Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

 

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan membaca pantun, siswa dapat menjelaskan makna dan amanat pantun dengan benar.

·      Dengan kegiatan berkreasi membuat pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun buatannya dengan benar.

IPA RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

·      Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat menjelaskan berbagai macam gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia secara rinci.

·      Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan yang dapat mempengaruhi organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menunjukkan ciri-ciri pantun yang di buat

·      Mengindentifikasi jenis gangguan pada organ peredaran manusia

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Rasa ingin tahu tinggi, Percaya diri dan Bekerja sama

·     Kata kunci pada iklan media cetak

·     Organ pencernaan pada hewan dan fungsinya

·     Mempresentasikan.

·     Membuat pantun

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Berkreasi Membuat Pantun Jenaka

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 

Rubrik Mempresentasikan Berbagai Gangguan Organ Peredaran Darah

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Mengetahui berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia. Mengetahui cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.

Menjelaskan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar.

Menjelaskan sebagian besar berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar.

Menjelaskan sebagian kecil berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia dengan benar.

Belum dapat menjelaskan berbagai penyakit yang mempengaruhi organ peredaran manusia dan menjelaskan cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia.

Menggunakan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah.

Menyajikan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan sistematis bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Menyajikan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan cukup sistematis.

Menyajikan laporan bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan kurang sistematis.

Belum dapat bagan atau diagram alur untuk menjelaskan berbagai pernyakit yang mempengaruhi kerja organ peredaran darah dengan sistematis.

 


 
RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan membaca pantun, siswa mampu menjelaskan amanat pantun dengan tepat.

·      Dengan kegiatan berdiskusi, siswa dapat membuat pantun dan menunjukkan ciri-cirinya dengan benar.

IPA

·      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menjelaskan organ peredaran darah pada manusia secara rinci.

·      Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi berbagai properti tari sesuai gambar.

SBdP

·      Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan berbagai karya tari daerah yang menggunakan properti tari dengan tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati gambar, siswa dapat memperagakan tari daerah dengan menggunakan properti dengan tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Diskusi mengenai ciri-ciri pantun RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

·      Membaca tentang peredaran darah manusia.

·      Mengamati berbagai gambar karya tari.

·      Menjelaskan arti pola lantai dan properti dalam karya tari.

·      Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawab

·     organ peredaran darah dan fungsinya pada manusia.

·     Pantun

·     Pola lantai dalam karya tari dan karya tari dengan properti

·     Menjelaskan

·     Membaca

·     Mendefiniskan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Menuliskan Ciri-Ciri Pantun.

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa.

Menuliskan 4 ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya.

Menuliskan dengan benar 3 dari 4 ciriciri pantun.

Menuliskan dengan benar 2 dari 4 ciriciri pantun.

Menuliskan dengan benar 1 dari 4 ciri-ciri pantun.

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 

Rubrik Memperagakan Tari Daerah dengan Menggunakan Poperti RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Gerakan yang dilakukan:

- Salam pembuka,

- Jurus pertama,

- Jurus kedua

Melakukan tiga gerakan

Hanya melakukan dua gerakan

Hanya melakukan satu gerakan

Tidak melakukan gerakan

Ketepatan gerakan

Seluruh gerakan dilakukan dengan tepat dan urut

75% dilakukan dengan tepat dan urut

50% gerakan dilakukan dengan tepat

Tidak melakukan gerakan dengan tepat

 


 
RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun dengan benar.

·      Dengan kegiatan mengidentifikasi siswa dapat menunjukkan ciri-ciri pantun secara tepat.

·      Dengan kegiatan berkreasi membuat pantun, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pantun dan mempresentasikannya di depan kelas.

PPKn

·      Dengan kegiatan mengungkapkan pendapat mengenai peran serta dalam pemilihan RW, siswa dapat menyebutkan tanggung jawab sebagai masyarakat dengan benar.

·      Dengan kegiatan mencari tahu, siswa dapat mengamati pelaksanaan pengambilan keputusan sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara rinci.

