Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!

 

RPP Kelas 4 Tema 2

RPP Kelas 4 Tema 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati .

·       Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati .

IPA

·       Mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya .

·       Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan .

IPS

·       Menjelaskan manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari-hari .

·       Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan .

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2

·       Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks visual

·       Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam secara bijak

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Perubahan bentuk energi matahari dan manfaatnya

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Sumber daya alam

Menganalisis dan menyimpulkan, mengidentifikasi, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia

Teks visual RPP Kelas 4 Tema 2

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mengidentifikasi gambar

Mengidentifikasi semua gambar dengan cermat.

ü

Mengidentifikasi sebagian besar gambar dengan cermat.

Mengidentifikasi sebagian

gambar dengan cermat.

Mengidentifikasi sebagian kecil gambar dengan cermat.

Gagasan pokok

Terdapat kesesuaian isi antara teks visual dan gagasan pokok yang dituliskan Gagasan pokoh ditulis dengan didukung oleh fakta terperinci.

Gagasan pokok sesuai dengan isi teks visual

meskipun ditulis dengan kurang terperinci.

ü

Gagasan pokok pokok cukup sesuai dan kurang terperinci.

Gagasan pokok kurang tepat.

Kosakata Baku

Menggunakan kosakata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

ü

Menggunakan kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosakata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

ü

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesai­ kan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

15

x 10 = 7,5

20

 

 

2.   IPA RPP Kelas 4 Tema 2

Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang üsesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari­ hari.

Menjelaskan 10 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari­ hari dengan tepat.

ü

Menjelaskan 5­9 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Menjelaskan 3­4 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Menjelaskan 1­2 manfaat energi matahari dalam kehidupan sehari­ hari dengan tepat.

Laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi matahari.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi matahari dengan tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi matahari dengan cukup tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi matahari dengan kurang tepat.

Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dengan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

11

x 10 = 9,1

12

Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian halaman lain

 

3.   IPS

a.   Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Penyajian hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.

Mampu menyajikan

hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

ü

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan cukup sistematis.

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pe-manfaatannya dalam bentuk tulisan dengan kurang sistematis.

Belum mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Sikap Peduli

Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten

Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap Tanggung Jawab

Bertangung jawab terhadap tugas­tugas secara konsisten.

Cukup ber­ tangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

ü

Kurang ber­ tangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

Belum bertangung jawab terhadap tugas­tugas secara konsisten.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

10

x 10 = 7,5

12

 

b.   Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

ü

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran).

Isi pembicaraan menginspirasi teman.  Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

ü

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

7

x 10 = 8,75

8

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

SBdP

·       Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam jagung” dengan benar.

·       Setelah mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan dari guru dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menemukan pentingnya menghemat air bersih

·       Menyimpulkan cara melakukan penaksiran(+,-) bilangan cacah

·       Menyanyi lagu “Menanam Jagung”

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Penaksiran bilangan cacah

·     Hak dan kewajiban

·     Tinggi rendah nada

Olah suara, menggeneralisasi, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. SBdP

Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung dengan tinggi rendah nada RPP Kelas 4 Tema 2.

Kriteria

Ya

Tidak

Melafalkan notasi dengan benar.

 

 

Menyanyikan notasi sesuai dengan tinggi rendah nada.

 

 

Menyanyikan sesuai dengan tempo ketukan.

 

 

 

2. PPKn

Perbedaan Hak dan Kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Arti

Menjelaskan arti hak dan kewajiban dengan benar.

Hanya menjelaskan salah satu (hak atau kewajiban) dengan benar.

Menjelaskan arti hak dan kewajiban dengan kurang tepat.

Belum mampu menjelaskan arti hak dan kewajiban.

contoh

Memberikan masing­masing 2 contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari­ hari dengan benar.

Memberikan 2 contoh hak dalam kehidupan masyarakat dan 1 contoh kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar. (atau sebaliknya).

