Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!

RPP Kelas 4 Tema


RPP Kelas 4 Tema 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

IPA

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfataan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

IPS

·       Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

·       Dengan diskusi pemecahan maslah, siswa mampu melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Membuat pertanyaan RPP Kelas 4 Tema 

·       Melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan

·       Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Kalimat tanya

·     Keseimbangan lingkungan

·     Kondisi geografis Indonesia

Menulis pertanyaan, menganalisis,

mengidentifikasi

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  IPA

Pertanyaan siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan untuk menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Masalah Keseimbangan Lingkungan

Mengidentifika si semua masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Mengidentifikasi sebagian besar masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Mengidentifikasi hanya sebagian kecil masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

ü

Belum mampu mengidentifik asi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Identifikasi Masalah Keseimbangan Lingkungan

Melakukan Identifikasi dengan mandiri dan tepat.

Melakukan Identifikasi dengan cukup mandiri dan cukup tepat.

ü

Melakukan Identifikasi dengan   kurang mandiri  namun cukup tepat.

Belum mampu melakukan Identifikasi dengan mandiri dan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu RPP Kelas 4 Tema 

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

ü

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

6

x 10 = 5

12

 

 

2.  IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatan nya

Mengidentifikasi semua karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.

Mengidentifikasi sebagian besar karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatan nya dengan tepat.

ü

Mengidentifikasi sebagian kecil karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatan nya dengan tepat.

Belum mampu mengidentifika si karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.

Peyajian informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatan nya

Peyajian informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatannya a dengan sistematis.

Peyajian informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatannya cukup sistematis.

Peyajian informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaatannya kurang sistematis.

ü

Belum mampu meyajikan informasi tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta sumber daya alam dan pemanfaat- annya dengan sistematis.

Sikap Peduli

Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten

Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap Tanggung Jawab

Bertanggung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Cukup bertanggung jawab terhadap tugas- tugas secara konsisten.

Kurang bertanggung jawab terhadap tugas- tugas secara konsisten.

Belum bertanggung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

ü

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

9

x 10 = 5,6

16

 

b.       Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengar- kan RPP Kelas 4 Tema 

Selalu mendengarkan teman yang se- dang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mende- ngarkan teman yang sedang berbicara.

ü

Sering diingatkan un- tuk mendengar- kan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

ü

Merespon dengan tepat terhadap ko- munikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lain- nya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

ü

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

9

x 10 = 7,5

12

 

3. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Daftar Pertanyaan

Semua pertanyaan tepat.

Sebagian besar pertanyaan tepat.

Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat.

ü

Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat.

Kosa Kata Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

ü

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

ü

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan

motivasi dan bimbingan.

ü

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

10

x 10 = 6,2

16

 

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 
RPP Kelas 4 Tema 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam memanfaatkan tumbuhan dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan refleksi diri mengenai hak dan kewajiban memanfaatkan tumbuhan secara bijak dengan terperinci.

SBdP

·       Setelah mengamati, siswa mampu menjelaskan teknik membuat kolase dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat kolase dari bahan alam dengan teknik yang kreatif.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mendiskusikan sikap bijak terhadap tumbuhan

·       Melakukan penaksiran bilangan desimal

·       Berkreasi membuat kolase dari bahan alam RPP Kelas 4 Tema 

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Penaksiran desimal

·     Kolase

Mengomunikasikan hasil, menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  PPKn: Refleksi diri

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Sikap baik

Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan

Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan

Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan

Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah dilakukan

Dampak sikap baik

Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan

Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan

Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan

Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan

Sikap perlu diperbaiki

Menuliskan 3 sikap belum baik yang sudah dilakukan

Menuliskan 2 sikap belum baik yang sudah dilakukan

Menuliskan 1 sikap belum baik yang sudah dilakukan

Belum mampu menuliskan sikap belum baik yang sudah dilakukan

Dampak sikap belum baik

Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan

Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan

Menjelaskan 1 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan

Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan

Rencana tindak lanjut

Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbuhan

Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbu han

Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap tumbuhan

Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP: Kolase

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Teknik Menempel

Seluruh bahan ditempel dengan rapi

Sebagian besar bahan ditempel dengan rapi

Sebagian bahan ditempel dengan rapi

Sebagian kecil ditempel dengan rapi

Pemilihan bahan

Memilih seluruh bahan (daun dan ranting) dengan sesuai

Memilih sebagian besar bahan (daun dan ranting) dengan sesuai

Memilih sebagian bahan (daun dan ranting) dengan sesuai

Memilih sebagian kecil bahan (daun dan ranting) dengan sesuai

Keserasian

Menempel semuan bahan-bahan dengan serasi

Menempel sebagian besar bahan-bahan dengan serasi

Menempel sebagian bahan-bahan dengan serasi

Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi

 

3. Diskusi

Diskusi saat membahas pertanyaan dalam soal cerita Beni dan Adiknya

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulismenggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

IPA

·       Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian tumbuh tumbuhan dan fungsinya.

