Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Revisi Terbaru 2022!

RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2

 

RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas) dengan langkah yang benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.

IPA

·       Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.

·       Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

IPS

·       Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

·       Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

·       Membuat kipas

·       Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Berbagai perubahan bentuk energi

·     Teks petunjuk

·     Tanaman obat

Menganalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  Bahasa Indonesia

Tulisan Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Teks petunjuk tertulis dan visual.

Mampu menerjemahkan teks petunuk Visual membuat kipas hingga menjadi kipas dengan tepat.

ü

Mampu menerjemahkan teks petunuk

Visual membuat

kipas hingga menjadi kipas dengan cukup tepat.

Mampu menerjemahkan teks petunuk

Visual membuat

kincir hingga menjadi kipas dengan kurang tepat.

Belum mampu menerjemahkan teks petunuk

Visual membuat

kipas hingga menjadi kincir dengan tepat.

Penyajian

teks petunjuk

Laporan tertulis sangat  sesuai dengan  teks.

Laporan tertulis cukup sesuai dengan  teks.

ü

Laporan tertulis kurang sesuai dengan  teks.

Laporan tertulis belum sesuai dengan  teks.

tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

Petunjuk visual membuat kipas.

Petunjuk visual membuat kipas.

ü

Petunjuk visual membuat kipas.

Petunjuk visual membuat kipas.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

ü

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata

baku dalam pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

ü

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

19

x 10 = 7,9

24

 

IPA

Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

 

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Perubahan bentuk energi dan manfaatnya.

Menjelaskan perubahan semua bentuk energi dan manfaatnya dengan tepat.

Menjelaskan sebagian besar perubahan semua bentuk energi

dan manfaatnya dengan tepat.

ü

Menjelaskan sebagian kecil perubahan semua bentuk energi

dan manfaatnya dengan tepat.

Belum mampu menjelaskan perubahan

bentuk energi dan manfaatnya.

Laporan hasil pengamatan RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

Mampu menyajikan laporan hasil.

ü

Mampu menyajikan laporan hasil.

Mampu menyajikan laporan hasil.

Belum mampu menyajikan laporan hasil.

Tentang per­ ubahan bentuk energi

Pengamatan tentang per­ ubahan bentuk energi dengan tepat.

Pengamatan tentang per­ ubahan bentuk energi dengan cukup tepat.

ü

Pengamatan tentang per­ ubahan bentuk energi dengan kurang tepat.

Pengamatan tentang per­ ubahan bentuk angin dengan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan

ide dan per­

tanyaan.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

12

x 10 = 7,5

16

 

3. IPS

a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Sumber daya alam dan pemanfaatannya.

Menyebutkan 10  sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

Menyebutkan 7­9 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

ü

Menyebutkan 3­6 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

Menyebutkan 1­2 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat.

Penyajian hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaata nnya dalam.

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

ü

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

Mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

Belum mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya.

Bentuk tulisan

Ya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Ya dalam bentuk tulisan dengan cukup sistematis.

Ya dalam bentuk tulisan dengan kurang sistematis.

ü

Pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Sikap Peduli

Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten.

Cukup  peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap Tanggung Jawab

Bertangung jawab terhadap tugas­tugas secara konsisten.

Cukup ber­ tangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

ü

Kurang ber­ tangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

Belum bertangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

15

x 10 = 7,5

20

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 
RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan benar.

SBdP

·       Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.

·       Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan dengan percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mendiskusikan pentingnya menghemat kertas.

·       Bereksplorasi menemukan konsep pecahan senilai.

·       Menyanyi lagi “Menanam Jagung”.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Sudut

·     Kerjasama

·     Tempo

Olah suara, menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPKn:

Cerita pengalaman menggunakan kertas RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .

Kriteria

Ya

Tidak

Menceritakan satu pengalaman menggunakan energi kertas.

 

 

Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan kertas.

 

 

Menilai apakah sudah mendapatkan hak dengan baik.

 

 

Menuliskan kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan.

 

 

Menilai apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik.

 

 

Menuliskan rencana tindak lanjut.

 

 

 

2. SBdP

Menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.

Kriteria

Ya

Tidak

Menyanyikan lagu sesuai tinggi renda nada.

 

 

Menyanyikan lagu sesuai tempo.

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.

IPA

·       Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

·       Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan permainan bola kecil sederhana.