IPS

·      Dengan kegiatan membaca, siswa dapat mengidentifikasi interaksi manusia dengan lingkungan secara tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati masyarakat sekitar, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas masyarakat di sekitarmu yang berkaitan dengan pembangunan sosial budaya secara tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati masyarakat sekitar, siswa dapat membuat laporan hasil observasi di lingkungan sekitar tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara teperinci.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Diskusi mengenai ciri-ciri pantun

·      Membaca tentang peredaran darah manusia.

·      Mengamati berbagai gambar karya tari RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 .

·      Menjelaskan arti pola lantai dan properti dalam karya tari.

·      Menyebutkan berbagai lagu bertangga nada mayor dan minor.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Cermat, Teliti, dan Mandiri

·     Unsur-unsur iklan media cetak

·     Keanekaragaman sosial budaya dalam masyarakat

·     Interaksi manusia dengan lingkungannya

·     Mempresentasikan hasil pengamatan tentang unsur-unsur iklan media cetak

·     Membuat laporan pengamatan tentang keanekaragaman masyarakat dan interaksi manusia

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Rubrik Mengamati Aktivitas Masyarakat Sekitar

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Isi laporan Pengamatan RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.

Keseluruhan laporan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

50 % isi laporan dibuat dengan baik dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

Hanya sebagian kecil isi laporan dibuat dengan baik, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

Menulis laporan Pengamatan

• Pemakaian huruf benar.

• Pemakaian tanda baca tepat.

• Penggunaan kosakata baku benar.

• Laporan sesuai dengan hasil pengamatan.

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Melakukan presentasi setelah selesai menulis laporan.

Siswa melakukan diskusi saat presentasi.

• Menyampaikan informasi dengan jelas.

• Memberi tanggapan dengan tepat.

• Percaya diri.

• Suara terdengar jelas.

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

 

Rubrik Mencari Tahu Cara Pengambilan Keputusan Bersama dalam Masyarakat

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Siswa menuliskan 4 jawaban dari setiap pertanyaan dalam buku siswa dengan benar.

Menuliskan 4 jawaban dari 4 soal dalam buku siswa dengan benar.

Menuliskan 3 jawaban dari 4 soal dalam buku siswa dengan benar.

Menuliskan 2 jawaban dari 4 soal dalam buku siswa dengan benar.

Menuliskan 1 jawaban dari 4 soal dalam buku siswa dengan

benar.

Penggunaan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar: Bahasa Indonesia yang baik dan benar .

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar  penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

Keterampilan Penulisan: dibuat dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.

Keseluruhan hasil penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas.

Keseluruhan hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik.

Sebagian besar hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang.

Hanya sebagian kecil hasil penulisan penulisan hasil pengamatan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mengidentifikasi pantun, siswa dapat menjelaskan ciriciri pantun, bagian-bagian pantun, dan amanat pantun di buku siswa dengan tepat.

·      Dengan kegiatan bereksplorasi membuat dan bertukar pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun yang telah dibuat dengan tepat.

PPKn

·      Dengan kegiatan mencari tahu dari orang tuanya, siswa dapat menggambarkan pelaksanaan pengambilan keutusan dalam pemilihan ketua RW sebagai wujud tanggug jawab sebagai warga masyarakat.

·      Dengan kegiatan mengidentifikasi tanggung jawab kepada sekolah, siswa dapat menjelaskan tanggung jawabnya sebagai warga sekolah dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara berkesinambungan.

IPS

·      Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia dalam upaya pembangunan sosial budaya dengan benar.

·      Dengan kegiatan mencari tahu aktivitas manusia, siswa dapat membuat laporan tentang aktivitas masyarakat sekitar dalam upaya pembangunan sosial budaya Indonesia secara teperinci.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengetahui aktivitas masyarakan di tempat tinggalnya terkait pembangunan sosial budaya.

