Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4 Proyek Kelas

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4

 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

Mengamati dan Mendeskripsikan

Di awal pertemuan guru menginformasikan siswa bahwa mereka boleh melakukan pengamatan terhadap salah satu jenis binatang. Berikut adalah contoh yang bisa diamati siswa dari objek yang disiapkan atau yang dibawa dari rumah.

·         Ayam atau anak ayam.

·         Serangga di sekitar sekolah.

·         Binatang peliharaan.

Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk mencatat hasil pengamatan di buku tulis atau kertas. Kali ini siswa harus mengumpulkan 40 fakta dari hewan yang mereka amati. Setiap siswa boleh mengamati objek yang sama.

Dalam proses pengamatan, siswa mencari fakta tentang bentuk, desain atau warna yang dimiliki oleh objek. Hasil pengamatan bisa berupa tabel, peta pikiran atau lainnya.

Description: 1

 

Menanyakan dan Menganalisis

Dengan menggunakan data sebelumnya, guru mengajak siswa untuk mempertanyakan dan menganalisis fakta yang ada, misalnya:

·         Apakah warna kupu-kupu akan sama dari jenis ulat yang sama?

·         Bagaimana dengan corak sayapnya? Mengapa kupu-kupu yang satu memiliki corak garis-garis, sedangkan yang lainnya polos? Bagaimana proses perbedaan corak dan warna bisa terjadi?

·         Apa yang terjadi jika daun bisa menyerap air  RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4?

·         Apa yang terjadi kepada kupu-kupu jika tumbuhan tidak memiliki bunga?

 

Semua pertanyaan dicatat untuk kegiatan berikutnya. Siswa bisa saling berbagi catatannya kepada teman atau guru.

 

Menggali Informasi

Siswa diberi kesempatan untuk mengumpulkan informasi terkait hal-hal yang dipertanyakan sebelumnya. Banyak sumber informasi yang bisa digunakan siswa, seperti:

·         Tukang kebun, penjaga sekolah

·         Kakak atau adik kelas

·         Orang tua

·         Guru

·         Narasumber

·         Buku

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

Mengamati dan Mendeskripsikan

1.   Di hari ke dua, siswa mengamati tumbuhan yang ada di sekolah atau yang dibawa dari rumah.

2.   Tumbuhan yang diamati bisa tumbuhan yang memiliki bunga ataupun tidak.

Berikut adalah contoh yang bisa siswa amati dari tumbuhan:

·         Bagian tumbuhan, bagian bunga, akar, media tumbuh, tanaman obatobatan, biji-bijian dan dedaunan

3.   Sama dengan kegiatan di hari pertama, siswa diharapkan mengumpulkan fakta-fakta sebanyak 40 fakta untuk kemudian mendeskripsikannya.

 

Menanyakan dan Menganalisis

Siswa diberi kesempatan untuk mempertanyakan fakta-fakta:

·         Apa yang terjadi jika kelopak bunga tidak sebanyak ini?

·         Mengapa bunga yang satu berwarna merah dan yang satunya berwarna kuning?

·         Mengapa tumbuhan ini bisa tumbuh di air? Bagaimana kalau dipindahkan ke tanah? Apakah akan mendapatkan hasil yang berbeda?

 

Seluruh pertanyaan dicatat. Siswa bisa saling menukarkan pertanyaan kepada temannya untuk mendapatkan jawaban sementara.

 

Menggali Informasi

Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggali informasi melalui narasumber seperti tukang kebun, penjaga sekolah, guru atau buku di perpustakaan.  RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4

Jika memungkinkan, siswa bisa diajak mengunjungi tempat penjualan tanaman dan mewawancarai penjualnya tentang bagaimana tumbuhan hidup, perawatan, atau harga jual dari tumbuhan.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

Mengamati dan Mengobservasi

Di hari ketiga ini siswa mengumpulkan informasi dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Siswa mengamati 1 jenis hewan dan tumbuhan yang berbeda dari yang pernah mereka amati di hari sebelumnya. Mereka menggambar apa yang mereka amati (drawing observation).

Berikut adalah hal-hal yang harus diingatkan kepada siswa pada saat melakukan kegiatan.

·         Gambar merupakan hasil pengamatan, bukan imajinasi.

·         Gambar harus rinci, memperlihatkan bagian-bagian kecil.

·         Gambar tidak memerlukan warna.

·         Alat gambar yang dibutuhkan adalah pensil, bukan alat tulis lainnya.

 

Siswa menggambar di kertas, bukan di buku.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

Mempersiapkan Diri

Siswa mempersiapkan semua bahan untuk kebutuhan pameran yang akan dihadiri oleh kakak atau adik kelas. Setiap siswa harus menyiapkan bahan pameran dalam bentuk:

·         Gambar, sebagai hasil drawing observation (tumbuhan dan hewan).

·         Tulisan deskriptif hasil pengamatan.

·         Diagram daur hidup.

·         Cerita tentang binatang atau tumbuhan RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4.

 

Guru sebaiknya mengatur penyelesaian setiap produk, misalnya satu produk diselesaikan satu hari. Hal ini dimaksudkan agar siswa tidak terlalu berat menyiapkan bahan pameran.

Dalam kelompoknya, siswa mengatur pajangan. Pengalaman dua kali pameran sebelumnya harus dijadikan sebagai masukan agar pameran ketiga ini lebih baik pelaksanaannya.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

Menyampaikan Hasil

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, guru perlu mengkaji apa yang harus diperhatikan saat pameran berlangsung, misalnya mengenai alur dan waktu kedatangan, sikap siswa saat menjawab pertanyaan atau menyampaikan hasil karyanya.

Guru berkeliling, mencatat apa yang terjadi, siswa mana yang membutuhkan bantuan atau sekadar mengingatkan kapan pameran selesai.

Pameran kali ini dapat meminta pengunjung untuk menuliskan komentarnya di selembar kertas yang ditujukan untuk kelompok. Salah satu anggota kelompok diminta untuk mengingatkan pengunjung untuk menuliskan komentarnya.  RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 4   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

Melakukan Refleksi

Sebelum melakukan refleksi, setiap kelompok membahas komentar yang diberikan para pengunjung. Guru mengumpulkan komentar tersebut dan merangkumnya.

Secara klasikal, guru membahas rangkuman tersebut. Berdasarkan komentar tersebut, siswa melakukan refleksi dengan dipandu pertanyaan berikut.

·         Apa yang paling menarik dari kegiatan selama satu minggu?

·         Hal baik/tidak baik apa yang kalian temui dari pengunjung?

·         Apa yang perlu diperbaiki dari persiapan pameran?

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

......, ........................ 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4

1 comment for "RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4 Proyek Kelas"

Komentar