RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4 Indahnya Kebersamaan, Proyek Kelas!
RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 4 : Indahnya Kebersamaan / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 1
Berbagai kegiatan pada subtema 4 dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Berbeda dengan subtema 1-3, kegiatan di sini diarahkan untuk mengasah daya nalar dan berpikir tingkat tinggi. Rancangan kegiatan merupakan kegiatan-kegiatan besar yang membuka kesempatan bertanya dan menggali informasi yang dekat dengan keseharian siswa. Guru sebaiknya membaca seluruh pembelajaran terlebih dahulu. Perhatikan kebutuhan alat dan bahan
Mengamati dan Mendeskripsikan
Siswa mengamati secara cermat salah satu aspek dari tema
Indahnya Kebersamaan. Siswa boleh mengamati benda atau peristiwa yang ada
kaitannya dengan tema tersebut.
Pada pembelajaran 1 ini, siswa diarahkan untuk mengamati
pakaian adat setempat.
Langkah pertama, siswa mengumpulkan fakta-fakta, antara
lain.
1. Terbuat dari apa bahannya?
2. Apa saja hiasan pelengkap dan terbuat dari
bahan apa?
3. Berapa luas bahan yang diperlukan untuk
membuatnya?
4. Di manakah bahan itu bisa diperoleh?
5. Apakah bahan untuk pakaian anak-anak sama
dengan bahan untuk pakaian orang dewasa?
6. Berapa harga satu set pakaian adat tersebut?
Siswa mengumpulkan sedikitnya 20 fakta dan mendeskripsikan
secara lengkap. Guru mengarahkan kemampuan pengamatan
siswa. Semakin lengkap uraian berarti siswa sudah mencapai daya nalar yang
cukup baik. Kegiatan dilakukan berkelompok, namun siswa akan membuat laporan
individual. RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah siswa mendeskripsikan secara lengkap semua
fakta-fakta hasil pengamatan pada kegiatan sebelumnya, langkah berikutnya siswa
diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-fakta tersebut.
Andaikan diketahui suatu fakta bahwa “bahan kain tenun
pakaian adat terasa tebal, panas, dan berat saat dikenakan”, siswa dapat
mempertanyakan:
1. Bisakah kain tenun yang terasa tebal, panas,
dan berat tersebut diganti dengan kain kaos?
2. Seandainya bahannya diganti dengan kain kaos,
apakah tampilannya akan sama anggunnya dengan pakaian adat yang asli?
Siswa diajak menganalisis. Misalnya, adakah bagian-bagian
dari pakaian adat itu yang tidak tepat kalau diganti dengan kain katun? Atau
bahan kaos?
Dari kegiatan analisis ini, siswa memperoleh gagasan
tentang apa yang perlu dikaji lebih jauh.
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih
jauh, siswa menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang
relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan hal tersebut dengan berbagai macam
cara, antara lain:
1. Membaca buku-buku referensi dari perpustakaan,
2. Bertanya atau mewawancarai narasumber atau
tokoh adat di lingkungan terdekat,
3. Mengenakan dan mencari tahu lebih jauh tentang
pakaian tradisional yang meliputi bahan, corak, warna, aksesoris, cara memakai,
keunikan, dan filosofi.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 4 : Indahnya Kebersamaan / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 2
Mengamati dan Mendeskripsikan
Setelah mengamati pakaian adat, pada hari
kedua ini, siswa diarahkan mengamati hal lain dari tema Indahnya Kebersamaan.
Misalnya, makanan tradisional, yang ditinjau dari:
1. Bahan,
2. Penampilan,
3. Rasa,
4. Cara memasak,
5. Cara penyajian,
6. Cara memakan, dan RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4
7. Waktu penyajian terkait upacara adat.
Mempertanyakan dan Menganalisis
Setelah mendeskripsikan secara lengkap semua fakta hasil pengamatan,
selanjutnya siswa diajak berpikir kritis untuk mempertanyakan fakta-fakta
tersebut.
Contoh:
1. Apakah makanan tradisional ini merupakan
makanan yang paling enak yang pernah siswa kenal? Apa yang perlu siswa
tambahkan agar rasa makanan lebih enak?
2. Apa gagasan yang bisa siswa berikan untuk
menyajikan makanan tradisional secara lebih menarik?
