang
dibuat oleh siswa |
Sesuai dengan ciri-ciri pantun,
yaitu: • Pantun bersajak a-ba- b. • Satu bait terdiri atas empat
baris. • Tiap baris terdiri atas 8 sampai
12 suku kata. • Terdapat sampiran pada dua baris
pertama dan isi pada dua baris berikutnya |
Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Penggunaan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam
penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan. |
Rubrik Mempresentasikan Berbagai Gangguan Organ Peredaran
Darah
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Mengetahui berbagai penyakit yang mempengaruhi
organ peredaran manusia. Mengetahui cara memelihara kesehatan organ peredaran
darah manusia. |
Menjelaskan berbagai penyakit yang mempengaruhi
organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran
darah manusia dengan benar. |
Menjelaskan sebagian besar berbagai penyakit
yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan
organ peredaran darah manusia dengan benar. |
Menjelaskan sebagian kecil berbagai penyakit
yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan
organ peredaran darah manusia dengan benar. |
Belum dapat menjelaskan berbagai penyakit
yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan
organ peredaran darah manusia. |
Menggunakan bagan atau diagram alur
untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran
darah. |
Menyajikan bagan atau diagram alur
untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah
dengan sistematis bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
Menyajikan bagan atau diagram alur
untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran
darah dengan cukup sistematis. |
Menyajikan laporan bagan atau diagram
alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran
darah dengan kurang sistematis. |
Belum dapat bagan atau diagram alur
untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran
darah dengan sistematis. |
RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan membaca pantun, siswa mampu menjelaskan amanat pantun
dengan tepat.
· Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat membuat pantun dan
menunjukkan ciri-cirinya dengan benar.
IPA
· Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan organ
peredaran darah pada manusia secara rinci.
· Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi
berbagai properti tari sesuai gambar.
SBdP
· Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan
berbagai karya tari daerah yang menggunakan properti tari dengan tepat.
· Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat memperagakan
tari daerah dengan menggunakan properti dengan tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Diskusi mengenai ciri-ciri pantun
· Membaca tentang peredaran darah manusia.
· Mengamati berbagai gambar karya tari.
· Menjelaskan arti pola lantai dan properti dalam karya tari.
· Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab |
· organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia. · Pantun · Pola lantai dalam karya tari dan karya tari dengan properti |
· Menjelaskan · Membaca · Mendefiniskan |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Rubrik Menuliskan Ciri-Ciri Pantun.
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat
oleh siswa. |
Menuliskan 4 ciri-ciri pantun,
yaitu: • Pantun bersajak a-ba- b. • Satu bait terdiri atas empat baris. • Tiap baris terdiri atas 8 sampai
12 suku kata. • Terdapat sampiran pada dua baris pertama
dan isi pada dua baris berikutnya. |
Menuliskan dengan benar 3 dari 4
ciriciri pantun. |
Menuliskan dengan benar 2 dari 4
ciriciri pantun. |
Menuliskan dengan benar 1 dari 4
ciri-ciri pantun. |
Penggunaan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam
penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan. |
Rubrik Memperagakan Tari Daerah dengan Menggunakan
Poperti
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Gerakan yang dilakukan: - Salam pembuka, - Jurus pertama, - Jurus kedua |
Melakukan tiga gerakan |
Hanya melakukan dua gerakan |
Hanya melakukan satu gerakan |
Tidak melakukan gerakan |
Ketepatan gerakan |
Seluruh gerakan dilakukan dengan tepat
dan urut |
75% dilakukan dengan tepat dan urut |
50% gerakan dilakukan dengan tepat |
Tidak melakukan gerakan dengan tepat |
RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun, siswa dapat
menjelaskan amanat pantun dengan benar.
· Dengan kegiatan mengidentifikasi siswa dapat menunjukkan
ciri-ciri pantun secara tepat.
· Dengan kegiatan berkreasi membuat pantun, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pantun dan mempresentasikannya di depan kelas.
PPKn
· Dengan kegiatan mengungkapkan pendapat mengenai peran serta
dalam pemilihan RW, siswa dapat menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat
dengan benar.
· Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mengamati
pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga
masyarakat secara rinci.
IPS
· Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi
interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat.
· Dengan kegiatan mengamati masyarakat sekitar, siswa dapat mengidentifikasi
aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial
budaya secara tepat.
· Dengan kegiatan mengamati masyarakat sekitar, siswa dapat
membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang aktivitas
masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara
teperinci.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Diskusi mengenai ciri-ciri pantun
· Membaca tentang peredaran darah manusia.
· Mengamati berbagai gambar karya tari RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 .
· Menjelaskan arti pola lantai dan properti dalam karya tari.
· Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Cermat, Teliti, dan Mandiri |
· Unsur-unsur iklan media cetak · Keanekaragaman sosial budaya dalam masyarakat · Interaksi manusia dengan lingkungannya |
· Mempresentasikan hasil pengamatan tentang unsur-unsur iklan
media cetak · Membuat laporan pengamatan tentang keanekaragaman masyarakat
dan interaksi manusia |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
Rubrik Mengamati Aktivitas Masyarakat Sekitar
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Isi dan Pengetahuan: Isi laporan Pengamatan |
Keseluruhan laporan dibuat dengan
baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi
pembaca, serta disajikan dengan menarik. |
Keseluruhan laporan dibuat dengan
baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca. |
50 % isi laporan dibuat dengan baik dan
dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca. |
Hanya sebagian kecil isi laporan dibuat
dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi
pembaca. |
Menulis laporan Pengamatan |
• Pemakaian huruf benar. • Pemakaian tanda baca tepat. • Penggunaan kosakata baku benar. • Laporan sesuai dengan hasil
pengamatan. |
Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Melakukan presentasi setelah selesai
menulis laporan. |
Siswa melakukan diskusi saat
presentasi. • Menyampaikan informasi dengan
jelas. • Memberi tanggapan dengan tepat. • Percaya diri. • Suara terdengar jelas. |
Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria
yang ditetapkan |
Rubrik Mencari Tahu Cara Pengambilan Keputusan Bersama
dalam Masyarakat
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Isi dan Pengetahuan: Siswa
menuliskan 4 jawaban dari setiap pertanyaan dalam buku siswa dengan benar. |
Menuliskan 4 jawaban dari 4 soal
dalam buku siswa dengan benar. |
Menuliskan 3 jawaban dari 4 soal
dalam buku siswa dengan benar. |
Menuliskan 2 jawaban dari 4 soal
dalam buku siswa dengan benar. |
Menuliskan 1 jawaban dari 4 soal
dalam buku siswa dengan benar. |
Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar:
Bahasa Indonesia yang baik dan benar . |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan. |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan. |
Keterampilan Penulisan: dibuat
dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan
yang baik. |
Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan
yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat
baik, di atas rata-rata kelas. |
Keseluruhan hasil penulisan penulisan
hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan
yang baik. |
Sebagian besar hasil penulisan penulisan
hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan
yang terus berkembang. |
Hanya sebagian kecil hasil penulisan
penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan
penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun, siswa dapat
menjelaskan ciriciri pantun, bagian-bagian pantun, dan amanat pantun di buku
siswa dengan tepat.
· Dengan kegiatan bereksplorasi membuat dan bertukar pantun,
siswa dapat menjelaskan amanat pantun yang telah dibuat dengan tepat.
PPKn
· Dengan kegiatan mencari tahu dari orang tuanya, siswa dapat
menggambarkan pelaksanaan pengambilan keutusan dalam pemilihan ketua RW sebagai
wujud tanggug jawab sebagai warga masyarakat.
· Dengan kegiatan mengidentifikasi tanggung jawab kepada sekolah,
siswa dapat menjelaskan tanggung jawabnya sebagai warga sekolah dan menjelaskan
makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara berkesinambungan.
IPS
· Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi
aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial budaya dengan benar.
· Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat
membuat laporan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial
budaya Indonesia secara teperinci.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Mengetahui aktivitas masyarakan di tempat tinggalnya terkait
pembangunan sosial budaya.
