Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengusir Kupu-Kupu pada Tanaman Bawang Merah yang Terbukti Ampuh


Cara mengusir kupu-kupu pada tanaman bawang merah tentu sangat dibutuhkan oleh banyak petani, khususnya para petani bawang merah itu sendiri. Hal ini dikarenakan setiap kupu-kupu yang hinggap di tanaman bawang merah, mayoritas bertelur dan kemudian menetes menjadi ulat.

Ulat merupakan salah satu musuh utama bagi para petani, sebab selain dapat merusak tanaman juga dapat membuat gagal panen. Oleh karenanya para petani perlu memahami cara mengusir kupu-kupu pada tanaman bawang merah, sebab ia adalah akar permasalahan dari banyaknya hama ulat pada tanaman.

Cara Mengusir Kupu-Kupu pada Tanaman Bawang Merah

Penulis yakin cara mengusir kupu-kupu pada tanaman bawang merah itu cukup banyak, namun pada pada kesempatan kali ini kita akan membahas 3 cara. Cara-cara yang akan dibahas di sini, adalah yang sering penulis temukan di lapangan dan telah terbukti khasiatnya. Adapun ke tiga cara tersebut adalah sebagai berikut.

Menggunakan Lem Tikus


Cara mengusir kupu-kupu pada tanaman bawang merah yang pertama adalah menggunakan lem tikus. Sifat lem ini yang sangat rekat dan tidak cepat kering, sangat efektif untuk mengendalikan hama karena kupu-kupu.

Ada dua media yang penulis temukan di lapangan, yaitu bekas botol air mineral dan alumunium. Pada dasarnya media ini dapat diganti dengan apa saja, dengan catatan dapat menampung lem, dan berwarna terang sehingga menarik minat kupu-kupu untuk hinggap.

Ketika kupu-kupu hinggap ke media tersebut, maka ia akan terikat oleh lem dan terus di sana hingga mati.

Menggunakan Kapur Barus


Kapur barus dahulu banyak digunakan orang sebagai pewangi pakaian, selain sebagai pewangi juga bermanfaat untuk mengusir serangga.

Baunya yang tidak disukai serangga termasuk kupu-kupu inilah, yang dapat kita gunakan sebagai sarana agar kupu-kupu menjauh dari tanaman kita.

Caranya cukup simpel, sobat bisa menaruhnya di berbagai sudut di lahan tanaman bawang merah. Ada yang menaruhnya langsung di tanah, namun disarankan menggunakan wadah. Baik dengan jalan menggantungnya dengan botol mineral bekas, atau yang lainnya. 

Dengan catatan botol tersebut ada lubang, setidaknya 5 sehingga bau kapur barus bisa keluar dan menyebar ke segala penjuru tanaman. Dalam satu botolnya, sobat bisa menaruh kapur barus minimal 2 buah.

Menggunakan Lampu dan Ember


Cara mengusir kupu-kupu yang terakhir adalah memanfaatkan media lampu. Karakter kupu-kupu yang senang hinggap di tempat terang inilah, yang kemudian banyak dimanfaatkan oleh para petani bawang merah di Brebes.

Lampu menggantung, dimana dibawahnya ada ember berisi air, adalah salah satu cara paling efektif untuk mengalihkan hingga membunuh kupu-kupu.

Kupu-kupu yang melihat cahaya akan menghampiri dan hinggap pada lampu, hingga kemudian lampu yang panas akan menjatuhkan kupu-kupu ke bawah, tepatnya mengenai air di ember yang ada campuran pestisidanya.


Demikian cara mengusir kupu-kupu pada tanaman bawang merah, semoga dengannya kita bisa mencegah kupu-kupu yang senantiasa menyebarkan telur-telurnya pada tanaman.

Post a Comment for "3 Cara Mengusir Kupu-Kupu pada Tanaman Bawang Merah yang Terbukti Ampuh"