RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
untuk persiapan wawancara dengan benar.
IPA
·
Dengan diskusi pemecahan masalah RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2, siswa
mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam
menjaga keseimbangan alam dengan tepat.
·
Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan
tentang pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga
keseimbangan alam dengan sistematis.
·
Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa
mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan
sistematis.
·
Dengan membuat poster , siswa mampu
melakukan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan kepedulian
yang tinggi.
IPS
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan
masyarakat dengan tepat.
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati
bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Membuat poster
·
Bertanya RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
·
Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
· Sumber daya alam dan
keseimbangan lingkungan · Kalimat tanya · Kondisi geografis
Indonesia dan pemanfaatan sumber daya alamnya |
Mengidentifikasi, bertanya, mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPA
Pertanyaan siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan
lingkungan untuk menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Masalah Keseimbangan Lingkungan |
Mengidentifikasi semua masalah
keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Mengidentifikasi sebagian besar masalah
keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Mengidentifikasi hanya sebagian kecil
masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. ü |
Belum mampu mengidentifikasi masalah
keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Identifikasi Masalah Keseimbangan
Lingkungan |
Melakukan Identifikasi dengan mandiri
dan tepat. |
Melakukan Identifikasi dengan cukup
mandiri dan cukup tepat. ü |
Melakukan Identifikasi dengan kurang
mandiri namun cukup tepat. |
Belum mampu melakukan Identifikasi
dengan mandiri dan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak antusias dan mengajukan banyak
ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang
mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak
mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu
dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
6 |
x 10 = 5 |
12 |
2. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik. Beri tanda
centang (ü) sesuai
pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Daftar Pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. ü |
Belum mampu membuat pertanyaan dengan
tepat. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian
besar pertanyaan. ü |
Menggunakan kosakata baku dalam
sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku
dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam
sebagian kecil pertanyaan. ü |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif
dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian besar tugas diselesaikan
dengan mandiri. ü |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski
telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
pentingnya hewan sebagai bagian dari sumber daya alam, dinilai menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Hewan sebagai bagian dari sumber daya
alam |
Mampu mengidentifika si tentang peran
hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dengan tepat. |
Mampu mengidentifikasi tentang peran
hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dengan cukup tepat. |
Mampu mengidentifikasi tentang peran
hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dengan kurang tepat. ü |
Belum mampu mengidentifikasi tentang
peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
dengan tepat. |
Peyajian informasi tentang hewan
sebagai bagian dari sumber daya alam. |
Mampu menyajikan informasi tentang
peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan
sistematis. |
Mampu menyajikan informasi tentang peran
hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan cukup
sistematis. ü |
Mampu menyajikan informasi tentang
peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan
kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan informasi tentang
peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan sistematis. |
Sikap Peduli. |
Peduli terhadap keberadaan sumber daya
alam Indonesia secara konsisten |
Cukup peduli terhadap keberadaan sumber
daya alam Indonesia. |
Kurang peduli terhadap keberadaan
sumber daya alam Indonesia. ü |
Belum menunjukkan kepedulian terhadap
keberadaan sumber daya alam. |
Sikap Tanggung Jawab. |
Bertangung jawab terhadap tugas-tugas
secara konsisten. |
Cukup ber- tangung jawab terhadap
tugas- tugas secara konsisten. ü |
Kurang ber- tangung jawab terhadap tugas-tugas
secara konsisten. |
Belum bertangung jawab terhadap tugas-
tugas secara konsisten. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
10 |
x 10 = 6,2 |
16 |
b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah
dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang () sesuai
pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengar- kan. |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarka n teman yang berbicara
namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü |
Sering diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. ü |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran). |
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. ü |
Jarang berbicara selama proses diksusi
berlangsung. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
7 |
x 10 = 5,8 |
12 |
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab
dan peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk
Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
·
Setelah membaca cerita “ Dayu dan Si
Mungil”, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap hewan di
sekitar dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar dengan
terperinci.
