Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 5 Sub Tema 4 Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi Revisi Terbaru 2022!

 

RPP Kelas 5 Sub Tema 4

RPP Kelas 5 Sub Tema 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   1

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi tentang pantun dengan pertanyaan

·     Guru meminta siswa untuk membaca pantun di depan kelas dengan suara lantang dan percaya diri.

10 menit

Inti

·     Pada kegiatan Berdiskusi dan Menulis Pantun: siswa diminta untuk berdiskusi dan membuat pantun sesuai dengan tema yang telah di tentukan.

·     Kemudian, siswa menuliskan pantun pada potongan kertas dan menempelkannya pada kertas manila. Siswa juga diminta untuk menghias kertas manila menjadi lebih menarik.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Penilaian RPP Kelas 5 Sub Tema 4

Rubrik Berdiskusi dan Menulis Pantun

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan: Hasil yang dibuat oleh siswa

Sesuai dengan ciri-ciri pantun, yaitu:

• Pantun bersajak a-ba- b.

• Satu bait terdiri atas empat baris.

• Tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata.

• Terdapat sampiran pada dua baris pertama dan isi pada dua baris berikutnya

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat menuliskan pantun

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

 


 
RPP Kelas 5 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi pencak silat dengan pertanyaan

10 menit

Inti

·     Guru meminta siswa untuk membaca cerita berjudul “Dede Belajar Silat dengan senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.

·     Kemudian, guru meminta siswa untuk merangkum cerita menjadi beberapa adegan.

·     Siswa lalu diminta untuk membuat gambar cerita dari adegan yang dibuat.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) RPP Kelas 5 Sub Tema 4

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN RPP Kelas 5 Sub Tema 4

Penilaian

Rubrik membuat gambar cerita

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Melakukan seluruh prosedur (langkahlangkah membuat gambar cerita).

Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.

- Membaca cerita yang akan dibuat gambar cerita.

- Merangkum cerita menjadi beberapa adegan.

- Menentukan adegan yang akan dibuat gambar cerita.

- Menggambar sesuai adegan cerita yang dipilih.

75% langkah pengerjaan dilakukan.

50% langkah pengerjaan dilakukan.

Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.

Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.

Memenuhi 4 kriteria berikut.

- Gambar sesuai dengan adegan yang dipilih dari cerita.

- Minimal ada 4 adegan gambar.

- Gambar rapi dan menarik.

- Gambar diwarnai dengan bagus dan rapi.

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

 


 
RPP Kelas 5 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru meminta siswa untuk membaca cerita dengan senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.

·     Kemudian, guru mengajak siswa mengingat kembali mengenai materi peredaran darah manusia dengan per tanyaan

10 menit

Inti

·     Pada kegiatan AYO MENCOBA : siswa diminta untuk membentuk kelompok terdiri atas empat anak. Kemudian, siswa diminta membuat alat sederhana untuk mengetahui peredaran darah pada tubuh manusia.

·     Setelah selesai melakukan percobaan membuat alat sederhana peredaran darah manusia, siswa diminta untuk membuat laporan.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN RPP Kelas 5 Sub Tema 4

Penilaian

Rubrik Melakukan Percobaan Alat Peredaran Darah dan Membuat Laporan

Hasil Percobaan

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Melakukan seluruh prosedur.

Seluruh langkah pengerjaan dilakukan.

75% langkah pengerjaan dilakukan.

50% langkah pengerjaan dilakukan.

Dikerjakan tanpa memperhatikan prosedur pengerjaan.

Hasil pembuatan alat.

Alat dapat digunakan dan rapi.

Alat dapat digunakan tetapi kurang rapi.

Alat rapi tetapi tidak dapat digunakan.

Alat tidak dapat digunakan dan tidak rapi.

Isi Laporan Hasil Percobaan.

Keseluruhan laporan dibuat sesuai hasil percobaan, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca, serta disajikan dengan menarik.

Keseluruhan laporan dibuat sesuai hasil percobaan, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

50 % isi laporan dibuat sesuai hasil percobaan dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

Hanya sebagian kecil isi laporan dibuat sesuai hasil percobaan, lengkap dan dapat memberikan informasi singkat yang berguna bagi pembaca.

Penulisan Laporan Hasil Percobaan.

• Pemakaian huruf benar.

• Pemakaian tanda baca tepat.