·       Setelah mengamati, siswa menulis laporan bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan permainan bola kecil sederhana

·       Melakukan identifikasi

·       Membuat pertanyaan RPP Kelas 4 Tema 

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Gerak dasar manipulatif

·     Fungsi bagian tumbuhan

·     Kalimat tanya

·     Melempar dan menangkap bola.

·     mengidentifikasi, menulis pertanyaan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPA

Laporan identifikasi tanaman

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Identifikasi bagian- bagian

Mengidetifikasi semua bagian tumbuhan dengan cermat

Mengidetifikasi sebagian besar bagian tumbuhan dengan cermat

Mengidentifikasi sebagian bagian tumbuhan dengan cermat

Mengidetifikasi sebagian kecil bagian tumbuhan dengan cermat

Identifikasi fungsi

Menjelaskan semua fungsi dari tumbuhan dengan benar

Menjelaskan sebagian besar fungsi dari tumbuhan dengan benar

Menjelaskan sebagian fungsi dari tumbuhan dengan benar

Menjelaskan sebagian kecil fungsi dari tumbuhan dengan benar

Sikap Rasa Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik RPP Kelas 4 Tema 

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Daftar Pertanyaan

Semua pertanyaan tepat.

Sebagian besar pertanyaan tepat.

Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat.

Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat.

Kosa Kata Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri- ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan terperinci.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat rencana melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dipelihara dengan terperinci.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Membuat jadwal merawat tanaman

·       Melakukan penaksiran pecahan RPP Kelas 4 Tema 

·       Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang baik

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Penaksiran pecahan

·     Ciri-ciri pertanyaan yang baik

Mengomunikasikan hasil, menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  PPKn: Jadwal merawat tanaman.

Guru memberikan komentar tentang jadwal yang sudah dan belum sesuai.

 

2. Bahasa Indonesia:

Guru memberikan komentar tentang pertanyaan-pertanyaan yang sudah dan belum sesuai.

 

3. Diskusi

Diskusi saat mengelompkkan pertanyaan

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyam- paikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·       Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.

·       Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka.

SBdP

·       Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni kolase.

·       Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni kolase.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait pecahan

·       Menggali informasi tentang karakteristik tempat tinggal dan pemanfaatan sumber daya alam

·       Apresiasi karya seni kolase RPP Kelas 4 Tema 

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

·     Tanggung Jawab

·     Peduli

·     Bilangan pecahan

·     Sumber daya alam

·     Kolase

·     Menyelesaikan masalah

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  IPS

Diskusi dinilai dengan rubrik

Diskusi dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) RPP Kelas 4 Tema 

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP

Mengapresiasi karya kolase dinilai dengan catatan anekdot.

 

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Tanggung Jawan, Peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 1   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menjelaskan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat.

·       Setelah membaca, mencermati langkah-langkah, dan berlatih, siswa mampu menerapkan keterampilan dalam melakukan wawancara dengan tepat.

PPKn

·       Dengan melakukan refleksi, siswa mampu menjelaskan hak dankewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

·       Dengan melakukan refleksi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan simulasi wawancara

·       Mendiskusikan hak dan kewajiban

·       Bermain bola zig-zag RPP Kelas 4 Tema 

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli

·     Hak dan kewajiban

·     Wawancara

·     Gerak lokomotor dan nonlokomotor

·     Mencari informasi

·     Mengomunikasikan hasil

·     Gerak lokomotor dan nonlokomotor

·     Wawancara

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  Bahasa Indonesia

Latihan wawancara dinilai dengan catatan anekdot.

 

2. PPKn

Lembar refleksi dinilai dengan daftar periksa

No

Indikator

Ya

Tidak

Catatan

1

Saya menuliskan hal yang sudah saya lakukan dengan baik selama merawat tanaman tersebut beserta penjelasan.

 

 

 

2

Saya menuliskan apa yang belum

dapat saya lakukan dengan baik beserta penjelasan.

 

 

 

3

Saya menuliskan apa yang saya pelajari terkait dengan hak dan kewajiban dalam kegiatan menanam dan merawat tumbuhan.

 

 

 

4

Saya menuliskan akibat dari melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman yang saya tanam.

 

 

 

 

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin, Peduli).

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

  RPP Kelas 4 Tema 

 

 

 

 

 

 


 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"