SBdP
·
Setelah mengamati mozaik, siswa mampu
menjelaskan teknik membuat mozaik dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat
mozaik dari bahan alam dengan kreatif.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mendiskusikan sikap bijak terhadap hewan
·
Melakukan penaksiran operasi perkalian pecahan
·
Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
· Hak dan kewajiban · Penaksiran operasi
pecahan · Mozaik |
Mengomunikasikan hasil,menyimpulkan |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPKn : Refleksi
diri
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Sikap baik |
Menuliskan 3 sikap baik yang sudah
dilakukan. |
Menuliskan 2 sikap baik yang sudah
dilakukan. |
Menuliskan 1 sikap baik yang sudah
dilakukan. |
Belum mampu menuliskan sikap baik yang
sudah dilakukan. |
Dampak sikap baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik tersebut
bagi lingkungan. |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan. |
Belum mampu menuliskan dampak dari
sikap tersebut bagi lingkungan. |
Sikap perlu diperbaiki |
Menuliskan 3 sikap belum baik yang
sudah dilakukan. |
Menuliskan 2 sikap belum baik yang
sudah dilakukan. |
Menuliskan 1 sikap belum baik yang
sudah dilakukan. |
Belum mampu menuliskan sikap belum baik
yang sudah dilakukan. |
Dampak sikap belum baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum
baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum
baik tersebut bagi lingkungan. |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap belum
baik tersebut bagi lingkungan. |
Belum mampu menuliskan dampak dari
sikap tersebut bagi lingkungan. |
Rencana tindak lanjut |
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap hewan. |
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap hewan. |
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap hewan. |
Belum mampu menuliskan rencana tindak
lanjut. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
2. SBdP: Mozaik
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Teknik Menempel |
Seluruh bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagaian besar bahan ditempel dengan
rapi. |
Sebagian bahan ditempel dengan rapi. |
Sebagian kecil ditempel dengan rapi. |
Pemilihan bahan |
Memilih seluruh bahan (biji- bijian)
dengan sesuai. |
Memilih sebagian besar bahan (biji-
bijian) dengan sesuai. |
Memilih sebagian bahan (biji- bijian)
dengan sesuai. |
Memilih sebagian kecil bahan (biji-
bijian) dengan sesuai. |
Keserasian |
Menempel semuan bahan- bahan dengan
serasi. |
Menempel sebagian besar bahan-bahan
dengan serasi. |
Menempel sebagian bahan- bahan dengan
serasi. |
Menempel sebagian kecil bahan-bahan
dengan serasi. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
3. Diskusi RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
Saat siswa mendiskusikan petanyaan berdasarkan teks “Dayu
dan Si Mungil” dan eksplorasi perkalian pecahan.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang
ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran). |
Isi pembicaraan menginspirasi
teman. Selalu mendukung dan memimpin
lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi
berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab
dan peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.
·
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk
persiapan wawancara dengan benar.
IPA
·
Setelah mengamati, siswa mampu
mengidentifikasi bagian-bagain hewan dan fungsinya dengan benar.
·
Setelah mengamati, siswa mampu membuat
laporan tentang bagianbagian hewan dalam bentuk diagram venn.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan permainan bola kecil sederhana
·
Melakukan identifikasi
·
Membuat pertanyaan
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
· Gerak dasar lokomotor · Fungsi bagian hewan · Kalimat tanya |
Lompat, mengidentifikasi, bertanya |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPA
Laporan hasil pengamatan:
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Identifikasi |
Mengidentifikasi semua bagian tubuh
hewan |
Mengidentifikasi sebagian besar bagian
tubuh hewan |
Mengidentifikasi sebagian bagian tubuh
hewan |
Mengidentifikasi sebagian kecil bagian
tubuh hewan |
Laporan |
Menuliskan hasil pengamatannya dalam
bentuk diagram venn dengan detail, runtut dan sistematis |
Memenuhi 2 dari 3 kriteria |
Memenuhi 1 dari 3 kriteria |
Belum memenuhi kriteria |
Kepedulian terhadap kelestarian
lingkungan. |
Menunjukkan semangat yang tinggi selama
kegiatan belajar dengan ikut aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan
kelestarian lingkungan. |
Cukup bersemangat selama kegiatan
belajar dan cukup aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian
lingkungan. |
Kurang bersemangat selama kegiatan
belajar dan kurang aktif dalam kegaiatan yang berhubungan dengan kelestarian
lingkungan. |
Tidak bersemangat selama kegiatan
belajar dan tidak aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian
lingkungan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubric
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Daftar Pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. |
Belum mampu membuat pertanyaan dengan
tepat. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam
sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam
sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku
dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam
sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam
sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif
dalam semua pertanyaan. |
Sikap: Mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian besar tugas diselesaikan
dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum dapat menyelesaikan tugas meski
telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab
dan peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan
benar.
