Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 Selalu Berhemat Energi, Energi Alternatif!

 

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan layang-layang dengan tepat.

·       Dengan mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu membuat layang-layang dengan tepat.

IPA

·       Dengan mengolah informasi, siswa mampu mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya dengan tepat.

·       Dengan mengolah informasi, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

IPS

·       Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.

·       Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Membuat layang-layang

·       Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

·       Melakukan identifikasi sumber energi alternatif.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Teks petunjuk

·     Perubahan bentuk energi

·     Sumber energi alternatif

Membaca, mengnalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. Bahasa Indonesia

Ketepatan layang-layang buatan siswa berdasarkan teks petunjuk tertulis dinilai menggunakan rubrik

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Teks petunjuk

tertulis dan visual.

Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang­layang hingga menjadi layang­layang dengan tepat.

ü

Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang­layang hingga menjadi layang­layang dengan cukup tepat.

Mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang­layang hingga menjadi layang­layang dengan kurang tepat.

Belum mampu menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layang­layang hingga menjadi layang­layang dengan tepat.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam tulisan.

ü

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar tulisan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil tulisan.

Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam tulisan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua bagian tulisan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar tulisan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil tulisan.

ü

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan.

Penilaian (Penskoran): Total Nilai Siswa Total Nilai Maksimal x 10

Contoh: 13 16 x 10 = 8,1

 

2. IPA

Peta pikiran tentang energi alternatif siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Manfaat energy alternative dalam kehidupan sehari­ hari.

Menjelaskan

4 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Menjelaskan

3 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

ü

Menjelaskan

2 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Menjelaskan

1 jenis energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan sehari­hari dengan tepat.

Laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk

peta pikiran dengan tepat.

ü

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk

peta pikiran dengan cukup tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk

peta pikiran dengan kurang tepat.

Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang

perubahan bentuk energi alternatif dalam bentuk

peta pikiran dengan tepat.

Sikap Rasa

Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

ü

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

9

x 10 = 7,5

12

 

3. IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.

Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Sumber daya alam dan pemanfaatan nya

Menyebutkan

4  manfaat tangan jarak dengan tepat.

Menyebutkan 3 manfaat tangan jarak dengan tepat.

ü

Menyebutkan 2 manfaat tangan jarak dengan tepat.

Menyebutkan 1 manfaat tangan jarak dengan tepat.

Penyajian

hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatan nya dalam bentuk tulisan.

Mampu menyajikan

hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan cukup sistematis.

Mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan kurang sistematis.

ü

Belum mampu menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan sistematis.

Sikap

Peduli

Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten.

Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

ü

Kurang peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia.

Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam.

Sikap Tanggung Jawab

Bertangung jawab terhadap tugas­tugas secara konsisten.

ü

Cukup ber­ tangung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

Kurang bertang­ gung jawab terhadap tugas­ tugas secara konsisten.

Belum bertangung jawab terhadap tugas­tugas secara konsisten.

 

Penilaian (Skoring):

Total Nilai Siswa

x 10

Total Nilai Maksimal

 

Contoh :

12

x 10 = 7,5

16

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·       Setelah membaca teks cerita, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.

·       Setelah mengamati lingkungannnya, siswa mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar.

SBdP

·       Setelah bereskplorasi, siswa mampu mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Mengamati kegiatan hemat energi masyarakat sekitar.

·       Memodelkan pecahan campuran dengan benda kongkrit.

·       Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Pecahan campuran

·     Tinggi rendah nada dan tempo

Memodelkan, mengamati mengkomunikasikan hasil.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPKn: Analisis pelaksanaan hak dan kewajiban warga sekitar.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Fakta RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Menuliskan 10 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Yang lainnya

Pengelompokkan

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan semua tindakan

ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan

benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian besar tindakan ke

dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan

benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke

dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Kesimpulan

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang

ditemukan namun kurang tepat.

Menuliskan kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data.