• Penggunaan kosa kata baku benar.

• Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.

Memenuhi 3 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 1 kriteria dari 4 kriteria yang ditetapkan

 


 

RPP Kelas 5 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa untuk mengingat kembali materi interaksi sosial dengan pertanyaan

·     Guru meminta siswa untuk membaca cerita dengan senyap (membaca dalam hati) selama 5 menit.

10 menit

Inti

·     Pada kegiatan MEMBUAT KLIPING : Siswa diminta untuk mencari gambar atau foto berbagai interaksi sosial. Siswa dapat mencari dari majalah atau koran bekas.

·     Kemudian, siswa diminta untuk menempelkan gambar pada kertas manila. Siswa juga diminta untuk memberi keterangan untuk setiap gambar.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Penilaian RPP Kelas 5 Sub Tema 4

Rubrik Membuat Kliping Interaksi Sosial

Aspek

Baik Sekali

(4)

Baik

(3)

Cukup

(2)

Perlu Bimbingan

(1)

Isi dan Pengetahuan:

1. Gambar atau foto merupakan interaksi sosial.

2. Terdapat keterangan pada setiap gambar atau foto yang ditampilkan.

3. Keterangan sesuai dengan gambar atau foto yang ditampilkan.

Memenuhi semua kriteria yang ditetapkan.

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang ditetapkan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang ditetapkan.

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar saat menuliskan keterangan gambar atau foto.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian besar penulisan.

Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan sangat efisien dalam sebagian kecil penulisan.

Keterampilan dalam membuat kliping.

1. Rapi

2. Menarik

3. Informatif

Memenuhi semua kriteria yang ditetapkan

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang ditetapkan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang ditetapkan.

Tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru menstimulus ide, gagasan, dan motivasi siswa. Guru mengajak siswa membaca bersama cerita pada buku siswa secara bergantian di depan kelas.

10 menit

Inti

·     Pada kegiatan MENYIAPKAN PEMAJANGAN KARYA: siswa diminta untuk melihat kembali karya-karya yang telah ia buat pada kegiatan pembelajaran sebelumnya.

·     Siswa lalu diminta untuk memilah karya yang dibuat secara individu dan kelompok. Kemudian menyiapkannya karya tersebut untuk dipajang di meja belajarnya.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   V (Lima) / 1

Tema 4 / Sub Tema 4   :   Sehat Itu Penting / Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

·     Pada awal pembelajaran, guru meminta siswa untuk meletakkan karya buatannya di atas meja.

·     Guru meminta siswa untuk menilai setiap karya pada setiap meja. siswa dapat menuliskan nilai pada kolom sesuai pada buku siswa.

10 menit

Inti

·     Setiap siswa melakukan dua penilaian, individu dan kelompok. Selanjutnya, siswa diminta untuk membuat kesimpulan mengenai karya paling bagus

·     Setelah membuat kesimpulan, siswa ber musyawarah untuk menentukan karya paling bagus yang akan dipajang di kelas. Memajang Karya dan Menilai Karya Pada pembelajaran ini, siswa diminta memajang, siapkan karya-karyamu untuk dinilai teman. Siapkan dirimu untuk menilai karya temanmu. Buatlah kesimpulan dari penilaian dengan menuliskan karya terbaik. Kemudian, rundingkan dengan teman-temanmu dari setiap kesimpulan yang ditulis. Setelah itu, tetapkan beberapa karya untuk dipajang kelas.

35 Menit X  30 JP

Penutup

  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)

  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  Melakukan penilaian hasil belajar

  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) RPP Kelas 5 Sub Tema 4

15 menit

 

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

 

 

 

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 5

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

PENILAIAN PEMBELAJARAN

Penilaian

Berikut contoh kolom yang dapat kamu gunakan untuk melakukan penilaian.

Karya perorangan

No

Nama

Karya 1

Karya 2

Nama Karya

Nilai

Nama Karya

Nilai

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

Karya paling bagus adalah

 

Karya kelompok

No

Nama

Karya 1

Karya 2

Nama Karya

Nilai

Nama Karya

Nilai

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

Karya paling bagus adalah RPP Kelas 5 Sub Tema 4

Post a Comment for "RPP Kelas 5 Sub Tema 4 Kegiatan Berbasis Proyek dan Literasi Revisi Terbaru 2022!"