·      Berdiskusi RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

·      Menuliskan hasil diskusi

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Rasa ingin tahu, Percaya diri, bekerja sama, toleransi, dan bertanggung jawab

·     Pantun

·     Makna tanggung jawab

·     Aktivitas masyarakat di daerah tempat tinggal

·     Membaca

·     Menuangkan hasil pengamatan melalui bentuk tulisan.

·     Mengomunikasikan

·     Menulis pantun

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Mencari Tahu (PPKn)

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Informasi yang

termuat dalam

tulisan.

- Nama ketua

RW.

- Tata cara

pemilihan

ketua RW.

- Pelaksanaan

pemilihan

ketua RW.

Memuat tiga

informasi yang

dibutuhkan dan

dijelaskan dengan

rinci dan runtut.

Memuat tiga

informasi yang

dibutuhkan

dan dijelaskan

kurang rinci

dan runtut.

Hanya

memuat

2 dari 3

informasi

yang

dibutuhkan

dan

dijelaskan

dengan rinci

dan runtut.

Hanya memuat

1 dari 3

informasi yang

dibutuhkan dan

tidak dijelaskan

dengan rinci

dan runtut.

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan

Keterampilan Penulisan: Informasi ditulis dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Sebagian besar hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang

Hanya sebagian kecil hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

 

Rubrik Mengidentifikasikan (Pantun)

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Informasi yang termuat:

- Ciri-ciri pantun

- Bagian-bagian pantun

- Amanat pantun

Identifikasi meliputi tiga aspek secara lengkap.

Identikasi meliputi tiga aspek namun kurang lengkap.

Hanya mengidentifikasi 2 aspek.

 

Hanya mengidentifikas

Hasil identifikasi

Seluruh hasil identifikasi dijawab dengan benar.

75% hasil identifikasi dijawab dengan benar.

50% hasil identifikasi dijawab dengan benar.

Hanya 25% hasil identifikasi dijawab dengan benar.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mencari tahu isi pantun, siswa dapat mengetahui amanat pantun.

IPA

·      Dengan kegiatan mencari tahu tentang gangguan peredaran darah, siswa dapat mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia dengan tepat.

·      Dengan kegiatan mencari tahu tentang gangguan organ peredaran darah, siswa dapat mempresentasikan berbagai gangguan organ peredaran darah manusia menggunakan model sederhana dengan penuh percaya diri.

SBdP

·      Dengan kegiatan mencari tahu tentang properti tari, siswa dapat mengidentifikasi berbagai properti tari secara tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati gambar gerak tari, siswa dapat menyebutkan properti tari yang digunakan dan karya tari daerah yang menggunakan properti tari dengan benar.

·      Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan tari menggunakan properti tari dengan benar.

·      Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat menggabungkan gerak tari menggunakan properti dengan iringan tari.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Membaca bacaan penyebab gangguan peredaran darah pada manusia (faktorfaktor yang mempengaruhi kesehatan)

·      Menuliskan penyebab gangguan peredaran darah pada manusia.

·      Memperagakan gerak dengan pola lantai dan properti tari.

·      Menyebutkan ciri-ciri, isi, dan amanat pantun RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 .

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, bekerja sama, dan bertanggung jawa

·     Penyebab gangguan peredaran darah pada manusia (faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan).

·     Pola lantai dan properti tari.

·     Ciri-ciri, isi, dan amanat pantun.

·     Membaca

·     Memperagakan gerak tari

·     Berkomunikasi

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Mencari Tahu (Nama Dan Penyebab Gangguan pada Peredaran Darah)

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Informasi yang termuat dalam tulisan.

Memuat 4 nama dan penyebab gangguan pada peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat.

Memuat 3 nama dan penyebab gangguan pada peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat.

Memuat 3 nama dan penyebab gangguan pada peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat.

Hanya memuat 1 nama dan penyebab gangguan pada peredaran darah manusia yang dijelaskan dengan rinci dan tepat.

