RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 Selalu Berhemat Energi, Energi Alternatif!
RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI .........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 1
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Dengan mengamati gambar dan membaca teks
petunjuk tertulis, siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan
layang-layang dengan tepat.
·
Dengan mengamati gambar dan membaca teks
petunjuk tertulis, siswa mampu membuat layang-layang dengan tepat.
IPA
·
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
mengidentifikasi tanaman jarak sebagai sumber daya alam alternatif dan
pemanfaatannya dengan tepat.
·
Dengan mengolah informasi, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi tanaman jarak sebagi sumber daya alam alternatif
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan dengan sistematis.
IPS
·
Dengan pengamatan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat.
·
Setelah pengamatan, siswa mampu
menyajikan laporan dalam bentuk peta pikiran hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari dengan sistematis.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Membuat layang-layang
·
Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
·
Melakukan identifikasi sumber energi alternatif.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Teks petunjuk ·
Perubahan bentuk energi ·
Sumber energi alternatif |
Membaca, mengnalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan
hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Ketepatan layang-layang buatan siswa berdasarkan teks petunjuk tertulis
dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Teks petunjuk tertulis dan
visual. |
Mampu
menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layanglayang hingga menjadi
layanglayang dengan tepat. ü |
Mampu
menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layanglayang hingga menjadi
layanglayang dengan cukup tepat. |
Mampu
menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layanglayang hingga menjadi layanglayang
dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menterjemahkan teks petunuk Visual membuat layanglayang hingga menjadi
layanglayang dengan tepat. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan
kosa kata baku dalam tulisan. ü |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian besar tulisan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian kecil tulisan. |
Belum mampu
menggunakan kosa kata baku dalam tulisan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua bagian tulisan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar tulisan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil tulisan. ü |
Belum mampu
menggunakan kalimat efektif dalam semua tulisan. |
Penilaian (Penskoran): Total Nilai Siswa Total Nilai Maksimal x 10
Contoh: 13 16 x 10 = 8,1
2. IPA
Peta pikiran tentang energi alternatif siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Manfaat
energy alternative dalam kehidupan sehari hari. |
Menjelaskan 4 jenis energi
alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Menjelaskan 3 jenis
energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari dengan tepat. ü |
Menjelaskan 2 jenis
energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Menjelaskan 1 jenis
energi alkternatif dan manfaatnya dalam kehidupan seharihari dengan tepat. |
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan
bentuk energi RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran
dengan tepat. ü |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran
dengan cukup tepat. |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran
dengan kurang tepat. |
Belum mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan
bentuk energi alternatif dalam bentuk peta pikiran
dengan tepat. |
Sikap Rasa Ingin Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. ü |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
9 |
x 10 = 7,5 |
12 |
3. IPS
Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik
bentang alam: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan
rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Sumber daya
alam dan pemanfaatan nya |
Menyebutkan 4 manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Menyebutkan 3
manfaat tangan jarak dengan tepat. ü |
Menyebutkan 2
manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Menyebutkan 1
manfaat tangan jarak dengan tepat. |
Penyajian hasil
identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatan nya dalam bentuk tulisan. |
Mampu
menyajikan hasil
identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan dengan sistematis. |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan
dengan cukup sistematis. |
Mampu
menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan
dengan kurang sistematis. ü |
Belum mampu
menyajikan hasil identifikasi tentang tanaman jarak dalam bentuk tulisan
dengan sistematis. |
Sikap Peduli |
Peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten. |
Cukup peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. ü |
Kurang peduli
terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. |
Belum
menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam. |
Sikap
Tanggung Jawab |
Bertangung
jawab terhadap tugastugas secara konsisten. ü |
Cukup ber
tangung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. |
Kurang
bertang gung jawab terhadap tugas tugas secara konsisten. |
Belum
bertangung jawab terhadap tugastugas secara konsisten. |
Penilaian (Skoring): |
Total Nilai Siswa |
x 10 |
Total Nilai Maksimal |
Contoh : |
12 |
x 10 = 7,5 |
16 |
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 2
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
PPKn
·
Setelah membaca teks cerita, siswa mampu
menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban dengan benar.
·
Setelah mengamati lingkungannnya, siswa
mampu mempresentasikan pelaksanaan hak dan kewajiban dari masyarakat di
lingkungannya dengan benar.
