RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Revisi Terbaru 2022!
RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati gambar dan membaca teks
petunjuk tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas)
dengan langkah yang benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
IPA
·
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
·
Dengan diskusi dan pemecahan masalah,
siswa mampu menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
IPS
·
Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
·
Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
·
Membuat kipas
·
Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber
daya alam dengan bijak.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Berbagai perubahan bentuk energi ·
Teks petunjuk ·
Tanaman obat |
Menganalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Tulisan Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Teks petunjuk
tertulis dan visual. |
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual membuat kipas hingga menjadi kipas dengan
tepat. ü |
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual
membuat kipas hingga
menjadi kipas dengan cukup tepat. |
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual
membuat kincir hingga
menjadi kipas dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual
membuat kipas hingga
menjadi kincir dengan tepat. |
Penyajian teks petunjuk |
Laporan
tertulis sangat sesuai dengan teks. |
Laporan
tertulis cukup sesuai dengan teks. ü |
Laporan
tertulis kurang sesuai dengan teks. |
Laporan
tertulis belum sesuai dengan teks. |
tertulis ke
dalam bentuk visual dan sebaliknya. |
Petunjuk
visual membuat kipas. |
Petunjuk
visual membuat kipas. ü |
Petunjuk
visual membuat kipas. |
Petunjuk
visual membuat kipas. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan
kosa kata baku dalam semua pertanyaan. ü |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu
menggunakan kosa kata baku dalam
pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. ü |
Belum mampu
menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap:
Mandiri |
Tugas
diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. ü |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
19 |
x 10 = 7,9 |
24 |
IPA
Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Perubahan
bentuk energi dan manfaatnya. |
Menjelaskan
perubahan semua bentuk energi dan manfaatnya dengan tepat. |
Menjelaskan
sebagian besar perubahan semua bentuk energi dan
manfaatnya dengan tepat. ü |
Menjelaskan
sebagian kecil perubahan semua bentuk energi dan
manfaatnya dengan tepat. |
Belum mampu
menjelaskan perubahan bentuk energi
dan manfaatnya. |
Laporan hasil
pengamatan RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 |
Mampu
menyajikan laporan hasil. ü |
Mampu
menyajikan laporan hasil. |
Mampu
menyajikan laporan hasil. |
Belum mampu
menyajikan laporan hasil. |
Tentang per
ubahan bentuk energi |
Pengamatan
tentang per ubahan bentuk energi dengan tepat. |
Pengamatan
tentang per ubahan bentuk energi dengan cukup tepat. ü |
Pengamatan
tentang per ubahan bentuk energi dengan kurang tepat. |
Pengamatan
tentang per ubahan bentuk angin dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. ü |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan per tanyaan. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
12 |
x 10 = 7,5 |
16 |
3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik
bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Sumber daya alam
dan pemanfaatannya. |
Menyebutkan 10 sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya
dengan tepat. |
Menyebutkan 79
sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat. ü |
Menyebutkan 36
sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat. |
Menyebutkan 12
sumber daya alam Indonesia di pasar dan pemanfaatannya dengan tepat. |
Penyajian
hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaata nnya dalam. |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. ü |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. |
Belum mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya. |
Bentuk
tulisan |
Ya dalam
bentuk tulisan dengan sistematis. |
Ya dalam
bentuk tulisan dengan cukup sistematis. |
Ya dalam
bentuk tulisan dengan kurang sistematis. ü |
Pemanfaatannya
dalam bentuk tulisan dengan sistematis. |
Sikap Peduli |
Peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten. |
Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam
Indonesia. ü |
Kurang peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. |
Belum
menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam. |
Sikap
Tanggung Jawab |
Bertangung
jawab terhadap tugastugas secara konsisten. |
Cukup ber
tangung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. ü |
Kurang ber
tangung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. |
Belum bertangung
jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
15 |
x 10 = 7,5 |
20 |
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menunjukkan contoh melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
SBdP
·
Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan
syair lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.
·
Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan
lagu “Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk
tangan dengan percaya diri.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mendiskusikan pentingnya menghemat kertas.
·
Bereksplorasi menemukan konsep pecahan senilai.
·
Menyanyi lagi “Menanam Jagung”.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Sudut ·
Kerjasama ·
Tempo |
Olah suara, menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPKn:
Cerita pengalaman menggunakan kertas RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menceritakan
satu pengalaman menggunakan energi kertas. |
|
|
Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan kertas. |
|
|
Menilai
apakah sudah mendapatkan hak dengan baik. |
|
|
Menuliskan
kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan. |
|
|
Menilai
apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik. |
|
|
Menuliskan
rencana tindak lanjut. |
|
|
2. SBdP
Menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Menyanyikan
lagu sesuai tinggi renda nada. |
|
|
Menyanyikan
lagu sesuai tempo. |
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan
sistematis.
IPA
·
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
dengan tepat.
·
Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan
laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan permainan bola kecil sederhana.
·
Melakukan pengamatan perubahan bentuk energi
listrik.