· Berdiskusi
· Menuliskan hasil diskusi
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Rasa ingin tahu, Percaya diri, bekerja sama, toleransi, dan
bertanggung jawab |
· Pantun · Makna tanggung jawab · Aktivitas masyarakat di daerah tempat tinggal |
· Membaca · Menuangkan hasil pengamatan melalui bentuk tulisan. · Mengomunikasikan · Menulis pantun |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Rubrik Mencari Tahu (PPKn)
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Informasi yang termuat dalam tulisan. - Nama ketua RW. - Tata cara pemilihan ketua RW. - Pelaksanaan pemilihan ketua RW. |
Memuat tiga informasi yang dibutuhkan dan dijelaskan dengan rinci dan runtut. |
Memuat tiga informasi yang dibutuhkan dan dijelaskan kurang rinci dan runtut. |
Hanya memuat 2 dari 3 informasi yang dibutuhkan dan dijelaskan dengan rinci dan runtut. |
Hanya memuat 1 dari 3 informasi yang dibutuhkan dan tidak dijelaskan dengan rinci dan runtut. |
Penggunaan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan |
Keterampilan Penulisan: Informasi
ditulis dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik |
Keseluruhan hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di
atas rata-rata kelas |
Keseluruhan hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik |
Sebagian besar hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang |
Hanya sebagian kecil hasil penulisan
yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan |
Rubrik Mengidentifikasikan (Pantun)
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Informasi yang termuat: - Ciri-ciri pantun - Bagian-bagian pantun - Amanat pantun |
Identifikasi meliputi tiga aspek
secara lengkap. |
Identikasi meliputi tiga aspek namun
kurang lengkap. |
Hanya mengidentifikasi 2 aspek. |
Hanya mengidentifikas |
Hasil identifikasi |
Seluruh hasil identifikasi dijawab dengan
benar. |
75% hasil identifikasi dijawab dengan
benar. |
50% hasil identifikasi dijawab dengan
benar. |
Hanya 25% hasil identifikasi dijawab
dengan benar. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan kegiatan mencari tahu isi pantun, siswa dapat
mengetahui amanat pantun.
IPA
· Dengan kegiatan mencari tahu tentang gangguan peredaran darah,
siswa dapat mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia dengan
tepat.
· Dengan kegiatan mencari tahu tentang gangguan organ peredaran
darah, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan organ peredaran darah
manusia menggunakan model sederhana dengan penuh percaya diri.
SBdP
· Dengan kegiatan mencari tahu tentang properti tari, siswa
dapat mengidentifikasi berbagai properti tari secara tepat.
· Dengan kegiatan mengamati gambar gerak tari, siswa dapat
menyebutkan properti tari yang digunakan dan karya tari daerah yang menggunakan
properti tari dengan benar.
· Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat
memperagakan tari menggunakan properti tari dengan benar.
· Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat
menggabungkan gerak tari menggunakan properti dengan iringan tari.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Membaca bacaan penyebab gangguan peredaran darah pada manusia
(faktorfaktor yang mempengaruhi kesehatan)
· Menuliskan penyebab gangguan peredaran darah pada manusia.
· Memperagakan gerak dengan pola lantai dan properti tari.
· Menyebutkan ciri-ciri, isi, dan amanat pantun RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 .