SBdP
·
Setelah bereskplorasi, siswa mampu
mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Mengamati kegiatan hemat energi masyarakat
sekitar.
·
Memodelkan pecahan campuran dengan benda
kongkrit.
·
Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Hak dan kewajiban ·
Pecahan campuran ·
Tinggi rendah nada dan tempo |
Memodelkan, mengamati mengkomunikasikan hasil. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPKn: Analisis pelaksanaan hak dan kewajiban warga
sekitar.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Fakta RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 |
Menuliskan 10
fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Menuliskan
minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Menuliskan
minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Yang lainnya |
Pengelompokkan |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
semua tindakan ke dalam hal
yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian besar tindakan ke dalam hal
yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian kecil tindakan ke dalam hal
yang baik dan belum baik dengan benar. |
Kesimpulan |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat. |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan
namun kurang tepat. |
Menuliskan
kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data. |
Masih belum
mampu menuliskan kesimpulan. |
Dampak |
Menuliskan 3
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 2
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 1
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Belum mampu
menuliskan dampak dari
kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Saran |
Menuliskan 3
saran dengan sesuai. |
Menuliskan 2
saran dengan sesuai. |
Menuliskan 1
saran dengan sesuai. |
Belum mampu
menuliskan saran dengan sesuai. |
Kesimpulan |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat. |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan
namun kurang tepat. |
Menuliskan
kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data. |
Masih belum
mampu menuliskan kesimpulan. |
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1 RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.
2. SBdP: Menyanyikan lagu
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Sikap badan |
Saat
bernyanyi memperlihat kan sikap
badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan
wajah tegak. Percaya diri sudah terlihat. |
Saat
bernyanyi memperlihat kan sikap
badan berikut: bahu tegak namun rileks, kaki tidak ditekuk dan
wajah tegak. |
Satu sikap
badan saat bernyanyi tidak diperlihatkan. |
Dua sikap
badan saat bernyanyi belum diperlihatkan. |
Pernafasan |
Saat
mengambil nafas tidak berbunyi, posisi dada tetap terjaga saat mengeluarkan
udara, saat mengambil
nafas, tulang rusuk bagian bawah mengembang. |
Menunjukkan 3 kegiatan
dari keseluruhan kegiatan. |
Menunjukkan 2 kegiatan
dari keseluruhan kegiatan. |
Menunjukkan 1 kegiatan
dari keseluruhan kegiatan. |
Atikulasi |
Pengucapan
jelas, tidak ada kerancuan dari kata yang diucapkan. |
Pengucapan
jelas namun ada sedikit kata yang
diucapkan tidak jelas. |
Pengucapan
jelas namun banyak kata yang diucapkan salah. |
Pengucapan
tidak jelas, banyak kata yang diucapkan salah. |
Nada |
Satu lagu
utuh dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai. |
Sebagian besar lagu dinyanyikan dengantinggi rendah nada
dan tempo yang sesuai. |
Sebagian lagu
dinyanyikan dengan tinggi rendah nada dan tempo yang sesuai. |
Sebagian
kecil lagu dinyanyikan sesuai dengan tinggi rendah nada dan tempo. |
Penjiwaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 |
Ekspresi
sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian
besar ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Sebagian
kecil ekspresi sesuai dengan makna lagu. |
Ekspresi
tidak sesuai dengan makna lagu. |
Catatan: Penilaian (spenskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran
1 RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3.
3. Diskusi
Diskusi saat membahas hak dan kewajiban.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu men-
dengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering
diingatkan untuk men- dengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak
mengindahkan. |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal
yang ditunjuk- kan teman. |
Partisipasi
(menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin
lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
4. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 3
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Dengan percobaan, siswa mampu
mengidentifikasi manfaat Kentang sebagai sumber energi alternatif dengan tepat.
·
Dengan percobaan menggunakan kentang,
siswa mampu menyajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi
dengan sistematis.
