Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

 

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

IPA

·       Dengan diskusi pemecahan masalah RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2, siswa mampu mengidentifikasi pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan tepat.

·       Dengan membuat poster, siswa mampu menjelaskan tentang pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga keseimbangan alam dengan sistematis.

·       Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu menjelaskan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan sistematis.

·       Dengan membuat poster , siswa mampu melakukan upaya pelestarian hewan sebagai sumber daya alam dengan kepedulian yang tinggi.

IPS

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi hasil identifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Membuat poster

·       Bertanya RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

·       Melakukan pengamatan bentang alam Indonesia

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Sumber daya alam dan keseimbangan lingkungan

·     Kalimat tanya

·     Kondisi geografis Indonesia dan pemanfaatan sumber daya alamnya

Mengidentifikasi, bertanya, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  IPA

Pertanyaan siswa tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan untuk menjaga keberadaan tanaman diperiksa menggunakan rubrik.

 

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Masalah Keseimbangan Lingkungan

Mengidentifikasi semua masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Mengidentifikasi sebagian besar masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Mengidentifikasi hanya sebagian kecil masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

ü

Belum mampu mengidentifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat.

Identifikasi Masalah Keseimbangan Lingkungan

Melakukan Identifikasi dengan mandiri dan tepat.

Melakukan Identifikasi dengan cukup mandiri dan cukup tepat.

ü

Melakukan Identifikasi dengan kurang mandiri namun cukup tepat.

Belum mampu melakukan Identifikasi dengan mandiri dan tepat.

Sikap Rasa Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

ü

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

6

x 10 = 5

12

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik. Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Daftar Pertanyaan

Semua pertanyaan tepat.

Sebagian besar pertanyaan tepat.

Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat.

ü

Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat.

Kosa Kata Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

ü

Menggunakan kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

ü

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

3.  IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang pentingnya hewan sebagai bagian dari sumber daya alam, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Hewan sebagai bagian dari sumber daya alam

Mampu mengidentifika si tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

Mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan cukup tepat.

Mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan kurang tepat.

ü

Belum mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan tepat.

Peyajian informasi tentang hewan sebagai bagian dari sumber daya alam.

Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan cukup sistematis.

ü

Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan kurang sistematis.

Belum mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan sistematis.

Sikap Peduli.

Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten

Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap Tanggung Jawab.

Bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Cukup ber- tangung jawab terhadap tugas- tugas secara konsisten.

ü

Kurang ber- tangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten.

Belum bertangung jawab terhadap tugas- tugas secara konsisten.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

10

x 10 = 6,2

16

 

b. Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik.

 

Beri tanda centang () sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengar- kan.

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarka n teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

ü

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

ü

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

ü

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

7

x 10 = 5,8

12

 

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·       Setelah membaca cerita “ Dayu dan Si Mungil”, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban masyarakat terhadap hewan di sekitar dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban terhadap hewan di sekitar dengan terperinci.

SBdP

·       Setelah mengamati mozaik, siswa mampu menjelaskan teknik membuat mozaik dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat mozaik dari bahan alam dengan kreatif.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mendiskusikan sikap bijak terhadap hewan

·       Melakukan penaksiran operasi perkalian pecahan

·       Berkreasi membuat mozaik dari bahan alam RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Penaksiran operasi pecahan

·     Mozaik

Mengomunikasikan hasil,menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  PPKn : Refleksi diri

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Sikap baik

Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan.

Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan.

Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan.

Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah dilakukan.

Dampak sikap baik

Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan.

Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan.

Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik tersebut bagi lingkungan.

Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan.

Sikap perlu diperbaiki

Menuliskan 3 sikap belum baik yang sudah dilakukan.

Menuliskan 2 sikap belum baik yang sudah dilakukan.

Menuliskan 1 sikap belum baik yang sudah dilakukan.

Belum mampu menuliskan sikap belum baik yang sudah dilakukan.

Dampak sikap belum baik

Menjelaskan 3 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan.

Menjelaskan 2 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan.

Menjelaskan 1 dampak dari sikap belum baik tersebut bagi lingkungan.

Belum mampu menuliskan dampak dari sikap tersebut bagi lingkungan.

Rencana tindak lanjut

Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan.

Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan.

Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk lebih bijak terhadap hewan.

Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP: Mozaik

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Teknik Menempel

Seluruh bahan ditempel dengan rapi.

Sebagaian besar bahan ditempel dengan rapi.

Sebagian bahan ditempel dengan rapi.

Sebagian kecil ditempel dengan rapi.

Pemilihan bahan

Memilih seluruh bahan (biji- bijian) dengan sesuai.

Memilih sebagian besar bahan (biji- bijian) dengan sesuai.

Memilih sebagian bahan (biji- bijian) dengan sesuai.

Memilih sebagian kecil bahan (biji- bijian) dengan sesuai.

Keserasian

Menempel semuan bahan- bahan dengan serasi.

Menempel sebagian besar bahan-bahan dengan serasi.

Menempel sebagian bahan- bahan dengan serasi.

Menempel sebagian kecil bahan-bahan dengan serasi.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Diskusi RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

Saat siswa mendiskusikan petanyaan berdasarkan teks “Dayu dan Si Mungil” dan eksplorasi perkalian pecahan.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun

sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering

merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami

bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan

teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).

Isi pembicaraan menginspirasi teman.  Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang

berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat daftar pertanyaan untuk persiapan wawancara dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar.

IPA

·       Setelah mengamati, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagain hewan dan fungsinya dengan benar.

·       Setelah mengamati, siswa mampu membuat laporan tentang bagianbagian hewan dalam bentuk diagram venn.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan permainan bola kecil sederhana

·       Melakukan identifikasi

·       Membuat pertanyaan

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Gerak dasar lokomotor

·     Fungsi bagian hewan

·     Kalimat tanya

Lompat, mengidentifikasi, bertanya

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPA

Laporan hasil pengamatan:

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Identifikasi

Mengidentifikasi semua bagian tubuh hewan

Mengidentifikasi sebagian besar bagian tubuh hewan

Mengidentifikasi sebagian bagian tubuh hewan

Mengidentifikasi sebagian kecil bagian tubuh hewan

Laporan

Menuliskan hasil pengamatannya dalam bentuk diagram venn dengan detail, runtut dan sistematis

Memenuhi 2 dari

3 kriteria

Memenuhi 1 dari

3 kriteria

Belum memenuhi kriteria

Kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.

Menunjukkan semangat yang tinggi selama kegiatan belajar dengan ikut aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Cukup bersemangat selama kegiatan belajar dan cukup aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Kurang bersemangat selama kegiatan belajar dan kurang aktif dalam kegaiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Tidak bersemangat selama kegiatan belajar dan tidak aktif dalam kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian lingkungan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia

Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubric

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Daftar Pertanyaan

Semua pertanyaan tepat.

Sebagian besar pertanyaan tepat.

Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat.

Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat.

Kosa Kata Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyelesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi pertanyaan-pertanyaan yang baik dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu mengelompokkan pertanyaan berdasarkan ciri-ciri pertanyaan yang baik dengan benar.

PPKn

·       Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan dampak dari melaksanakan hak dan kewajiban secara bijak terhadap hewan dengan benar.

·       Setelah mengamati gambar, siswa mampu memberikan pendapat tentang kegiatan manusia terhadap hewan dengan terperinci.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mengidentifikasi dampak dari sikap tidak bijak terhadap hewan

·       Menyelesaikan masalah penaksiran pecahan

·       Mengelompokkan pertanyaan berdasarkan pertanyaan yang baik RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Penaksiran pecahan

·     Ciri-ciri pertanyaan yang baik

Mengomunikasikan hasil, menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  PPKn: Pendapat berdasarkan gambar

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Pendapat

Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 3 gambar dilengkapi alasan dengan benar

Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 2 gambar dilengkapi alasan dengan benar

Memberikan pendapat setuju atau tidak setuju dari 1 gambar dilengkapi alasan dengan benar

Belum mampu memberikan pendapat

Dampak bagi lingkungan

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 3 masalah dengan benar

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 2 masalah dengan benar

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi lingkungan dari 1 masalah dengan benar