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawa |
· Penyebab gangguan peredaran darah pada manusia
(faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan). · Pola lantai dan properti tari. · Ciri-ciri, isi, dan amanat pantun. |
· Membaca · Memperagakan gerak tari · Berkomunikasi |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Rubrik Mencari Tahu (Nama Dan Penyebab Gangguan pada
Peredaran Darah)
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Informasi yang termuat dalam tulisan. |
Memuat 4 nama dan penyebab gangguan pada
peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat. |
Memuat 3 nama dan penyebab gangguan pada
peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat. |
Memuat 3 nama dan penyebab gangguan pada
peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat. |
Hanya memuat 1 nama dan penyebab gangguan
pada peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat. |
Penggunaan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan |
Bahasa Indonesia yang baik dan benar
digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan |
Keterampilan Penulisan: Informasi
ditulis dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan
penulisan yang baik |
Keseluruhan hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di
atas rata-rata kelas |
Keseluruhan hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik |
Sebagian besar hasil penulisan yang
sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang |
Hanya sebagian kecil hasil penulisan
yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu
terus ditingkatkan |
Rubrik Memperagakan Gerak Tari dengan Pola Lantai dan
Properti
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Pengetahuan - mengetahui Pola lantai - mengetahui properti Tari - mengetahui Gerak-gerak dengan pola
lantai dan properti |
Memenuhi ketiga kriteria yang ditetapkan |
Memenuhi dua dari tiga kriteria yang
ditetapkan |
Memenuhi satu dari dua kriteria yang
ditetapkan |
Tidak memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan |
Ketepatan gerakan dengan pola
lantai, properti, iringan (hitungan) - gerak tari dengan pola lantai
secara berpasangan atau kelompok. - Ketepatan saat menggunakan properti - iringan lagu (hitungan) |
Seluruh gerakan dilakukan dengan tepat
dan sesuai iringan lagu |
75% dilakukan dengan tepat |
50% gerakan dilakukan dengan tepat |
Semua gerakan dilakukan dengan tidak
tepat |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI .........................................
Kelas / Semester : V (Lima) / 1
Tema 4 / Sub Tema 2 : Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran
Darah
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
· Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat
membuat pantun.
· Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat
menjelaskan amanat pantun.
· Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri pantun.
· Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat
menuliskan ciri-ciri pantun dan isi pantun yang dibuat.
PPKn
· Dengan kegiatan menulis tentang tanggung jawab, siswa dapat
menjelaskan pengertian tanggung jawab.
· Dengan kegiatan menulis, siswa dapat mengemukakan wujud
tanggung jawabnya terhadap tugas secara tertulis.
SBdP
· Dengan kegiatan mengamati gambar gerakan-gerakan tari, siswa
dapat mengidentifikasi properti tari yang digunakan dengan tepat.
· Dengan kegiatan mengamati gambar gerakan-gerakan tari, siswa
dapat menyebutkan berbagai karya tari yang menggunakan properti tari dengan benar.
· Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat
memperagakan gerakan tari menggunakan properti tari dengan percaya diri.
· Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat
menggabungkan gerak tari dengan iringan tari.
· Dengan kegiatan bereksplorasi menggunakan properti tari, siswa
dapat membuat gerakan tari dengan properti.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
· Memperagakan gerak dengan pola lantai dan properti tari.
· Menyebutkan ciri-ciri, isi, dan amanat pantun.
· Menjelaskan makna tanggung jawab
III. PENILAIAN
PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab. |
· berbagai jenis dan makna pantun · Makna tanggung jawab · Pola lantai dan properti tari |
· Membuat dan memperagakan gerak tari · Berbalas pantun |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
......, ........................ 20 ..... Guru Kelas 5 ( ___________________ ) NIP .................................. |
PENILAIAN PEMBELAJARAN
Rubrik Praktik (SPdP)
Aspek |
Baik Sekali (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Bimbingan (1) |
Keindahan gerakan. |
Mampu melakukan seluruh gerakan dengan
indah, serasi, dan kontinue. |
Properti digunakan diseluruh gerakan
secara tepat. |
Mampu melakukan 50% gerakan dengan
indah, serasi, dan kontinue. |
Gerakan dilakukan tanpa memperhatikan
aspek keindahan, keserasian, dan kontinuitas. |
Ketepatan gerakan dengan ketukan. |
Seluruh gerakan dilakukan sesuai dengan
hitungan/ ketukan. |
75% gerakan dilakukan sesuai dengan hitungan/
ketukan. |
50% gerakan dilakukan sesuai dengan hitungan/
ketukan. |
Semua gerakan tidak memperhitungkan ketapatan
ketukan/hitungan. |
Keterampilan menggunakan properti |
Properti digunakan diseluruh gerakan
secara tepat. |
75% gerakan dengan properti dilakukan
secara tepat. |
50% gerakan dengan properti dilakukan
secara tepat. |
Mengabaikan keberadaan properti. |
Bahasa Indonesia
Langkah-langkah menulis dan menentukan pesan atau amanat
pantun Pantun adalah salah satu karya sastra asli Indonesia berbentuk puisi lama.