Masih belum mampu menuliskan kesimpulan.

Dampak

Menuliskan 3 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 2 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 1 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Belum mampu menuliskan dampak

dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Saran

Menuliskan 3 saran dengan sesuai.

Menuliskan 2 saran dengan sesuai.

Menuliskan 1 saran dengan sesuai.

Belum mampu menuliskan saran dengan sesuai.

Kesimpulan

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang

ditemukan namun kurang tepat.

Menuliskan kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data.

Masih belum mampu menuliskan kesimpulan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1 RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.

 

2. SBdP: Menyanyikan lagu

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Sikap badan

Saat bernyanyi memperlihat

kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak

ditekuk dan wajah tegak. Percaya diri sudah terlihat.

Saat bernyanyi memperlihat

kan sikap badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak

ditekuk dan wajah tegak.

Satu sikap badan saat bernyanyi tidak diperlihatkan.

Dua sikap badan saat bernyanyi belum diperlihatkan.

Pernafasan

Saat mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan udara, saat

mengambil nafas, tulang rusuk bagian bawah

mengembang.

Menunjukkan

3 kegiatan dari

keseluruhan

kegiatan.

Menunjukkan

2 kegiatan dari keseluruhan kegiatan.

Menunjukkan

1 kegiatan dari keseluruhan kegiatan.

Atikulasi

Pengucapan jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang diucapkan.

Pengucapan jelas namun ada  sedikit kata yang diucapkan tidak jelas.

Pengucapan jelas namun banyak kata yang diucapkan salah.

Pengucapan tidak jelas, banyak kata yang diucapkan salah.

Nada

Satu lagu utuh dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.

Sebagian  besar lagu dinyanyikan dengantinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.

Sebagian lagu dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai.

Sebagian kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo.

Penjiwaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Sebagian besar ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Sebagian kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu.

Ekspresi tidak sesuai dengan makna lagu.

Catatan: Penilaian (spenskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1 RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.

 

3. Diskusi

Diskusi saat membahas hak dan kewajiban.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu men- dengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk men- dengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjuk- kan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman.  Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.

·       Dengan percobaan menggunakan kentang, siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.

IPA

·       Dengan melakukan percobaan, siswa mampu menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik sederhana menggunakan kentang dengan tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan permainan bola sederhana

·       Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

·       Membuat teks petunjuk

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Gerak dasar lokomotor dan manipulatif

·     Teks petunjuk visual

·     Perubahan bentuk energi

Jalan, lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan, menulis.

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPA

Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Perubahan

bentuk energi dan manfaatnya

Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang  dan manfaatnya dengan tepat.

Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang  dan manfaatnya dengan cukup tepat.

Menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang  dan manfaatnya dengan kurang tepat.

Belum menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat.

Laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang cukup dengan tepat.

Mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan krang tepat.

Belum mampu menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk   energi pada percobaan kentang dengan tepat.

Sikap Rasa Ingin Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. Bahasa Indonesia

Membuat teks petunjuk berdasarkan kegiatan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Penyajian

teks petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.

Laporan tertulis sangat  sesuai dengan  teks petunjuk visual membuat per­ cobaan kentang.

Laporan tertulis cukup sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan kentang

Laporan tertulis yang sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan.

Laporan tertulis belum sesuai dengan  teks petunjuk visual membuat percobaan kentang.

Kosa Kata

Baku

Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kosa kata

baku dalam pertanyaan.

Kalimat

Efektif

Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.

Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.

Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 
RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati, siswa mampu menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan teliti.

·       Setelah menganalisis, siswa mampu mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban masyarakat di sekitarnya dengan benar.

PPKn

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.

·       Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menjelaskan hubungan desimal dan pecahan.

·       Membuat poster hemat energi RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Bilangan desimal

·     Teks petunjuk

·     Hak dan kewajiban

Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPKn:

Presentasi hasil pengamatan

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Fakta

Menuliskan 10 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Menuliskan minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar.