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dalam penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan

Keterampilan Penulisan: Informasi ditulis dengan benar, sistematis dan jelas, yang menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang sangat baik, di atas rata-rata kelas

Keseluruhan hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang baik

Sebagian besar hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang terus berkembang

Hanya sebagian kecil hasil penulisan yang sistematis dan benar menunjukkan keterampilan penulisan yang masih perlu terus ditingkatkan

 

Rubrik Memperagakan Gerak Tari dengan Pola Lantai dan Properti

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Pengetahuan

- mengetahui Pola lantai

- mengetahui properti Tari

- mengetahui Gerak-gerak dengan pola lantai dan properti

Memenuhi ketiga kriteria yang ditetapkan

Memenuhi dua dari tiga kriteria yang ditetapkan

Memenuhi satu dari dua kriteria yang ditetapkan

Tidak memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan

Ketepatan gerakan dengan pola lantai, properti, iringan (hitungan)

- gerak tari dengan pola lantai secara berpasangan atau kelompok.

- Ketepatan saat menggunakan properti

- iringan lagu (hitungan)

Seluruh gerakan dilakukan dengan tepat dan sesuai iringan lagu

75% dilakukan dengan tepat

50% gerakan dilakukan dengan tepat

Semua gerakan dilakukan dengan tidak tepat

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 2   :   Sehat Itu Penting / Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat membuat pantun.

·      Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat menjelaskan amanat pantun.

·      Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pantun.

·      Dengan kegiatan mencari tahu bentuk pantun, siswa dapat menuliskan ciri-ciri pantun dan isi pantun yang dibuat.

PPKn

·      Dengan kegiatan menulis tentang tanggung jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian tanggung jawab.

·      Dengan kegiatan menulis, siswa dapat mengemukakan wujud tanggung jawabnya terhadap tugas secara tertulis.

SBdP

·      Dengan kegiatan mengamati gambar gerakan-gerakan tari, siswa dapat mengidentifikasi properti tari yang digunakan dengan tepat.

·      Dengan kegiatan mengamati gambar gerakan-gerakan tari, siswa dapat menyebutkan berbagai karya tari yang menggunakan properti tari dengan benar.

·      Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat memperagakan gerakan tari menggunakan properti tari dengan percaya diri.

·      Dengan kegiatan praktik melakukan gerak tari, siswa dapat menggabungkan gerak tari dengan iringan tari.

·      Dengan kegiatan bereksplorasi menggunakan properti tari, siswa dapat membuat gerakan tari dengan properti.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Memperagakan gerak dengan pola lantai dan properti tari.

·      Menyebutkan ciri-ciri, isi, dan amanat pantun.

·      Menjelaskan makna tanggung jawab RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab.

·     berbagai jenis dan makna pantun

·     Makna tanggung jawab

·     Pola lantai dan properti tari

·     Membuat dan memperagakan gerak tari

·     Berbalas pantun

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Rubrik Praktik (SPdP)

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Keindahan gerakan.

Mampu melakukan seluruh gerakan dengan indah, serasi, dan kontinue.

Properti digunakan diseluruh gerakan secara tepat.

Mampu melakukan 50% gerakan dengan indah, serasi, dan kontinue.

Gerakan dilakukan tanpa memperhatikan aspek keindahan, keserasian, dan kontinuitas.

Ketepatan gerakan dengan ketukan.

Seluruh gerakan dilakukan sesuai dengan hitungan/ ketukan.

75% gerakan dilakukan sesuai dengan hitungan/ ketukan.

50% gerakan dilakukan sesuai dengan hitungan/ ketukan.

Semua gerakan tidak memperhitungkan ketapatan ketukan/hitungan.

Keterampilan menggunakan properti

Properti digunakan diseluruh gerakan secara tepat.

75% gerakan dengan properti dilakukan secara tepat.

50% gerakan dengan properti dilakukan secara tepat.

Mengabaikan keberadaan properti.