Istilah pantun di beberapa daerah berbeda. Contohnya endeende di Batak, parikan
di Jawa, sisindiran di Sunda, bolingoni di Tanah Toraja, dan sebagainya.
Keindahan pantun terdapat pada persamaan bunyi dan jumlah suku kata. Berikut
langkah-langkah penulisan pantun.
1. Menentukan
isi pantun sebanyak dua baris dengan setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.
2. Meletakkan
isi pantun pada baris ketiga dan keempat.
3. Melihat
persajakan atau rima pada baris ketiga dan keempat.
4. Membuat
sampiran (baris pertama dan kedua) yang memiliki kesesuaian persajakan dengan
baris isi, sebagaimana rumus persajakan pantun, yaitu a - b - a - b.
5. Memperhatikan
keterkaitan antara baris pertama dengan baris kedua.
Pantun berfungsi untuk mengungkapkan maksud atau pikiran
secara tidak langsung. Oleh karena itu, pantun biasanya mengandung pesan. Pesan
atau amanat pantun dapat dipahami dari maksud pantun. Maksud pantun biasanya berupa
nasihat atau ajaran. Cara menentukan pesan atau amanat pantun sebagai berikut.
1. Membaca
isi pantun, yaitu pada baris ketiga dan keempat.
2. Memahami
isi pantun tersebut.
3. Menentukan
pesan sesuai isi pantun dengan bahasa sendiri.
PENGAYAAN SUBTEMA 2 RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2
SBDP (Seni Tari)
Pola lantai dalam karya tari dapat berarti sebagai
berikut.
1. Garis
di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari, baik dalam tari
tunggal, berpasangan, maupun kelompok.
2. Formasi
yang dibentuk oleh beberapa penari dalam tari kelompok.
Selain pola lantai, dalam berkarya tari akan lebih
menarik dengan menggunakan properti tari. Properti tari merupakan alat yang
dipakai oleh penari untuk melakukan gerak tari. Pemilihan properti lebih baik
disesuaikan dengan karya tari yang dibuat. Sebagai contoh, tari dengan bertema perjuang
mungkin dapat dipilih properti berupa tongkat, tombak, gada, gendewa dan panah,
serta pedang-pedangan. Tari bertema kegembiraan, mungkin dapat dipilih kipas,
selendang, dan sapu tangan. Penggunaan properti tari ditujukan untuk memberikan
keindahan sekaligus sebagai media untuk menyampaikan makna suatu tarian.
Properti tari beragam jenisnya, misalnya selendang, kipas, payung, topeng,
lilin, piring, tombak, mandau, atau senjata tradisional lainnya. Masing-masing
tari tradisional Indonesia memiliki propertinya sendiri. Berikut merupakan tari
daerah yang menggunakan properti.
No. |
Nama Karya Tari |
Daerah Asal |
Properti yang Digunakan |
1 |
Tari Piring |
Sumatra Barat |
Piring |
2 |
Tari Lilin |
Sumatra Barat |
Piring dan Lilin |
3 |
Tari Jaipong |
Jawa Barat |
Selendang |
4 |
Tari Topeng |
Cirebon |
Topeng |
5 |
Tari Bondan |
Jawa Tengah |
Payung, Boneka, Kendil |
6 |
Tari Remong |
Jawa Timur |
Selendang |
7 |
Tari Pendet |
Bali |
Bokor berisi bunga |
8 |
Tari Legong RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 |
Bali |
Kipas |
REMIDIAL SUBTEMA 2
1. Menyeberang
sungai naik rakit.
Bersama-sama tanpa batas dan sekat.
Agar terhindar dari penyakit.
Ayo lakukan pola hidup sehat.
Buatlah sampiran untuk melengkapi pantun di atas.
Kemudian, jelaskan
amanat pantun tersebut.