IPA
·
Dengan melakukan percobaan, siswa mampu
menuliskan teks petunjuk tertulis tentang cara membuat arus listrik sederhana
menggunakan kentang dengan tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan permainan bola sederhana
·
Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
·
Membuat teks petunjuk
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Gerak dasar lokomotor dan manipulatif ·
Teks petunjuk visual ·
Perubahan bentuk energi |
Jalan, lempar dan tangkap, menganalisis dan menyimpulkan,
menulis. |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPA
Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk
Energi siswa diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Perubahan bentuk energi
dan manfaatnya |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan tepat. |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan cukup tepat. |
Menjelaskan
perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya dengan kurang tepat. |
Belum
menjelaskan perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dan manfaatnya
dengan tepat. |
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada
percobaan kentang dengan tepat. |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada
percobaan kentang cukup dengan tepat. |
Mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada
percobaan kentang dengan krang tepat. |
Belum mampu
menuajikan laporan hasil pengamatan tentang perubahan bentuk energi pada percobaan kentang dengan
tepat. |
Sikap Rasa Ingin
Tahu |
Tampak
antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup
antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang
antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak
antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. Bahasa Indonesia
Membuat teks petunjuk berdasarkan kegiatan RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Penyajian teks petunjuk
tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya. |
Laporan
tertulis sangat sesuai dengan teks petunjuk visual membuat per cobaan
kentang. |
Laporan
tertulis cukup sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan kentang |
Laporan
tertulis yang sesuai dengan teks petunjuk visual membuat percobaan. |
Laporan
tertulis belum sesuai dengan teks
petunjuk visual membuat percobaan kentang. |
Kosa Kata Baku |
Menggunakan
kosa kata baku dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu
menggunakan kosa kata baku dalam
pertanyaan. |
Kalimat Efektif |
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Sikap:
Mandiri |
Tugas
diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian
besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 4
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati, siswa mampu
menganalisis pelaksanaan hak dan kewajiban pada masyrakat di sekitarnya dengan
teliti.
·
Setelah menganalisis, siswa mampu
mempresentasikan hasil temuannya tentang pelaksanaan hak dan kewajiban
masyarakat di sekitarnya dengan benar.
PPKn
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu membuat
teks petunjuk tentang menghemat energi dengan benar.
·
Setelah berdiskusi, siswa mampu
menyajikan teks petunjuk dalam bentuk poster dengan benar.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menjelaskan hubungan desimal dan pecahan.
·
Membuat poster hemat energi RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Bilangan desimal ·
Teks petunjuk ·
Hak dan kewajiban |
Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. PPKn:
Presentasi hasil pengamatan
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Fakta |
Menuliskan 10
fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Menuliskan
minimal 8 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Menuliskan
minimal 6 fakta tentang kesadaran masyarakat hemat energi dengan benar. |
Yang lainnya |
Pengelompokkan |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
semua tindakan ke
dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian besar tindakan ke dalam hal
yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta yang
ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian tindakan ke dalam hal yang baik dan belum baik dengan benar. |
Dari fakta
yang ditemukan, siswa mampu mengelompokkan
sebagian kecil tindakan ke dalam hal yang baik dan belum
baik dengan benar. |
Kesimpulan |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan dengan tepat. |
Siswa mampu
menuliskan kesimpulan dari data yang ditemukan
namun kurang tepat. |
Menuliskan
kesimpulan dengan kurang tepat dan kurang berdasarkan data. |
Masih belum
mampu menuliskan kesimpulan. |
Dampak |
Menuliskan 3
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 2
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Menuliskan 1
dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Belum mampu
menuliskan dampak dari kesimpulan yang dihasilkan dengan benar. |
Saran |
Menuliskan 3
saran dengan sesuai. |
Menuliskan 2
saran dengan sesuai. |
Menuliskan 1
saran dengan sesuai. |
Belum mampu
menuliskan saran dengan sesuai. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1
2. Bahasa Indonesia
Membuat teks petunjuk hemat energi.
