RPP Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!
RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Mengidentifikasi gambar-gambar dari teks
visual yang diamati .
· Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati .
IPA
·
Mengidentifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya .
·
Menyajikan hasil identifikasi sumber daya
alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan .
IPS
·
Menjelaskan manfaat energi matahari dalam
kehidupan sehari-hari .
·
Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan .
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2
·
Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari
teks visual
·
Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber
daya alam secara bijak
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Perubahan bentuk energi matahari dan manfaatnya ·
Gagasan pokok dan pendukung ·
Sumber daya alam |
Menganalisis dan menyimpulkan, mengidentifikasi, mengomunikasikan
hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa
Indonesia
Teks visual RPP Kelas 4 Tema 2
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mengidentifikasi
gambar |
Mengidentifikasi
semua gambar dengan cermat. ü |
Mengidentifikasi
sebagian besar gambar dengan cermat. |
Mengidentifikasi
sebagian gambar dengan
cermat. |
Mengidentifikasi
sebagian kecil gambar dengan cermat. |
Gagasan pokok |
Terdapat
kesesuaian isi antara teks visual dan gagasan pokok yang dituliskan Gagasan
pokoh ditulis dengan didukung oleh fakta terperinci. |
Gagasan pokok
sesuai dengan isi teks visual meskipun
ditulis dengan kurang terperinci. ü |
Gagasan pokok
pokok cukup sesuai dan kurang terperinci. |
Gagasan pokok
kurang tepat. |
Kosakata Baku |
Menggunakan
kosakata baku dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan. ü |
Menggunakan
kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu
menggunakan kosakata baku dalam pertanyaan. |
Kalimat
Efektif |
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. ü |
Belum mampu
menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap:
Mandiri |
Tugas
diselesai kan dengan mandiri. |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. ü |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
15 |
x 10 = 7,5 |
20 |
2. IPA
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang üsesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Manfaat
energi matahari dalam kehidupan sehari hari. |
Menjelaskan
10 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari hari dengan tepat. ü |
Menjelaskan
59 manfaat energi matahari dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Menjelaskan
34 manfaat energi matahari dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Menjelaskan
12 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari hari dengan tepat. |
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari. |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari dengan tepat. √ |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari dengan cukup tepat. |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi matahari dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari
dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. ü |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
11 |
x 10 = 9,1 |
12 |
Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian halaman lain
3. IPS
a. Tugas
siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam:
pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Penyajian
hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan. |
Mampu
menyajikan hasil
identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan
sistematis. ü |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam
bentuk tulisan dengan cukup sistematis. |
Mampu menyajikan
hasil identifikasi sumber daya alam dan pe-manfaatannya dalam bentuk tulisan
dengan kurang sistematis. |
Belum mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam
bentuk tulisan dengan sistematis. |
Sikap Peduli |
Peduli terhadap
keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten |
Cukup peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. ü |
Kurang peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. |
Belum
menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam. |
Sikap Tanggung
Jawab |
Bertangung
jawab terhadap tugastugas secara konsisten. |
Cukup ber
tangung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. ü |
Kurang ber
tangung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. |
Belum
bertangung jawab terhadap tugastugas secara konsisten. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
10 |
x 10 = 7,5 |
12 |
b. Sikap
siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara). |
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. ü |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran). |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. ü |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan
topik. |
Jarang
berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
7 |
x 10 = 8,75 |
8 |
RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan
benar.
SBdP
·
Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu
mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam jagung” dengan
benar.
·
Setelah mendengarkan contoh, siswa mampu
menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada dengan
aba-aba ketukan dari guru dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menemukan pentingnya menghemat air bersih
·
Menyimpulkan cara melakukan penaksiran(+,-)
bilangan cacah
·
Menyanyi lagu “Menanam Jagung”
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Penaksiran bilangan cacah ·
Hak dan kewajiban ·
Tinggi rendah nada |
Olah suara, menggeneralisasi, mengkomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. SBdP
Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung dengan tinggi rendah nada RPP Kelas 4 Tema 2.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Melafalkan
notasi dengan benar. |
|
|
Menyanyikan
notasi sesuai dengan tinggi rendah nada. |
|
|
Menyanyikan
sesuai dengan tempo ketukan. |
|
|
2. PPKn
Perbedaan Hak dan Kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Arti |
Menjelaskan
arti hak dan kewajiban dengan benar. |
Hanya
menjelaskan salah satu (hak atau kewajiban) dengan benar. |
Menjelaskan
arti hak dan kewajiban dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menjelaskan arti hak dan kewajiban. |
contoh |
Memberikan
masingmasing 2 contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari hari dengan benar. |
Memberikan 2
contoh hak dalam kehidupan masyarakat dan 1 contoh kewajiban dalam kehidupan
masyarakat dengan benar. (atau sebaliknya). |
Memberikan
masingmasing 1 contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari hari dengan benar. |
Baru mampu
memberikan satu contoh hak untuk hak atau kewajiban dengan benar. |
Pentingnya
hak dan kewajiban |
Menjelaskan
pentingnya mendapatkan hak dengan
tepat. Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban dengan tepat. |
Menjelaskan
pentingnya mendapatkan hak dengan
tepat. Namun ketika menjelaskan pentingnya melaksanaka n kewajiban masih
belum tepat atau sebaliknya. |
Menjelaskan
pentingnya mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menjelaskan pentingnya mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban. |
RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.