Yang lainnya

Pengelompokkan

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan semua

tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian besar tindakan ke

dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan

benar.

Dari fakta yang ditemukan, siswa mampu

mengelompokkan sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik

dan belum baik dengan benar.

Kesimpulan

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat.

Siswa mampu menuliskan kesimpulan dari data yang

ditemukan namun kurang tepat.

Menuliskan kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data.

Masih belum mampu menuliskan kesimpulan.

Dampak

Menuliskan 3 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 2 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Menuliskan 1 dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Belum mampu menuliskan dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar.

Saran

Menuliskan 3 saran dengan sesuai.

Menuliskan 2 saran dengan sesuai.

Menuliskan 1 saran dengan sesuai.

Belum mampu menuliskan saran dengan sesuai.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1

 

2. Bahasa Indonesia RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Membuat teks petunjuk hemat energi.

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Topik Jelas

Memilih satu topik yang fokus

tentang hemat energi.

Topik yang dipilih kurang fokus

 

Belum mampu memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh.

Teks petunjuk

Terdapat teks petunjuk untuk hemat energi dengan:

1.  Langkah­lang-kah jelas

2. Runtut

3. Bisa diaplikasikan

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diberikan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diberikan.

Belum memenuhi kriteria yang diberikan.

Hak dan kewajiban

Semua contoh­ contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagaian besar contoh­contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian contoh­ contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Sebagian kecil contoh­contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang.

Penyajian

Penyajian poster menarik dan mudah dipahami.

Penyajian poster mudah dipahami namun kurang menarik.

Penyajian poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami.

Penyajian poster tidak menarik dan sulit dipahami.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

Penilaian sikap : tanggungjawab dan peduli.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

·       Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.

SBdP

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.

·       Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Menyelesaikan masalah sehari- hari terkait desimal.

·       Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia

·       Mencari informasi dan mengomunikasikan pemanfaatan sumber daya alam wilayah setempat.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung jawab

·     Bilangan Desimal

·     Tinggi rendah nada dan tempo

·     Pemanfaatan sumber daya alam

·     Menyelesaikan masalah

·     Olah suara

·     Mencari informasi

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. IPS

Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

Diskusi dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik

Kriteria

Sangat Baik

(skor 4)

Baik

(skor 3)

Cukup

(skor 2)

Perlu Pendampingan (skor 1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengark

an teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahk an

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhk an bantuan dalam memahami bentuk komunikasi

non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaika n ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman.  Selalu mendukung

dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama

proses diksusi berlangsung.

Catatan: Penilaian (skoring) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.

 

2. SBdP

Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 2 / Sub Tema 3   :   Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·       Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.

·       Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan benar.

PPKn

·       Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

·       Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·       Melakukan kampanye cinta lingkungan

·       Bermain bola zig-zag

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Disiplin dan tanggung Jawab

·     Hak dan kewajiban

·     Gerakan lokomor dan nonlokomotot

·     Gagasan pokok dan gagasan pendukung

·     Gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor

·     Mencari informasi

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. Bahasa Indonesia

Poster dinilai dengan daftar periksa.

Kriteria

Ya

Tidak

Seluruh gambar sesuai tema.

 

 

Poster  tertata   dengan  baik  dan serasi.

 

 

Menggunakan bahasa ajakan.

 

 

Menggunakan   bahasa   yang singkat dan benar.

 

 

Bahasa mudah dimengerti.

 

 

Menyeru hemat energi.

 

 

 

2. PPKn

Dinilai dengan catatan anekdot

 

3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan tanggung jawab)

No

Sikap

Belum terlihat

Mulai terlihat

Mulai berkembang

Membu-daya

Ket.

1

Disiplin

 

 

 

 

 

2

Teliti

 

 

 

 

 

3

Tanggungjawab

 

 

 

 

 

dst

 RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3

 

 

 

 

 

 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 Selalu Berhemat Energi, Energi Alternatif!"