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Topik Jelas |
Memilih satu
topik yang fokus tentang hemat
energi. |
Topik yang
dipilih kurang fokus |
|
Belum mampu
memilih topik untuk posternya sehingga membutuhkan pendampingan penuh. |
Teks petunjuk |
Terdapat teks
petunjuk untuk hemat energi dengan: 1. Langkahlang-kah
jelas 2. Runtut 3. Bisa diaplikasikan |
Memenuhi 2
dari 3 kriteria yang diberikan. |
Memenuhi 1 dari
3 kriteria yang diberikan. |
Belum
memenuhi kriteria yang diberikan. |
Hak dan
kewajiban |
Semua contoh
contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi mengaplikasikan
pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagaian
besar contohcontoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi
mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian
contoh contoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi
mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Sebagian
kecil contohcontoh yang diberikan di teks petunjukkan hemat energi
mengaplikasikan pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. |
Penyajian |
Penyajian
poster menarik dan mudah dipahami. |
Penyajian
poster mudah dipahami namun kurang menarik. |
Penyajian
poster kurang menarik dan kurang bisa dipahami. |
Penyajian
poster tidak menarik dan sulit dipahami. |
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
Penilaian sikap : tanggungjawab dan peduli.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 5
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
IPS
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya
alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat
provinsi.
·
Setelah mengamati gambar dan membaca
teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber
daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
SBdP
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Aku
Anak Indonesia dengan nada dan tempo yang tepat.
·
Dengan mengamati contoh yang diberikan
guru, siswa mampu menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dengan tempo dan tinggi
rendah nada yang tepat.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Menyelesaikan masalah sehari- hari
terkait desimal.
·
Menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia
·
Mencari informasi dan mengomunikasikan pemanfaatan
sumber daya alam wilayah setempat.
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung jawab |
·
Bilangan Desimal ·
Tinggi rendah nada dan tempo ·
Pemanfaatan sumber daya alam |
·
Menyelesaikan masalah ·
Olah suara ·
Mencari informasi ·
Mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3
Diskusi dan Presentasi peta pikiran dinilai dengan rubrik
Kriteria |
Sangat Baik (skor 4) |
Baik (skor 3) |
Cukup (skor 2) |
Perlu Pendampingan (skor 1) |
Mendengarkan |
Selalu
mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan
teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu
diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Sering diingatkan
untuk mendengark an teman yang
sedang berbicara namun tidak mengindahk an |
Komunikasi
non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan
menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon
dengan tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Sering
merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Membutuhk an
bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal
yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi
(menyampaika n ide, perasaan, pikiran) |
Isi
pembicaraan menginspirasi teman.
Selalu mendukung dan memimpin
lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. |
Berbicara dan
menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang
berbicara selama proses
diksusi berlangsung. |
Catatan: Penilaian (skoring) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 2 / Sub Tema 3 : Selalu Berhemat Energi / Energi Alternatif
Pembelajaran Ke- : 6
I. TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks visual dengan tepat.
·
Setelah mengamati gambar dan berdiskusi,
siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari
teks visual dengan benar.
PPKn
·
Setelah membaca teks, siswa mampu
menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar.
·
Setelah membaca teks dan berdiskusi,
siswa mampu mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya
diri.
ii. Kegiatan
Pembelajaran
·
Melakukan kampanye cinta lingkungan
·
Bermain bola zig-zag
III. PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)
Penilaian
Sikap |
Penilaian
Pengetahuan |
Penilaian
Ketrampilan |
Disiplin dan tanggung Jawab |
·
Hak dan kewajiban ·
Gerakan lokomor dan nonlokomotot ·
Gagasan pokok dan gagasan pendukung |
·
Gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor ·
Mencari informasi ·
Mengomunikasikan hasil |
Mengetahui Kepala Sekolah, ( ___________________ ) NIP .................................. |
|
..............., .................. 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________ ) NIP .................................. |
LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
1. Bahasa Indonesia
Poster dinilai dengan daftar periksa.
Kriteria |
Ya |
Tidak |
Seluruh
gambar sesuai tema. |
|
|
Poster tertata
dengan baik dan serasi. |
|
|
Menggunakan
bahasa ajakan. |
|
|
Menggunakan bahasa
yang singkat dan benar. |
|
|
Bahasa mudah
dimengerti. |
|
|
Menyeru hemat
energi. |
|
|
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot
3. Catatan Anekdot untuk mencatat sikap (disiplin dan
tanggung jawab)
No |
Sikap |
Belum terlihat |
Mulai terlihat |
Mulai berkembang |
Membu-daya |
Ket. |
1 |
Disiplin |
|
|
|
|
|
2 |
Teliti |
|
|
|
|
|
3 |
Tanggungjawab |
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 3 Selalu Berhemat Energi, Energi Alternatif!"
Komentar