·
Dengan membaca teks visual, siswa mampu
mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat.
IPA
·
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan permainan bola kecil sederhana
·
Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2
·
Menemukan gagasan pokok dan pendukungdari
teks visual
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Gerak dasar manipulatif ·
Perubahan bentuk energi angin ·
Gagasan pokok dan pendukung |
Lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan, menulis
cerita |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPA
Laporan Hasil Percobaan Kincir siswa
diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin. |
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin
dengan tepat. |
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin
dengan cukup tepat. |
Mampu menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan kurang
tepat. |
Belum mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin
dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin
Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Perubahan
bentuk energi angin |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi angin dengan tepat. |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi angin dengan kurang tepat. |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi angin dengan cukup tepat. |
Belum mampu
menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan tepat. |
2. Bahasa Indonesia
Kemampuan siswa dalam hal mengamati dan memahami isi teks tersebut akan
dicatat dalam bentuk anekdot.
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan
tepat.
·
Setelah mengamati teks visual, siswa
mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.
PPKn
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam
kehidupan masyarakat dengan percaya diri.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menemukan gagasan pokok dan pendukung
·
dari teks visual RPP Kelas 4 Tema 2
·
Mendiskusikan pentingnya menghemat listrik
·
Menyimpulkan cara melakukan penaksiran (x,:)
bilangan cacah
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Penaksiran (x,;) ·
Gagasan pokok dan pendukung ·
Hemat listrik |
Menggeneralisasi, mengkomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia.
Menuliskan gagasan pokok dari teks visual.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menuliskan
gagasan pokok dari teks visual dengan benar. |
|
|
Menjelaskan
alasan dengan benar. |
|
|
2. PPkn:
Menceritakan pengalaman diri menggunakan.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menceritakan
satu pengalaman menggunakan energi listrik. |
|
|
Menuliskan
hak yang didapat dari menggunakan listrik. |
|
|
Menilai
apakah sudah mendapatkan hak dengan baik. |
|
|
Menuliskan
kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan. |
|
|
Menilai
apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik. |
|
|
Menuliskan
rencana tindak lanjut. |
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi dengan percaya diri.
SBdP
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi
rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang
tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menyelesaikan masalah terkait bilangan cacah
·
Menyanyikan lagu Menanam
·
Jagung RPP Kelas 4 Tema 2
·
Mendiskusikan dan mempresentasikan sumber
daya alam
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
·
Disiplin ·
Tanggung jawab |
·
Penaksiran bilangan cacah ·
Tinggi rendah nada dan tempo ·
Sumber daya alam |
·
Menyelesaikan masalah ·
Olah suara ·
Mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi
memuat pembukaan, inti dan penutup ser ta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi
memuat pembukaan atau penutup dan inti ser ta dikomunikasikan secara runtut. |
Presentasi hanya
memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi
hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh
gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian
besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman. |
Sebagian
kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman. |
Gagasan pokok
dan gagasan pendukung tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung |
Seluruh fakta
tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi
masing masing disajikan dengan benar. |
Sebagian
besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing masing disajikan dengan benar. |
Sebagian kecil
fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing masing disajikan dengan benar. |
Fakta tentang
keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing
masing tidak benar. |
2. SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 1 : Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati gambar dan berdisikusi,
siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks visual dengan tepat.
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks visual dengan percaya diri.
PPKn
·
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
·
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mengomunikasikan pentingnya menjalankan hak
dan kewajiban
·
Menemukan gagasan pokok dari teks visual
·
Mempraktikkan gerakan lokomotor dan nonlokomotor
dalam permainan bola zig-zag
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan Tanggung Jawab |
·
Hak dan kewajiban ·
Gagasan pokok dan gagasan pendukung ·
Gerak dasar lokomotor dan non lokomotor |
·
Mengomunikasikan hasil ·
Gerak dasar lokomotor |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Gagasan Pokok |
Seluruh
gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian
besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian
kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh
gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Gagasan Pendukung |
Seluruh
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian besar
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Sebagian
kecil gagasan pen dukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
Seluruh
gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf. |
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"
Komentar