PPKn
·
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap
hewan dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar, siswa mampu
memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan dengan terperinci.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mengidentifikasi dampak dari sikap tidak bijak
terhadap hewan
·
Menyelesaikan masalah penaksiran pecahan
·
Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan pertanyaan
yang baik RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
· Hak dan kewajiban · Penaksiran pecahan · Ciri-ciri pertanyaan
yang baik |
Mengomunikasikan hasil, menyimpulkan |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPKn: Pendapat
berdasarkan gambar
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Pendapat |
Memberikan pendapat setuju atau tidak
setuju dari 3 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Memberikan pendapat setuju atau tidak
setuju dari 2 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Memberikan pendapat setuju atau tidak
setuju dari 1 gambar dilengkapi alasan dengan benar |
Belum mampu memberikan pendapat |
Dampak bagi lingkungan |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
lingkungan dari 3 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
lingkungan dari 2 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
lingkungan dari 1 masalah dengan benar |
Belum mampu menjelaskan dampak bagi
lingkungan |
Dampak bagi orang lain |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
orang lain dari 3 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
orang lain dari 2 masalah dengan benar |
Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi
orang lain dari 1 masalah dengan benar |
Belum mampu menjelaskan dampak orang
lain |
Pelanggaran hak |
Memberikan alasan 3 kegiatan tersebut
melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Memberikan alasan 2 kegiatan tersebut
melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Memberikan alasan 1 kegiatan tersebut
melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur |
Belum mampu memberikan alasan |
Saran |
Memberikan 1 saran untuk 3 masalah yang
diberikan dengan logis |
Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang
diberikan dengan logis |
Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang
diberikan dengan logis |
Belum mampu menuliskan saran |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia: Pertanyaan RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mengelompok kan |
Mampu mengelompok- kan semua pertanyaan
ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompok- kan sebagian besar
pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompokk an sebagian
pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Mampu mengelompok- kan sebagian kecil
pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar. |
Memperbaiki |
Mampu menyempurnakan semua pertanyaan
kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurnakan sebagian besar
pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurnakan sebagian
pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mampu menyempurna- kan sebagian kecil
pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar. |
Mengkomuni kasikan |
Mengomunika sikan hasil pekerjaannya
dengan runtut, terperinci dan logis. |
Hanya memenuhi 2 dari 3 kriteria yang
diharapkan. |
Hanya memenuhi 1 dari 3 kriteria yang
diharapkan. |
Belum memenuhi kriteria yang
diharapkan. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
3. Diskusi
Saat siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang baik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun
sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami
bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab
dan peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
·
Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan benar.
·
Dengan mengamati gambar, membaca teks,
dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan
terperinci.
SBdP
·
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru
dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi
karya seni mozaik dengan baik.
·
Setelah mendengarkan penjelasan dari guru
dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni
mozaik dengan rasa percaya diri yang tinggi.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait
pecahan
·
Mengapresiasi hasil karya mozaik RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
·
Mencari informasi terkait karakteristik lingkungan
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
· Disiplin · Peduli |
· Penaksiran pecahan · Mozaik · Karakteristik
lingkungan dan sumber daya alam |
· Memecahkan masalah · Menempel · Mencari informasi · Mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPS
Diskusi dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan
teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami
bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
2. SBdP
Mengapresiasi karya mozaik dinilai dengan daftar periksa.
No |
Indikator |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1 |
Siswa menuliskan yang mereka ketahui
tentang hasil karya mozaik temannya. |
|
|
|
2 |
Siswa menuliskan bagaimana pendapatnya
tentang hasil karya mozaik tersebut. |
|
|
|
3 |
Siswa hal yang menarik dari karya
mozaik tersebut beserta alasannya. |
|
|
|
4 |
Siswa menuliskan saran agar karya seni
tersebut tersebut lebih baik lagi. |
|
|
|
3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Tanggung Jawab,
Peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 3 / Sub Tema 2 : Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menjelaskan cara menulis laporan
hasil wawancara dengan baik.
·
Setelah membaca, mencermati
langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menulis laporan hasil wawancara.
PPKn
·
Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa
mampu menjelaskan hak dan kewajiban terhadap pelestarian hewan dengan benar.
·
Dengan melakukan refleksi, siswa mampu
mengomunikasikan hak dan kewajiban dalam pelesatarian hewan dengan penuh
percaya diri.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melaporkan hasil wawancara
·
Bermain lompat katak
·
Mendiskusikan hak dan kewajiban
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
· Disiplin · Peduli |
· Hak dan kewajiban · Gerak dasar lokomotor
dan nonlokomotor · Wawancara |
· Mengomunikasikan hasil · Gerak dasar lokomotor
dan nonlokomotor · Menulis laporan |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa
Indonesia
Proses pembelajaran menulis laporan hasil wawancara dinilai
dengan catatan anekdot.
2. PPKn
Diskusi dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang
berbicara |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman
yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata,
bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non
verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering merespon kurang tepat
terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk
komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide,
perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci,
merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan menerangkan secara
rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi
berlangsung. |
Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya
pada pembelajaran 1
3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin,
Peduli)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku"
Komentar