 

Bahasa Indonesia

Langkah-langkah menulis dan menentukan pesan atau amanat pantun Pantun adalah salah satu karya sastra asli Indonesia berbentuk puisi lama. Istilah pantun di beberapa daerah berbeda. Contohnya endeende di Batak, parikan di Jawa, sisindiran di Sunda, bolingoni di Tanah Toraja, dan sebagainya. Keindahan pantun terdapat pada persamaan bunyi dan jumlah suku kata. Berikut langkah-langkah penulisan pantun.

1.   Menentukan isi pantun sebanyak dua baris dengan setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata.

2.   Meletakkan isi pantun pada baris ketiga dan keempat.

3.   Melihat persajakan atau rima pada baris ketiga dan keempat.

4.   Membuat sampiran (baris pertama dan kedua) yang memiliki kesesuaian persajakan dengan baris isi, sebagaimana rumus persajakan pantun, yaitu a - b - a - b.

5.   Memperhatikan keterkaitan antara baris pertama dengan baris kedua.

Pantun berfungsi untuk mengungkapkan maksud atau pikiran secara tidak langsung. Oleh karena itu, pantun biasanya mengandung pesan. Pesan atau amanat pantun dapat dipahami dari maksud pantun. Maksud pantun biasanya berupa nasihat atau ajaran. Cara menentukan pesan atau amanat pantun sebagai berikut.

1.   Membaca isi pantun, yaitu pada baris ketiga dan keempat.

2.   Memahami isi pantun tersebut.

3.   Menentukan pesan sesuai isi pantun dengan bahasa sendiri.

 

PENGAYAAN SUBTEMA 2 RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

SBDP (Seni Tari)

Pola lantai dalam karya tari dapat berarti sebagai berikut.

1.   Garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari, baik dalam tari tunggal, berpasangan, maupun kelompok.

2.   Formasi yang dibentuk oleh beberapa penari dalam tari kelompok.

Selain pola lantai, dalam berkarya tari akan lebih menarik dengan menggunakan properti tari. Properti tari merupakan alat yang dipakai oleh penari untuk melakukan gerak tari. Pemilihan properti lebih baik disesuaikan dengan karya tari yang dibuat. Sebagai contoh, tari dengan bertema perjuang mungkin dapat dipilih properti berupa tongkat, tombak, gada, gendewa dan panah, serta pedang-pedangan. Tari bertema kegembiraan, mungkin dapat dipilih kipas, selendang, dan sapu tangan. Penggunaan properti tari ditujukan untuk memberikan keindahan sekaligus sebagai media untuk menyampaikan makna suatu tarian. Properti tari beragam jenisnya, misalnya selendang, kipas, payung, topeng, lilin, piring, tombak, mandau, atau senjata tradisional lainnya. Masing-masing tari tradisional Indonesia memiliki propertinya sendiri. Berikut merupakan tari daerah yang menggunakan properti.

No.

Nama Karya Tari

Daerah Asal

Properti yang Digunakan

1

Tari Piring

Sumatra Barat

Piring

2

Tari Lilin

Sumatra Barat

Piring dan Lilin

3

Tari Jaipong

Jawa Barat

Selendang

4

Tari Topeng

Cirebon

Topeng

5

Tari Bondan

Jawa Tengah

Payung, Boneka, Kendil

6

Tari Remong

Jawa Timur

Selendang

7

Tari Pendet

Bali

Bokor berisi bunga

8

Tari Legong

RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Bali

Kipas

 

REMIDIAL SUBTEMA 2

1.   Menyeberang sungai naik rakit.

Bersama-sama tanpa batas dan sekat.

Agar terhindar dari penyakit.

Ayo lakukan pola hidup sehat.

Buatlah sampiran untuk melengkapi pantun di atas. Kemudian, jelaskan

amanat pantun tersebut.

Jawaban:

Amanat pantun di atas adalah kita harus menjaga kesehatan tubuh untuk

menghindari penyakit. Salah satu cara menghindari penyakit dengan

melakukan pola hidup sehat, misalnya menjaga pola makan, makan

makanan sehat, dan olahraga teratur.