·       Melakukan pengamatan perubahan bentuk energi listrik.

·       Membuat teks petunjuk cara aman menggunakan listrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Gerak dasar manipulatif

·     Berbagai perubahan bentuk energi

·     Teks petunjuk

Lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan, menulis.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPA

Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Manfaat perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari­ hari

Mengidentifikasi 5 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari­ hari dengan tepat.

Mengidentifikasi 3­4  manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Menngidentifika si 2  manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Mengidentifikasi 1  manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Laporan hasil pengamatan tentang perubahan

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan

Mampu menyajikan laporan hasil pengamatan

Belum mampu menyajikan laporan hasil pengamatan

bentuk energi

Tentang perubahan bentuk energi dengan tepat

Tentang perubahan bentuk energi dengan cukup tepat

Tentang perubahan bentuk energi dengan kurang tepat

Tentang perubahan bentuk energi dengan tepat

Sikap Rasa Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. Bahasa Indonesia

Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Teks petunjuk tertulis dan visual.

Mampu menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat

Mampu menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan cukup tepat

Mampu menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan kurang tepat

Belum mampu menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat

Penyajian teks petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

Teks petunjuk tertulis sesuai dengan teks visual, berurutan dan sistematis

Teks petunjuk tertulis sesuai dengan teks visual,  cukup berurutan dan cukup sistematis

Teks petunjuk tertulis cukup sesuai dengan teks visual, namun kurang berurutan dan kurang sistematis

Teks petunjuk tertulis tidak sesuai dengan teks visual.

Kosa Kata Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.

Kalimat Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati poster, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mendiskusikan pentingnya hemat energi.

·       Membuat poster hemat energi.

·       Bereksplorasi menemukan konsep perbandingan pecahan.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hemat energi

·     Poster

·     Membandingkan pecahan

Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPkn dan Bahasa Indonesia: Poster hemat energi

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Topik Jelas

Memilih satu topik yang fokus tentang hemat energi.

Topik yang dipilih kurang fokus.

 

Belum mampu memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh.

Teks petunjuk

Terdapat teks petunjuk untuk hemat energi dengan

1. Langkah­lang-kah jelas

2. Runtut

3. Bisa diaplikasikan

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang diberikan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang diberikan.

Belum memenuhi kriteria yang diberikan.

Hak dan kewajiban

Semua contoh­ contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagaian besar contoh­ contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikas ikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian contoh­contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasik an pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian kecil contoh­contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Penyajian

Penyajian poster menarik dan mudah dipahami.

Penyajian poster mudah dipahami namun kurang menarik.

Penyajian poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami.

Penyajian poster tidak menarik dan sulit dipahami.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. Diskusi

Diskusi saat membahas hak dan kewajiban

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman.  Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan benar.

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

SBdP

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menyelesaikan masalah terkait pecahan.

·       Menyanyikan lagu Menanam Jagung.

·       Mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Bilangan pecahan

·     Tinggi rendah nada dan tempo

·     Sumber daya alam

·     Menyelesaikan masalah

·     Olah suara

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPS

Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Struktur

Presentasi

Presentasi memuat pem­ bukaan, inti dan penutup serta dikomunikasi kan secara runtut.

Presentasi memuat pem­ bukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasi kan secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan pokok dan gagasan pendukun g tidak sesuai tema.

Fakta

Pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing­ masing tidak benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. SBdP

Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 2   :   Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

·       Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

PPKn

·       Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

·       Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual.

·       Mempraktikkan gerakan lokomotor dan nonlokomotor dalam permainan bola besar.

·       Mendiskusikan hak dan kewajiban.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan Tanggung Jawab

·     Gerakan lokomotor dan nonlokomotor

·     Gagasan pokok dan gagasan pendukung

·     Hak dan kewajiban

·     Memecahkan masalah

·     Mengomunikasikan hasil

·     Lokomotor dan nonlokomotor

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. Bahasa Indonesia

Poster dinilai dengan daftar periksa.

Kriteria

Ya

Tidak

Seluruh gambar sesuai tema

 

 

Poster tertata   dengan  baik  dan serasi

 

 

Menggunakan bahasa ajakan

 

 

Menggunakan bahasa yang singkat dan benar

 

 

Bahasa mudah dimengerti

 

 

Menyeru hemat energi

 

 

 

2. PPKn

Dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Revisi Terbaru 2022!"