Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Bersyukur atas Keberagaman Revisi 2022!

 

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

·      Dengan menyimak teks lisan, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan lengkap.

·      Setelah percobaan , siswa mampu menyajikan laporan sifat-sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

IPS

·      Dengan diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

·      Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap menghargai makanan tradisional sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.

·      Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman.

·      Melakukan percobaan RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Kerjasama

·     Sifat bunyi memantul dan meyerap

Menemukan informasi, mengomunikasikan hasil, menganalisis dan menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi, guru menilai mereka dengan menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

ü

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

ü

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

2.   Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

ü

Belum dapat menemukan gagsan pokok.

Gagasan pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

ü

Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pendukung RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukuku ng dalam peta pikiran

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

ü

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1+1

-

9

x 10 – 5,7

16

16

 

3.   IPS RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang keragaman makanan tradisional, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional

Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis.

Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan

tradisional cukup sistematis.

Menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional kurang sistematis.

ü

Belum mampu menuliskan informasi tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis.

Komunikasi lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional

Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis.

Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional cukup sistematis.

ü

Mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional kurang sistematis.

Belum mampu mengomunikasi kan secara lisan tentang pengalaman menghargai keragaman makanan tradisional dengan sistematis.

Sikap Kerjasama

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman.

Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama.

ü

Sikap menghargai makanan tradisional

Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga dengan keragaman budaya Indonesia.

Mau mencoba makanan tradisional dan tampak cukup bangga dengan keragaman budaya Indonesia.

ü

Dimotivasi untuk mau mencoba makanan tradisional Indonesia.

Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1+1

-

9

x 10 – 5,7

16

16

 

4.   IPA

a.   Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai menggunakan rubrik RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

Aspek

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Sifat bunyi memantul dan menyerap

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap.

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap.

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap.

ü

Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan.

Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan cukup sistematis.

ü

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis.

Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

b.   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tida kjelas.

ü

Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

ü

Hasil percobaan disampaikan denga njelas namunhanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedurd anstrategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 


 
RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bahwa keberagaman akan memperkaya ketika bekerjasama dengan terperinci.

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

SBdP

·      Setelah berlatih, siswa mampu mempraktikkan tarian Tari Bungong Jeumpa dengan formasi dan iringan musik dengan benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan hubungan antara sisi dan sudut pada segi banyak beraturan.

·      Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa).

·      Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut

·     Kerjasama

·     Gagasan pokok dan pendukung

Mengukur, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPKn: Cerita pengalaman bekerjasama RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

Kriteria

Ya

Tidak

Menceritakan satu pengalamam kerjasama dengan terperinci

 

 

Menjelaskan perbedaan yang ada pada saat kerjasama

 

 

Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya

 

 

Menuliskan manfaat kerjasama tersebut bagi dirinya

 

 

Menjelasakan hal-hal baik yang bisa diambil RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

 

 

 

2. SBdP: Menari

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gerakan

Seluruh gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Teknik Menari

Menarikan sebuah tarian dengan menunjukkan.

  sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan

  gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama

  gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis

Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis.

Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis.

Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan.

Ekspresi

Memberikan penjiwaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh

Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton.

Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian kurang dimengerti oleh penonton.

Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton.

 

3. Diskusi: Diskusi hubungan sisi dan sudut pada segi banyak

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 


 

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

·      Setelah menyimak teks tentang permainan tradisional, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.

·      Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Melakukan permainan tradisional engklek.

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.

·      Melakukan percobaan.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Gerak dasar lokomotor

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Sifat bunyi memantul dan menyerap

Lompat, menemukan informasi, menganalisis dan menyimpulkan

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pokok.

Gagasan pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri .

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

2.   IPA

Laporan hasil percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai menggunakan rubrik RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Sifat bunyi memantul dan menyerap

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap.

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap.

Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap.

Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan.

Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan cukup sistematis.

Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis.

Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.

Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.

 


 

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah mendengarkan, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.

·      Setelah mendengarkan, siswa mampu menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks yang didengar dengan sistematis.

PPKn

·      Setelah diberikan masalah, siswa mampu menjelaskan keberagaman yang ada dari teman-temannya dengan terperinci.

·      Setelah diberikan masalah, siswa mampu menceritakan pengalaman bekerjasama dalam keberagaman dengan terperinci RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menceritakan pengalaman diri bekerjasama dalam keberagaman.

·      Menemukan jumlah sudut pada segitiga.

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut pada segitiga

·     Kerjasama

·     Gagasan pokok dan pendukung

Mengukur, Menyimpulkan, mengkomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. PPKn: Refleksi Kerjasama

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Keberagaman yang ada

Menjelaskan 3 keberagaman yang ada.

Menjelaskan 2 keberagaman yang ada.

Menjelaskan 1 keberagaman yang ada.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

Hal baik

Menuliskan 3 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi

alasan.

Menuliskan 2 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi

alasan.

Menuliskan 1 sikap (baik atau perlu diperbaiki) yang ditunjukkan dilengkapi

alasan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

Manfaat

Menjelaskan 3 manfaat yang didapat dari kerja sama.

Menjelaskan 2 manfaat yang didapat dari kerja sama.

Menjelaskan 1 manfaat yang didapat dari kerja sama.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

 

2. Bahasa Indonesia: Gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mengidentifikasi gagasan pokok

Menjelaskan 3 keberagaman yang ada.

Menjelaskan 2 keberagaman yang ada.

Menjelaskan 1 keberagaman yang ada.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

Mengidentifikasi Gagasan Pendukung

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar.

Mengkomunika- sikan

Menuliskan se- cara sistematis, mudah dipahami, menggunakan bahasa baku.

Memenuhi 2 dari

3 kriteria yang diharapkan.

Memenuhi 1 dari

3 kriteria yang diharapkan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

 

3. Diskusi: Membahas cerita Ibu Mimin RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lain- nya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

 


 

RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·      Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menjelaskan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

·      Dengan menggali informasi dari berbagai sumber, siswa mampu menyajikan keragaman sosial di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

SBdP

·      Setelah melalui proses latihan, siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dengan benar.

·      Setelah melalui proses latihan, siswa mampu menampilkan serangkaian gerak tari Bungong Jeumpa dengan teknik yang benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mempresentasikan keragaman sosial dan budaya.

·      Menari tari Bungong Jeumpa.

·      Mengukur sudut RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut

·     Gerak dasar tari Bungong Jeumpa

·     Keragaman sosial dan budaya

Mengukur, olah tubuh, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Struktur

Presentasi

Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta

dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta

dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema

Fakta Pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman aga- ma yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing tidak benar

 

2.   SBdP

Penampilan tari dinilai dengan rubrik.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 3   :   Indahnya Kebersamaan / Bersyukur atas Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Dengan mendengarkan teks lisan dengan judul “Wedang Jahe” yang dibacakan guru, siswa mampu membuat ringkasan yang berisikan inti dari cerita.

PPKn

·      Dengan membaca teks tentang persahabatan, Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menceritakan sikap kerja sama.

·      Meringkas teks lisan Wedang Jahe.

·      Mempraktikkan gerak dasar lokomotor dalam permainan engklek.

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Kerja sama

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Gerak dasar lokomotor

·     Gerak dasar lokomotor

·     Meringkas

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia

Membuat ringkasan berdasarkan teks lisan dinilai dengan rubrik.

 

2.   PPKn

Cerita tentang pengalaman bekerja sama dengan individu yang berbeda-beda dinilai dengan penilaian diri dalam bentuk daftar periksa RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3.


 

Post a Comment for "RPP Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Bersyukur atas Keberagaman Revisi 2022!"