Belum mampu menjelaskan dampak bagi lingkungan

Dampak bagi orang lain

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 3 masalah dengan benar

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 2 masalah dengan benar

Menjelaskan masing-masing 1 dampak bagi orang lain dari 1 masalah dengan benar

Belum mampu menjelaskan dampak orang lain

Pelanggaran hak

Memberikan alasan 3 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur

Memberikan alasan 2 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur

Memberikan alasan 1 kegiatan tersebut melanggar hak orang lain dengan benar, terperinci dan terstuktur

Belum mampu memberikan alasan

Saran

Memberikan 1 saran untuk 3 masalah yang diberikan dengan logis

Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikan dengan logis

Memberikan 1 saran untuk 2 masalah yang diberikan dengan logis

Belum mampu menuliskan saran

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia: Pertanyaan RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mengelompok kan

Mampu mengelompok- kan semua pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar.

Mampu mengelompok- kan sebagian besar pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar.

Mampu mengelompokk an sebagian pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar.

Mampu mengelompok- kan sebagian kecil pertanyaan ke pertanyaan baik dan kurang baik dengan benar.

Memperbaiki

Mampu menyempurnakan semua pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar.

Mampu menyempurnakan sebagian besar pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar.

Mampu menyempurnakan sebagian pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar.

Mampu menyempurna- kan sebagian kecil pertanyaan kedalam pertanyaan baik dengan benar.

Mengkomuni kasikan

Mengomunika sikan hasil pekerjaannya dengan runtut, terperinci dan logis.

Hanya memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Hanya memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Diskusi

Saat siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang baik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (tanggung jawab dan peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·       Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan benar.

·       Dengan mengamati gambar, membaca teks, dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan informasi tentang karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam di lingkungan sekitar mereka dengan terperinci.

SBdP

·       Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu menjelaskan cara mengapresiasi karya seni mozaik dengan baik.

·       Setelah mendengarkan penjelasan dari guru dan diberikan panduan pertanyaan, siswa mampu mengapresiasi hasil karya seni mozaik dengan rasa percaya diri yang tinggi.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menyelesaikan masalah sehari-hari terkait pecahan

·       Mengapresiasi hasil karya mozaik RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

·       Mencari informasi terkait karakteristik lingkungan

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

·     Disiplin

·     Peduli

·     Penaksiran pecahan

·     Mozaik

·     Karakteristik lingkungan dan sumber daya alam

·     Memecahkan masalah

·     Menempel

·     Mencari informasi

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  IPS

Diskusi dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun

sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

2. SBdP

Mengapresiasi karya mozaik dinilai dengan daftar periksa.

No

Indikator

Ya

Tidak

Catatan

1

Siswa menuliskan yang mereka ketahui tentang hasil karya mozaik temannya.

 

 

 

2

Siswa menuliskan bagaimana pendapatnya tentang hasil karya mozaik tersebut.

 

 

 

3

Siswa hal yang menarik dari karya mozaik tersebut beserta alasannya.

 

 

 

4

Siswa menuliskan saran agar karya seni tersebut tersebut lebih baik lagi.

 

 

 

 

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Tanggung Jawab, Peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 3 / Sub Tema 2   :   Peduli Terhadap Makhluk Hidup / Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menjelaskan cara menulis laporan hasil wawancara dengan baik.

·       Setelah membaca, mencermati langkah-langkah dan berlatih, siswa mampu menulis laporan hasil wawancara.

PPKn

·       Dengan membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban terhadap pelestarian hewan dengan benar.

·       Dengan melakukan refleksi, siswa mampu mengomunikasikan hak dan kewajiban dalam pelesatarian hewan dengan penuh percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melaporkan hasil wawancara

·       Bermain lompat katak

·       Mendiskusikan hak dan kewajiban

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

·     Disiplin

·     Peduli

·     Hak dan kewajiban

·     Gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor

·     Wawancara

·     Mengomunikasikan hasil

·     Gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor

·     Menulis laporan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  Bahasa Indonesia

Proses pembelajaran menulis laporan hasil wawancara dinilai dengan catatan anekdot.

 

2. PPKn

Diskusi dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun

sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang

berbicara selama proses diksusi berlangsung.

Catatan: penilaian (penskoran) dapat dilihat contohnya pada pembelajaran 1

 

3. Catatan anekdot untuk mencatat sikap (Disiplin, Peduli)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2

 

 

 

 

 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku"