Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!

RPP Kelas 4 Tema 1

 

RPP Kelas 4 Tema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   1

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia  RPP Kelas 4 Tema 1

·      Setelah membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

·      Setelah membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan runtut.

·      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan sistematis.

IPS

·      Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.

·      Setelah diskusi dan membaca, siswa mampu mengomunikasikan pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa Indonesia dengan sistematis  RPP Kelas 4 Tema 1.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis

·      Melakukan percobaan

·      Mendiskusikan pentingnya kerjasama dan saling menghargai dalam keberagaman

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Gagasan pokok dan pendukung

·     Sumber bunyi dan proses terjadinya bunyi

·     Keberagaman agama

Menemukan informasi, menganalisis dan menyimpulkan, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Diskusi

Saat siswa melakukan diskusi tentang peta pikiran mengapa penting menjaga kelestarian dan sumber daya alam.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

ü

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara).

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

ü

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspira si teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diskusi berlangsung.

ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

2.   Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

ü

Belum dapat menemukan gagsan pokok.

Gagasan

Pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

ü

Menemukan sebagian

kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar.

Belum dapat menemukan gagsan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

ü

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

ü

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1+3

-

9

x 10 - 7

16

16

 

3.  IPS

Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat beragama, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Informasi tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat

agama

Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan sistematis.

Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis.

Menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan

sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis.

ü

Belum dapat menuliskan informasi tentang pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama.

Komunikasi lisan tentang sikap toleransi dan kerja sama antar umat agama

Mengomunikasi- kan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan sistematis.

Mengomunikasi- kan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan cukup sistematis.

ü

Mengomunikasi- kan pengalaman melakukan

sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama dengan kurang sistematis.

Belum dapat mengomunikasi kan pengalaman melakukan sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama.

Sikap Kerjasama

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman, namun belum konsisten.

Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman.

Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama.

ü

Sikap menghargai makanan tradisional

Mau mencoba makanan tradisional dan menunjukkan sikap bangga dengan keragaman budaya Indonesia.

Mau mencoba makanan tradisional dan tampak cukup bangga dengan keragaman budaya Indonesia.

ü

Dimotivasi untuk mau mencoba makanan tradisional Indonesia.

Belum mau mencoba makanan tradisional Indonesia.

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1+3

-

9

x 10 - 7

16

16

 

4.   IPA

a.   Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan hasil percobaan tentang proses terjadinya bunyi dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Proses terjadinya bunyi Sumber bunyi

-    Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar.

 

 

-    Mengidentifikasi semua sumber bunyi dengan tepat.

-    Menjelaskan semua proses terjadinya bunyi dengan benar, meski kurang runtut

 

-    Mengidentifikasi sebagian besar sumber bunyi dengan tepat.

-    Menjelaskan sebagian proses terjadinya bunyi dengan runtut dan benar.

 

 

-    Mengidentifikasi sebagian kecil sumber bunyi dengan tepat.

ü

-    Belum mampu menjelaskan proses terjadinya bunyi

 

 

 

-    Belum mampu mengidentifikasi sumber bunyi dengan tepat.

Laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi

dan sumber bunyi

Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi dengan sistematis.

Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi

dan sumber bunyi dengan cukup sistematis. ü

Menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi

dan sumber bunyi dengan kurang sistematis.

Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang proses terjadinya bunyi dan sumber bunyi.

Sikap Rasa Ingin

Tahu

Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tampak kurang antusias

dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.

Tidak tampak antusias

dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 

b.   Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti

pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. ü

Perlu

bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis, namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis

setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi

yang dipilih tidak tepat. ü

 

Penilaian (penskoran) :

total nilai siswa

x 10

total nilai maksimal

 

Contoh :

2+3+1

-

6

x 10 - 5

12

12

 


 

 RPP Kelas 4 Tema 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   2

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

PPKn

·      Setelah membaca teks dan berdikusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan satu contoh bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan terperinci.

SBdP

·      Setelah mengamati contoh, siswa mampu mengidentifikasi formasi berdiri tarian Bungong Jeumpa dengan benar.

·      Setelah mengamati contoh, siswa mampu mempraktikkan tarian Bungong Jeumpa formasi berdiri diiringi dengan musik dan hitungan dengan tepat.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mendiskusikan pentingnya kerjasama

·      Mengukur sudut

·      Menari tarian daerah (Bongong Jeumpa)

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut

·     Kerjasama

·     Pola lantai tari

Olah tubuh, mengukur, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.  SBdP: Menari

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gerakan

Seluruh gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Sebagian besar gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan

ketentuan tarian.

Sebagian gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Hanya sebagian kecil gerakan yang ditunjukkan saat menari sesuai dengan ketentuan tarian.

Teknik Menari

Menarikan tarian dengan menunjukkan:

  Sikap tubuh yang sesuai dengan tarian yang dibawakan.

  Gerakan yang dibawakan sesuai dengan irama.

  Gerakan yang dibawakan sesuai dengan tempo sehingga tarian yang ditunjukkan terlihat harmonis.

Hanya menunjukkan 2 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan cukup harmonis.

Hanya menunjukkan 1 hal dari 3 kriteria yang diharapkan. Tarian yang dihasilkan kurang harmonis.

Tidak memenuhi kriteria yang diharapkan.

Ekspresi

Memberikan penjiwaan saat menari yang memperhatikan jenis tarian sehingga pesan dari tarian bisa dimengerti oleh penonton.

Ada beberapa penjiwaan yang kurang sesuai dengan jenis tarian. Pesan dari tarian tetap bisa dimengerti oleh penonton.

Kurang bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari

tarian kurang dimengerti oleh penonton.

Tidak bisa memberikan penjiwaan saat menari sehingga pesan dari tarian tidak dimengerti oleh penonton.

Sikap

Saat menari selalu menunjukkan sikap:

  Percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung.

  Bisa berinteraksi baik dengan penari lainnya.

Saat menari selalu menunjukkan sikap percaya diri saat menari sehingga bisa menguasai panggung, namun kurang bisa berinteraksi dengan penari lain

Saat menari menunjukkan sikap kurang percaya diri dan kurang bisa berinteraksi dengan penari lain.

Saat menari menunjukkan sikap tidak percaya diri dan bisa berinteraksi dengan penari lainnya.  RPP Kelas 4 Tema 1

 

 

 

PPKn : pengalaman kerjasama

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Keberagaman

Menjelaskan 3 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).

Menjelaskan 2 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).

Menjelaskan 1 keberagaman yang ada di lingkungan tempat tinggal (suku bangsa, sosial, dan budaya).

Belum mampu menyebutkan keberagaman.

Kerjasama

Memberikan satu contoh dan menjelaskan kegiatan yang menunjukkan kerjasama yang pernah dilakukan dengan benar.

Mampu memberikan contoh, namun menjelaskan dengan kurang tepat.

Contoh yang diberikan masih belum menunjukkan

kerjasama dalam keberagaman.

Belum mampu menberikan contoh.

Persatuan dan

Kesatuan

Menjelaskan

3 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.

Menjelaskan

2 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.

Menjelaskan

1 contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan saat kerjasama dengan benar.

Belum mampu memberikan contoh.

Manfaat

Menjelaskan 3 manfaat dari kerjasama dengan benar.

Menjelaskan 2 manfaat dari kerjasama dengan benar.

Menjelaskan 1 manfaat dari kerjasama dengan benar.

Belum mampu menjelaskan manfaat.

Kesimpulan

Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar dan terperinci.

Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan benar namun kurang terperinci.

Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keberagaman dengan namun masih kurang tepat.

Belum mampu menjelaskan.

 

3.  Diskusi: Membahas cerita Tong Sampah Gotong Royong  RPP Kelas 4 Tema 1

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering

diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik.

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 


 

 RPP Kelas 4 Tema 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   3

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.

·      Setelah membaca teks tentang sikap kerja sama, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.

IPA

·      Setelah percobaan, siswa mampu menjelaskan fungsi sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dengan lengkap.

·      Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang sifat bunyi terkait telinga sebagai alat pendengaran dan dengan sistematis.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Melakukan permainan tradisional Bakiak  RPP Kelas 4 Tema 1

·      Melakukan percobaan

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks tulis

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Gerak dasar lokomotor

·     Bagian-bagian indera telinga

·     Gagasan pokok dan pendukung

Jalan, menganalisis dan menyimpulkan, menemukan informasi

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   IPA  RPP Kelas 4 Tema 1

Tugas siswa menjawab pertanyaan dan mengomunikan hasilnya dinilai menggunakan rubrik

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Penerapan

Konsep

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti

pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlu bantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari.

Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas.

Perlu

bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari.

Komunikasi

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang.

Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang.

Prosedur dan strategi

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil.

Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan

bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasi.

Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis

setelah mendapat bantuan guru.

Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi

yang dipilih tidak tepat.

 

2.   Bahasa Indonesia

Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai menggunakan rubrik  RPP Kelas 4 Tema 1.

 

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Gagasan pokok

Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pokok.

Gagasan pendukung

Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar.

Menemukan sebagian

kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar.

Belum dapat menemukan gagasan pendukung.

Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran.

Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

 

Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat.

Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran.

Sikap: Mandiri

Tugas diselesaikan dengan mandiri.

Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri.

Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.

Belum dapat menyeselesaikan tugas meski

telah diberikan motivasi dan bimbingan.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   4

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan benar.

·      Setelah membaca teks siswa mampu menuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung ke dalam grafik yang sudah disiapkan dengan sistematis.

PPKn

·      Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerjasama dalam keberagaman dengan benar.

·      Setelah mencari informasi, siswa mampu mempresentasikan contohcontoh kerjasama dalam keberagaman (kerja bakti, siskamling, gotongroyong, dll.).

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks

·      Mendiskusikan pentingnya kerjasama dalam keberagaman

·      Mengukur sudut pada bangun datar  RPP Kelas 4 Tema 1

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut

·     Kerjasama

·     Gagasan pokok dan pendukung

Mengukur, Mengidentifikasi, mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1. Bahasa Indonesia: Gagasan Pokok

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mengidentifikasi gagasan pokok

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pokok dari 1 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi Gagasan Pendukung

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 4 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 3 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 2 paragraf dengan benar.

Mengidentifikasi gagasan pendukung dari 1 paragraf dengan benar.

Mengkomunika- sikan

Menuliskan secara sistematis, mudah dipahami, menggunakan bahasa baku.

Memenuhi 2 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Memenuhi 1 dari 3 kriteria yang diharapkan.

Belum memenuhi kriteria yang diharapkan.

 

2. PPKn: Diskusi pada saat membahasa tentang kerjasama di lingkungan.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Mendengarkan

Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan.

Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara.

Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara, namun tidak mengindahkan.

Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara)

Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat.

Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman.

Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran)

Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi.

Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik.

Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai

Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   5

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

IPS

·      Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menjelaskan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

·      Dengan menggunakan gambar yang dibuat sendiri, siswa mampu menceritakan perayaan hari besar agama sebagai bentuk keragaman sosial, budaya, dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia secara tertulis dan lisan.

SBdP

·      Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru , siswa mampu menjelaskan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

·      Setelah berdiskusi dan memperhatikan peragaan dari guru, siswa mampu mempraktikkan dasar-dasar gerak tari Bungong Jeumpa dalam posisi duduk dengan teknik benar.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Mengukur sudut

·      Menceritakan perayaan hari besar agama

·      Menari tarian daerah Bungong Jeumpa  RPP Kelas 4 Tema 1

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Sudut

·     Keberagaman di Wilayah Sekitar

·     Pola Lantai dalam Tari

Mengukur, mengomunikasikan hasil, olah tubuh

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   IPS

Tulisan dan presentasi tentang keragaman sosial dan budaya (agama) di provinsi masing-masing dinilai dengan rubrik.

Kriteria

Sangat Baik(4)

Baik (3)

Cukup (2)

Perlu Pen-dampingan (1)

Struktur

Presentasi

Presentasi memuat pembukaan, inti dan penutup serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi memuat pembukaan atau penutup dan inti serta dikomunikasik an secara runtut.

Presentasi hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

Fakta Pendukung

Seluruh fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar fakta tentang keragaman agama yang

te dapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Sebagian kecil fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing disajikan dengan benar.

Fakta tentang keragaman agama yang terdapat di lingkungan provinsi masing- masing tidak benar.

 

2.   SBdP

Proses pembelajaran tari Bungong Jeumpa dinilai dengan catatan anekdot.


 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP INSPIRATIF)

 

Satuan Pendidikan        :   SD / MI .........................................

Kelas / Semester           :   IV (Empat) / 1

Tema 1 / Sub Tema 2   :   Indahnya Kebersamaan / Kebersamaan dalam Keberagaman

Pembelajaran Ke-        :   6

 

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Bahasa Indonesia

·      Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang untuk membuat ringkasan secara terstruktur.

·      Setelah membaca teks tentang cerita Perbedaan Bukanlah Penghalang, siswa mampu meringkas teks tulis berdasarkan gagasan pokok dan gagasan pendukung secara tertstruktur.

PPKn

·      Dengan membaca teks tentang persahabatan Udin, Edo, dan Beni, siswa mampu menjelaskan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

·      Dengan membaca teks tentang persahabatanUdin, Edo, dan Beni, siswa mampu Menceritakan kegiatan yang mencerminkan sikap kerja sama dalam keberagaman agama.

 

ii.   Kegiatan Pembelajaran

·      Menceritakan pengalaman bekerja sama

·      Meringkas teks “Perbedaan Bukanlah Penghalang”

·      Mempraktikkan gerak dasar jalan dalam permainan bakiak  RPP Kelas 4 Tema 1

 

III.  PENILAIAN PEMBELAJARAN (ASESMEN)

Penilaian Sikap

Penilaian Pengetahuan

Penilaian Ketrampilan

Peduli, santun

·     Kerja sama

·     Meringkas

·     Gerakan lokomotor dalam permainan bakiak

·     Gerak dasar lokomotor

·     Mengomunikasikan hasil

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 

..............., .................. 20 .....

Guru Kelas 4

 

 

 

( ___________________ )

NIP ..................................

 


 

LAMPIRAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN

 

1.   Bahasa Indonesia

Membuat ringkasan dinilai dengan rubrik

2.   PPKn

Cerita tentang pengalaman bekerja sama/sikap ketika berkerja sama

dengan teman yang berbeda dinilai dengan rubrik.  RPP Kelas 4 Tema 1


 

Post a Comment for " RPP Kelas 4 Tema 1 Indahnya Kebersamaan Revisi Terbaru 2022, Tinggal Edit!"