RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4 Proyek Kelas
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI .........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 1
Mengamati dan Mendeskripsikan
Di awal pertemuan guru menginformasikan siswa bahwa mereka boleh melakukan pengamatan
terhadap salah satu jenis binatang. Berikut adalah contoh yang bisa diamati
siswa dari objek yang disiapkan atau yang dibawa dari rumah.
·
Ayam atau anak ayam.
·
Serangga di sekitar sekolah.
·
Binatang peliharaan.
Guru memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk mencatat
hasil pengamatan di buku tulis atau kertas. Kali ini siswa harus mengumpulkan
40 fakta dari hewan yang mereka amati. Setiap siswa boleh mengamati objek yang
sama.
Dalam proses pengamatan, siswa mencari fakta tentang
bentuk, desain atau warna yang dimiliki oleh objek. Hasil pengamatan bisa
berupa tabel, peta pikiran atau lainnya.
Menanyakan dan Menganalisis
Dengan menggunakan data sebelumnya, guru mengajak siswa
untuk mempertanyakan dan menganalisis fakta yang ada, misalnya:
·
Apakah warna kupu-kupu akan sama dari jenis ulat yang sama?
·
Bagaimana dengan corak sayapnya? Mengapa kupu-kupu yang satu memiliki
corak garis-garis, sedangkan yang lainnya polos? Bagaimana proses perbedaan
corak dan warna bisa terjadi?
· Apa yang terjadi jika daun bisa menyerap air RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4?
·
Apa yang terjadi kepada kupu-kupu jika tumbuhan tidak memiliki
bunga?
Semua pertanyaan dicatat untuk kegiatan berikutnya. Siswa
bisa saling berbagi catatannya kepada teman atau guru.
Menggali Informasi
Siswa diberi kesempatan untuk mengumpulkan informasi
terkait hal-hal yang dipertanyakan sebelumnya. Banyak sumber informasi yang
bisa digunakan siswa, seperti:
·
Tukang kebun, penjaga sekolah
·
Kakak atau adik kelas
·
Orang tua
·
Guru
·
Narasumber
·
Buku
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 2
Mengamati dan Mendeskripsikan
1. Di
hari ke dua, siswa mengamati tumbuhan yang ada di sekolah atau yang dibawa dari
rumah.
2. Tumbuhan
yang diamati bisa tumbuhan yang memiliki bunga ataupun tidak.
Berikut adalah contoh yang bisa siswa amati dari tumbuhan:
·
Bagian tumbuhan, bagian bunga, akar, media tumbuh, tanaman
obatobatan, biji-bijian dan dedaunan
3. Sama
dengan kegiatan di hari pertama, siswa diharapkan mengumpulkan fakta-fakta
sebanyak 40 fakta untuk kemudian mendeskripsikannya.
Menanyakan dan Menganalisis
Siswa diberi kesempatan untuk mempertanyakan fakta-fakta:
·
Apa yang terjadi jika kelopak bunga tidak sebanyak ini?
·
Mengapa bunga yang satu berwarna merah dan yang satunya
berwarna kuning?
·
Mengapa tumbuhan ini bisa tumbuh di air? Bagaimana kalau
dipindahkan ke tanah? Apakah akan mendapatkan hasil yang berbeda?
Seluruh pertanyaan dicatat. Siswa bisa saling menukarkan
pertanyaan kepada temannya untuk mendapatkan jawaban sementara.
Menggali Informasi
Dengan bimbingan guru, siswa dapat menggali informasi
melalui narasumber seperti tukang kebun, penjaga sekolah, guru atau buku di
perpustakaan.
Jika memungkinkan, siswa bisa diajak mengunjungi tempat
penjualan tanaman dan mewawancarai penjualnya tentang bagaimana tumbuhan hidup,
perawatan, atau harga jual dari tumbuhan.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________
) NIP
.................................. |
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 3
Mengamati dan Mengobservasi
Di hari ketiga ini siswa mengumpulkan informasi dengan cara yang berbeda dibandingkan
dengan hari-hari sebelumnya.
Siswa mengamati 1 jenis hewan dan tumbuhan yang berbeda dari yang pernah mereka
amati di hari sebelumnya. Mereka menggambar apa yang mereka amati (drawing
observation).
Berikut adalah hal-hal yang harus diingatkan kepada siswa pada saat
melakukan kegiatan.
·
Gambar merupakan hasil pengamatan, bukan imajinasi.
·
Gambar harus rinci, memperlihatkan bagian-bagian kecil.
·
Gambar tidak memerlukan warna.
·
Alat gambar yang dibutuhkan adalah pensil, bukan alat tulis
lainnya.
Siswa menggambar di kertas, bukan di buku.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP .................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI .........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 4
Mempersiapkan Diri
Siswa mempersiapkan semua bahan untuk kebutuhan pameran yang akan dihadiri oleh
kakak atau adik kelas. Setiap siswa harus menyiapkan bahan
pameran dalam bentuk:
·
Gambar, sebagai hasil drawing observation
(tumbuhan dan hewan).
·
Tulisan deskriptif hasil pengamatan.
·
Diagram daur hidup.
· Cerita tentang binatang atau tumbuhan RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 4.
Guru sebaiknya mengatur penyelesaian setiap produk,
misalnya satu produk diselesaikan satu hari. Hal ini dimaksudkan agar siswa
tidak terlalu berat menyiapkan bahan pameran.
Dalam kelompoknya, siswa mengatur pajangan. Pengalaman dua
kali pameran sebelumnya harus dijadikan sebagai masukan agar pameran ketiga ini
lebih baik pelaksanaannya.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 5
Menyampaikan
Hasil
Berdasarkan pengalaman sebelumnya, guru perlu mengkaji
apa yang harus diperhatikan saat pameran berlangsung, misalnya mengenai alur
dan waktu kedatangan, sikap siswa saat menjawab pertanyaan atau menyampaikan
hasil karyanya.
Guru berkeliling, mencatat apa yang terjadi, siswa mana
yang membutuhkan bantuan atau sekadar mengingatkan kapan pameran selesai.
Pameran kali ini dapat meminta pengunjung untuk
menuliskan komentarnya di selembar kertas yang ditujukan untuk kelompok. Salah
satu anggota kelompok diminta untuk mengingatkan pengunjung untuk menuliskan
komentarnya.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 4 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 6
Melakukan Refleksi
Sebelum melakukan refleksi, setiap
kelompok membahas komentar yang diberikan para pengunjung. Guru mengumpulkan
komentar tersebut dan merangkumnya.
Secara klasikal, guru membahas
rangkuman tersebut. Berdasarkan komentar tersebut, siswa melakukan refleksi
dengan dipandu pertanyaan berikut.
·
Apa yang paling menarik dari kegiatan selama satu minggu?
·
Hal baik/tidak baik apa yang kalian temui dari pengunjung?
·
Apa yang perlu diperbaiki dari persiapan pameran?
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
https://www.iruang.com/
ReplyDelete