Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pemberian Pestisida pada Bawang Merah Brebes


Cara pemberian pestisida pada bawang merah Brebes, adalah informasi yang sangat penting terutama bagi para petani pemula. Dengan hal ini selain tanaman bawang bisa terbebas dari hama, juga akan tetap baik-baik saja karena tidak kelebihan pestisida.

Sama seperti pada manusia, jika takaran yang diberikan melebihi dosisinya maka daun bawang merah bisa layu bahkan mengering. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami dengan baik cara pemberian pestisida pada bawang merah Brebes ini.

Baca Juga : Pilosofi Bawang Jilid II

Sejarah


Cara pemberian pestisida pada bawang merah adalah suatu informasi yang sangat penulis butuhkan, beberapa pekan belakangan ini. Hal ini dikarenakan penulis baru memulai menanam bawang merah sendiri. Meskipun orangtua penulis adalah salah satu petani bawang merah Brebes asli, namun karena penulis lebih sering merantau, baik untuk studi maupun kerja. Maka pengetahuan penulis akan hal ini masih sangat minim.


Atas dasar itulah akhirnya penulis rajin bertanya pada para petani senior, terutama orangtua penulis sendiri. Setelah berumur satu bulanan, ternyata banyak yang memuji tanaman bawang penulis karena sangat subur, atas dasar itulah penulis berkesimpulan bahwa takaran pestisida yang penulis terapkan adalah betul.

Baca Juga : Bangga Jadi Anak Petani & Jadi Petani

Sebagai bahan catatan pribadi dan juga berharap bisa bermanfaat untuk sahabat Membangun Inspirasi, maka cara pemberian pestisida pada bawang merah Brebes ini pun akhirnya penulis share.

Waktu Pemberian Pestisida


Waktu pemberian adalah salah satu hal yang terpenting, dalam cara pemberiab pestisida pada bawang merah Brebes ini. Adapun waktu pemberian pestisida untuk pertama kalinya adalah saat tanaman bawang merah berusia 15 hari. Waktu yang paling tepat untuk penyemprotannya dilakukan pada pagi hari.

Untuk pemberian pestisida selanjutnya dilakukan tergantung keadaan bawang, adapun waktu standar yang umumnya dilakukan para petani di tempat penulis, adalah setiap tiga kali sehari.

Macam-Macam Pestisida Beserta Takarannya

Setelah mengetahui waktu pemberiannya, maka cara pemberian pestisida pada bawang merah Brebes yang penting lainnya, adalah mengetahui macam-macam pestisida dan takarannya. Informnasi ini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi, penulis berharap para petani senior bisa ikut berbagi tips ini di kolom komentar.

Mengenai macam-macam pestisida, tentu tergantung para petani. Sebab jumlah merk pestisida yang beredar di pasaran sangat banyak. Adapun macam-macam pestisida untuk bawang merah yang penulis share ini, adalah berdasarkan rekomendasi dari petani lokal di tempat penulis.

Pada saat pertama kali sampai 4 kali penyemprotan berikan obat penyubur daun, dengan dosis 4/8 sendok makan. Berikutnya ditan 1 sendok makan, racun yang bisa dikombinasikasin dengan  penyubur  daun untuk mencegah telur menetas menjadi ulat, dan untuk membunuh ulat itu sendiri, dosisi 2 sendok makan. Jangan lupa berikan obat perekat agar pestisida menempel di daun, dosis 2 sendok makan.


Setelah empat kali penyemprotan, rekomendasi pestisida bawang merah berikutnya adalah arjuna 2 sendok makan, Metindo 1 sendok makan, Rovral 1 sendok makan,  Dithan 1 sendok makan, jika sudah usianya mulai tua bisa 2 sendok makan, agar daun menjadi kuat. Dosban 1 sendok makan, Demolish dua sendok makan, perekat 2 sendok makan.

Setelah semua pestisida dicampur kemudian diaduk sampai rata, tuangkan pada tangki penyemprot, kemudian tambakan air bersih sampai tangki terisi penuh. Selanjutnya sobat tinggal menyemprotkannya pada daun bawang merah sampai rata.

Baca Juga : Ini Tipe Situs Web Affilate Marketer yang Membuat Siapapun Cepat Sukses, Termasuk Petani!

Demikian cara pemberian pestisida pada bawang merah Brebes yang dapat penulis jelasan. Penulis berharap ada yang banyak menambahkan informasi penting ini pada kolom komentar, sehingga petani pemula seperti penulis dapat semakin terbantu dengan informasi ini. Sebagai rekomendasi lain, sobat juga bisa menyaksikan video di bawah ini, semoga bermanfaat.



Post a Comment for "Cara Pemberian Pestisida pada Bawang Merah Brebes"