Menggali Informasi
Setelah mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh, siswa perlu
menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan informasi yang relevan
sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan itu dengan
berbagai macam cara, antara lain:
1. Membaca buku-buku referensi tentang makanan
tradisional;
2. Bertanya kepada orang tua, juru masak makanan
tradisional, atau narasumber terkait;
3. Membawa dan menata makanan tradisional,
menceritakan tentang bahan, cara memakan, cara memasak, keunikan, dan
kebanggaan.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 4 : Indahnya Kebersamaan / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 3
Mengamati dan Mendeskripsikan
Berbeda dengan pembelajaran sebelumnya yang lebih ditekankan pada
pengamatan benda (pakaian adat, makanan tradisional), kali ini guru mengajak
siswa mengamati proses. Misalnya, tata cara bermain (persiapan, alat atau bahan
yang diperlukan, jumlah pemain, dan peraturan).
Guru meminta siswa memilih satu jenis permainan tradisional setempat. Siswa
diajak ke luar kelas untuk bermain bersama. Usai permainan, siswa kembali ke
dalam kelas.
Guru meminta siswa berdiskusi dalam kelompok untuk mengumpulkan
fakta-fakta, antara lain:
1. Bagaimana persiapan permainan?
2. Apa saja alat yang diperlukan?
3. Bagaimana cara bermain?
4. Tahukah siswa aturan main yang benar?
5. Apakah permainan ini ada kemiripan dengan
permainan lain yang siswa ketahui?
6. Apakah siswa bisa membuat model atau aturan
bermain baru yang lebih menantang?
Mempertanyakan
dan Menganalisis
Setelah
melakukan permainan, siswa berdiskusi dengan teman dan diajak berpikir kritis untuk
mempertanyakan fakta-fakta tersebut.
Siswa diajak
mengkritisi permainan tradisional yang telah mereka mainkan dengan pertanyaan
pemantik berikut.
Contoh:
1. Menurut siswa, apakah permainan ini cukup
seru? Jelaskan.
2. Bagian mana dari permainan tersebut yang
menyulitkan siswa?
3. Apa usulmu agar permainan tradisional ini
lebih menarik?
Menggali
Informasi
Setelah
mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikaji lebih jauh tentang permainan
tradisional, siswa perlu menindaklanjuti hal tersebut dengan mengumpulkan
informasi yang relevan sebanyak mungkin. Siswa boleh melakukan itu dengan
berbagai macam cara, antara lain:
1. Membaca buku-buku referensi tentang permainan
tradisional,
2. Bertanya kepada orang tua atau narasumber, dan
3. Siswa mensimulasikan cara bermain yang lebih
menantang dan menarik.
Mengetahui Kepala
Sekolah, (
___________________ ) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 ( ___________________
) NIP
.................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 4 : Indahnya Kebersamaan / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 4
Mengamati dan Mendeskripsikan
Pada hari ke-4 ini, siswa mempersiapkan semua bahan untuk keperluan pameran
yang akan dilaksanakan pada hari berikutnya.
1. Guru membagi siswa menjadi 3 kelompok
(pakaian adat, makanan tradisional, dan permainan tradisional).
2. Siswa menyiapkan bahan presentasi, pajangan,
dan simulasi sesuai dengan pilihan kelompok.
3. Siswa diberi motivasi agar percaya diri
ketika pameran berlangsung RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4.
Mengetahui Kepala
Sekolah, ( ___________________
) NIP
.................................. |
|
......,
........................ 20 ..... Guru Kelas 4 (
___________________ ) NIP
.................................. |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)
Satuan Pendidikan : SD / MI
.........................................
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 / Sub Tema 4 : Indahnya Kebersamaan / Proyek Kelas
Pembelajaran Ke- : 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Menyampaikan Hasil
Pada pembelajaran ini, siswa menyampaikan hasil kerja mereka kepada teman
atau orang tua, dan mempertahankan pemikiran bilamana ada pertanyaan dari
pengunjung yang mendatangi pajangan atau penjelasan siswa.
Sebelum kegiatan dilaksanakan, siswa mengundang kelas lain untuk datang ke pameran.
Sekolah bisa mengundang orang tua dan guru lain untuk mengunjungi pameran.
Guru bisa menata ruang kelas seperti ilustrasi di bawah untuk kebutuhan pameran. Alternatif lain bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4.
Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 1 Subtema 4 Indahnya Kebersamaan, Proyek Kelas!"
Komentar