2.   Lengkapi tabel berikut sesuai ciri-ciri pantun dan syair.

No.

Ciri-ciri

Pantun

Syair

1

Jumlah baris dalam tiap bait.

 

 

2

Jumlah suku kata dalam tiap baris.

 

 

3

Sajak.

 

 

4

Letak isi.

 

 

 

Jawaban:

No.

Ciri-ciri

Pantun

Syair

1

Jumlah baris dalam tiap bait.

4 baris

4 baris

2

Jumlah suku kata dalam tiap baris.

8-12 suku kata

8-12 suku kata

3

Sajak.

a-b-a-b

a-a-a-a

4

Letak isi.

Baris ketiga dan keempat

Semua baris.

 

3.   Sebutkan tiga contoh gangguan organ peredaran darah pada manusia dan penyebabnya!

Berikut tiga contoh gangguan organ peredaran darah pada manusia dan penyebabnya.

a.   Anemia RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Gangguan ini disebabkan rendahnya kadar Hb (hemoglobin) dalam darah. Rendahnya kadar Hb dapat disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang mengandung zat besi. Ciri-ciri penderitanya adalah mudah lelah dan sering merasa pusing.

b.   Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

Gangguan ini disebabkan terjadinya penurunan tekanan darah.

c.   Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Gangguan ini disebabkan naiknya tekanan darah yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah.

4.   Upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melalui pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Melalui pendidikan, maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat. Sebutkan tiga contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya melalui pendidikan. Berikut tiga contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya melalui pendidikan.

a.   Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

b.   Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, dan membuat karya kerajinan lainnya.

c.   Turut serta dalam organisasi masyarakat.

5.   Bagaimana tata cara pemilihan ketua RW?

Berikut tata cara pemilihan ketua RW.

a.   Pembentukan panitia pemilihan ketua RW.

Kepengurusan panitia ini harus disetujui oleh kepala desa setempat.

b.   Pendaftaran calon ketua RW kepada panitia dan penetapan calon ketua RW.

Calon ketua RW harus mendaftarkan diri kepada panitia. Setelah pendaftaran selesai, panitia akan menyeleksi calon ketua RW dan menetapkan calon ketua RW yang akan maju dalam pemilihan.

c.   Penyelenggaraan pemilihan ketua RW.

Pemilihan ketua RW diselenggarakan oleh panitia. Pemilihan tersebut harus berasaskan LUBER JURDIL (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil). Ketua RW dipilih oleh warga masyarakat yang telah memenuhi syarat (telah berumur 17 tahun atau sudah menikah).

d.   Pelantikan ketua RW baru.

Setelah pemilihan selesai dan memperoleh hasil, maka ketua RW akan dilantik oleh kepala desa setempat.

6.   Apa tugas panitia pemilihan ketua RW? Sebutkan RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 !

Berikut merupakan tugas panitia pemilihan ketua RW.

a.   Menyeleksi calon ketua RW.

b.   Menetapkan calon ketua RW yang memenuhi persyaratan.

c.   Menentukan daftar pemilih.

d.   Menyusun tata tertib pemilihan ketua RW.

e.   Menyelenggarakan pemilihan.

7.   Apa yang dimaksud dengan properti tari?

Properti tari adalah alat yang dibutuhkan dan digunakan dalam suatu tarian untuk menambah nilai keindahan sekaligus sebagai media penyampaian pesan tarian.

8.   Sebutkan benda-benda yang dapat digunakan sebagai properti tari!

Benda yang dapat digunakan untuk melakukan gerak tari sebagai berikut.

a.   Kipas

b.   Topeng

c.   Selendang

d.   Payung

e.   Kuda lumping

f.    Piring

g.   Boneka

h.   Keris

i.    Sapu tangan

j.    Tombak RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 

Post a Comment for "RPP Kelas 5 Tema 4 Sub Tema 2 Gangguan Kesehatan pada Organ Peredaran Darah"