Jawaban:
Amanat pantun di atas adalah kita harus menjaga
kesehatan tubuh untuk
menghindari penyakit. Salah satu cara menghindari
penyakit dengan
melakukan pola hidup sehat, misalnya menjaga pola makan,
makan
makanan sehat, dan olahraga teratur.
2. Lengkapi
tabel berikut sesuai ciri-ciri pantun dan syair.
No. |
Ciri-ciri |
Pantun |
Syair |
1 |
Jumlah baris dalam tiap bait. |
|
|
2 |
Jumlah suku kata dalam tiap baris. |
|
|
3 |
Sajak. |
|
|
4 |
Letak isi. |
|
|
Jawaban:
No. |
Ciri-ciri |
Pantun |
Syair |
1 |
Jumlah baris dalam tiap bait. |
4 baris |
4 baris |
2 |
Jumlah suku kata dalam tiap baris. |
8-12 suku kata |
8-12 suku kata |
3 |
Sajak. |
a-b-a-b |
a-a-a-a |
4 |
Letak isi. |
Baris ketiga dan keempat |
Semua baris. |
3. Sebutkan
tiga contoh gangguan organ peredaran darah pada manusia dan penyebabnya!
Berikut tiga contoh gangguan organ peredaran darah pada
manusia dan penyebabnya.
a. Anemia
Gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin)
dalam darah. Rendahnya kadar Hb dapat disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang
mengandung zat besi. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering
merasa pusing.
b. Tekanan
Darah Rendah (Hipotensi)
Gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan
darah.
c. Tekanan
Darah Tinggi (Hipertensi) Gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang
diakibatkan penyempitan pembuluh darah.
4. Upaya
pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik
pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan, maka akan tercapai
kesejahteraan masyarakat. Sebutkan tiga contoh aktivitas masyarakat dalam upaya
pembangunan sosial budaya melalui pendidikan. Berikut tiga contoh aktivitas
masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya melalui pendidikan.
a. Mengikuti
wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.
b. Mengikuti
pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan
lainnya.
c. Turut
serta dalam organisasi masyarakat.
5. Bagaimana
tata cara pemilihan ketua RW?
Berikut tata cara pemilihan ketua RW.
a. Pembentukan
panitia pemilihan ketua RW.
Kepengurusan panitia ini harus disetujui oleh kepala
desa setempat.
b. Pendaftaran
calon ketua RW kepada panitia dan penetapan calon ketua RW.
Calon ketua RW harus mendaftarkan diri kepada panitia.
Setelah pendaftaran selesai, panitia akan menyeleksi calon ketua RW dan menetapkan
calon ketua RW yang akan maju dalam pemilihan.
c. Penyelenggaraan
pemilihan ketua RW.
Pemilihan ketua RW diselenggarakan oleh panitia.
Pemilihan tersebut harus berasaskan LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas,
Rahasia, Jujur, dan Adil). Ketua RW dipilih oleh warga masyarakat yang telah memenuhi
syarat (telah berumur 17 tahun atau sudah menikah).
d. Pelantikan
ketua RW baru.
Setelah pemilihan selesai dan memperoleh hasil, maka
ketua RW akan dilantik oleh kepala desa setempat.
6. Apa tugas panitia pemilihan ketua RW? Sebutkan RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 !
Berikut merupakan tugas panitia pemilihan ketua RW.
a. Menyeleksi
calon ketua RW.
b. Menetapkan
calon ketua RW yang memenuhi persyaratan.
c. Menentukan
daftar pemilih.
d. Menyusun
tata tertib pemilihan ketua RW.
e. Menyelenggarakan
pemilihan.
7. Apa
yang dimaksud dengan properti tari?
Properti tari adalah alat yang dibutuhkan dan digunakan
dalam suatu tarian untuk menambah nilai keindahan sekaligus sebagai media
penyampaian pesan tarian.
8. Sebutkan
benda-benda yang dapat digunakan sebagai properti tari!
Benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari
sebagai berikut.
a. Kipas
b. Topeng
c. Selendang
d. Payung
e. Kuda
lumping
f. Piring
g. Boneka
h. Keris
i. Sapu
tangan
j. Tombak
Post a Comment for "RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah"
Komentar