·
Membuat teks petunjuk cara aman menggunakan
listrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Gerak dasar manipulatif ·
Berbagai perubahan bentuk energi ·
Teks petunjuk |
Lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan, menulis. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPA
Tulisan hasil analisis siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Manfaat
perubahan bentuk energy dalam kehidupan sehari hari |
Mengidentifikasi
5 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari hari dengan tepat. |
Mengidentifikasi
34 manfaat perubahan bentuk energi
dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Menngidentifika
si 2 manfaat perubahan bentuk energi
dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Mengidentifikasi
1 manfaat perubahan bentuk energi
dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan |
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan |
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan |
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan |
Belum mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan |
bentuk energi |
Tentang perubahan
bentuk energi dengan tepat |
Tentang perubahan
bentuk energi dengan cukup tepat |
Tentang perubahan
bentuk energi dengan kurang tepat |
Tentang perubahan
bentuk energi dengan tepat |
Sikap Rasa Ingin
Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk siswa dinilai menggunakan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Teks petunjuk
tertulis dan visual. |
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke
dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat |
Mampu menerjemahkan
teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke dalam bentuk
teks petunjuk tertulis dengan cukup tepat |
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke
dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan kurang tepat |
Belum mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik ke
dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat |
Penyajian teks
petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya. |
Teks petunjuk
tertulis sesuai dengan teks visual, berurutan dan sistematis |
Teks petunjuk
tertulis sesuai dengan teks visual,
cukup berurutan dan cukup sistematis |
Teks petunjuk
tertulis cukup sesuai dengan teks visual, namun kurang berurutan dan kurang
sistematis |
Teks petunjuk
tertulis tidak sesuai dengan teks visual. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan
kosa kata baku dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu
menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu
menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap:
Mandiri |
Tugas
diselesaikan dengan mandiri . |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati poster, siswa mampu
membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
PPKn
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan poster yang menunjukkan pelaksanaan hak dan kewajiban secara
seimbang terhadap penggunaan energi dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mendiskusikan pentingnya hemat energi.
·
Membuat poster hemat energi.
·
Bereksplorasi menemukan konsep perbandingan
pecahan.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Hemat energi ·
Poster ·
Membandingkan pecahan |
Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPkn dan Bahasa Indonesia: Poster hemat energi
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Topik Jelas |
Memilih satu
topik yang fokus tentang hemat energi. |
Topik yang
dipilih kurang fokus. |
|
Belum mampu
memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh. |
Teks petunjuk |
Terdapat teks
petunjuk untuk hemat energi dengan 1. Langkahlang-kah
jelas 2. Runtut 3. Bisa diaplikasikan |
Memenuhi 2
dari 3 kriteria
yang diberikan. |
Memenuhi 1
dari 3 kriteria
yang diberikan. |
Belum
memenuhi kriteria yang diberikan. |
Hak dan
kewajiban |
Semua contoh
contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan
pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagaian
besar contoh contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi
mengaplikas ikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian
contohcontoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasik
an pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian
kecil contohcontoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi
mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Penyajian |
Penyajian
poster menarik dan mudah dipahami. |
Penyajian
poster mudah dipahami namun kurang menarik. |
Penyajian
poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami. |
Penyajian
poster tidak menarik dan sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. Diskusi
Diskusi
saat membahas hak dan kewajiban
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin
lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi dengan benar.
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi dengan percaya diri.
SBdP
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu
Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menyelesaikan masalah terkait pecahan.
·
Menyanyikan lagu Menanam Jagung.
·
Mendiskusikan pemanfaatan sumber daya alam.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Bilangan pecahan ·
Tinggi rendah nada dan tempo ·
Sumber daya alam |
·
Menyelesaikan masalah ·
Olah suara ·
Mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Struktur Presentasi |
Presentasi
memuat pem bukaan, inti dan penutup serta dikomunikasi kan secara runtut. |
Presentasi
memuat pem bukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasi kan secara
runtut. |
Presentasi
hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut. |
Presentasi
hanya memiliki pembuka atau penutup saja. |
Tema |
Seluruh
gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian
besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Sebagian
kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema. |
Gagasan pokok
dan gagasan pendukun g tidak sesuai tema. |
Fakta Pendukung |
Seluruh fakta
tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi
masing masing disajikan dengan benar. |
Sebagian
besar fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing masing disajikan dengan benar. |
Sebagian
kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan
provinsi masing masing disajikan dengan benar. |
Fakta tentang
keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing
masing tidak benar. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 .
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 2 : Selalu Berhemat Energi / Manfaat Energi
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks visual.
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa
mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks
visual.
PPKn
·
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
·
Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa
mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
dari teks visual.
·
Mempraktikkan gerakan lokomotor dan nonlokomotor
dalam permainan bola besar.
·
Mendiskusikan hak dan kewajiban.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan Tanggung Jawab |
·
Gerakan lokomotor dan nonlokomotor ·
Gagasan pokok dan gagasan pendukung ·
Hak dan kewajiban |
·
Memecahkan masalah ·
Mengomunikasikan hasil ·
Lokomotor dan nonlokomotor |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Poster dinilai dengan daftar periksa.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Seluruh
gambar sesuai tema |
|
|
Poster
tertata dengan baik
dan serasi |
|
|
Menggunakan
bahasa ajakan |
|
|
Menggunakan
bahasa yang singkat dan benar |
|
|
Bahasa mudah
dimengerti |
|
|
Menyeru hemat
energi |
|
|
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Manfaat Energi Revisi Terbaru 2022!"
Komentar