Memberikan masing­masing 1 contoh hak dan kewajiban dalam kehidupan sehari­ hari dengan benar.

Baru mampu memberikan satu contoh hak untuk hak atau kewajiban dengan benar.

Pentingnya hak dan kewajiban

Menjelaskan pentingnya mendapatkan  hak dengan tepat. Menjelaskan pentingnya melaksanakan kewajiban dengan tepat.

Menjelaskan pentingnya mendapatkan  hak dengan tepat. Namun ketika menjelaskan pentingnya melaksanaka n kewajiban masih belum tepat atau sebaliknya.

Menjelaskan pentingnya mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dengan kurang tepat.

Belum mampu menjelaskan pentingnya mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban.

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan sistematis.

·       Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi informasi yang ada dengan cermat.

IPA

·       Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan permainan bola kecil sederhana

·       Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2

·       Menemukan gagasan pokok dan pendukungdari teks visual

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Gerak dasar manipulatif

·     Perubahan bentuk energi angin

·     Gagasan pokok dan pendukung

Lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan, menulis cerita

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPA

Laporan Hasil Percobaan Kincir siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin.

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan cukup tepat.

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan kurang tepat.

Belum mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

Sikap Rasa Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Perubahan bentuk energi angin

Menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

Menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan kurang tepat.

Menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan cukup tepat.

Belum mampu menjelaskan perubahan bentuk energi angin dengan tepat.

 

2. Bahasa Indonesia

Kemampuan siswa dalam hal mengamati dan memahami isi teks tersebut akan dicatat dalam bentuk anekdot.

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan tepat.

·       Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan percaya diri.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menemukan gagasan pokok dan pendukung

·       dari teks visual RPP Kelas 4 Tema 2

·       Mendiskusikan pentingnya menghemat listrik

·       Menyimpulkan cara melakukan penaksiran (x,:) bilangan cacah

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Penaksiran (x,;)

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Hemat listrik

Menggeneralisasi, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  Bahasa Indonesia.

Menuliskan gagasan pokok dari teks visual.

Kriteria

Ya

Tidak

Menuliskan gagasan pokok dari teks visual dengan benar.

 

 

Menjelaskan alasan dengan benar.

 

 

 

2. PPkn:

Menceritakan pengalaman diri menggunakan.

Kriteria

Ya

Tidak

Menceritakan satu pengalaman menggunakan energi listrik.

 

 

Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan listrik.

 

 

Menilai apakah sudah mendapatkan hak dengan baik.

 

 

Menuliskan kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan.

 

 

Menilai apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik.

 

 

Menuliskan rencana tindak lanjut.

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

SBdP

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menyelesaikan masalah terkait bilangan cacah

·       Menyanyikan lagu Menanam

·       Jagung RPP Kelas 4 Tema 2

·       Mendiskusikan dan mempresentasikan sumber daya alam

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

·     Disiplin

·     Tanggung jawab

·     Penaksiran bilangan cacah

·     Tinggi rendah nada dan tempo

·     Sumber daya alam

·     Menyelesaikan masalah

·     Olah suara

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPS

Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Struktur Presentasi

Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup ser ta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti ser ta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

Fakta

Pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing tidak benar.

 

2. SBdP

Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 1   :   Selalu Berhemat Energi / Sumber Energi

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.

·       Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.

PPKn

·       Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

·       Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mengomunikasikan pentingnya menjalankan hak dan kewajiban

·       Menemukan gagasan pokok dari teks visual

·       Mempraktikkan gerakan lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan bola zig-zag

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan Tanggung Jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Gagasan pokok dan gagasan pendukung

·     Gerak dasar lokomotor dan non lokomotor

·     Mengomunikasikan hasil

·     Gerak dasar lokomotor

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  Bahasa Indonesia

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Gagasan

Pokok

Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Gagasan

Pendukung

Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap

paragraf.

Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil gagasan pen­ dukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

 

2. PPKn

Dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 RPP Kelas 4 Tema 2

 

 

 

 

 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Selalu Berhemat Energi Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"