Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word dengan Sangat Drastis


Cara memperkecil ukuran file Microsoft Word ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, dimana saat itu penulis ingin mengumpulkan file skripsi, namun memiliki ukuran yang sangat besar. Tentu saja hal ini sangat mengganggu. Sebab selain lama terbaca CD, juga sangat susah untuk diconvert ke format PDF.

Alhamdulillah dengan cara memperkecil ukuran file Microsoft Word ini, file yang terlalu besar bisa berkurang ukurannya hingga lebih dari 79 MB, hanya dengan beberapa klik saja. Dengan begitu segala persoalan yang ditimbulkan akhirnya bisa langsung teratasi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Homepage Blog Hanya Tampil Satu Postingan

Penyebab Ukuran File Ms Word Sangat Tinggi


Sebelum membahas cara memperkecil ukuran file Microsoft Word, tidak ada salahnya kita pahami terlebih dahulu penyebab dari file tersebut berukuran sangat besar.

Saya pribadi baru pertama kalinya mengalami file Microsoft Word terlampau besar, yaitu ketika sedang menggarap skripsi. Umumnya berapa ratus lembar pun file yang tersimpan, ukuran filenya tidak terlalu besar namun ini sampai 17 MB. Setelah diselidiki, penyebab file Microsoft Word terlalu besar tersebut dikarenakan gambar yang ada di dalam file tersebut.

Seperti kita tahu, bahwa dalam menggarap skripsi maka kita perlu menyisipkan banyak gambar, sebagai bukti dari penelitian yang telah kita laksanakan. Sehingga tak heran jika kemudian file Microsoft Word yang memuat file tersebut menjadi sangat besar.

Cara Memperkecil Ukuran File Ms Word


Sobat tentu penasaran bagaimana cara memperkecil file Microsoft Word itu bukan ? Setelah memahami penyebabnya, solusi terbaik tentu bukan menghapus gambar tersebut, namun mengkonversinya agar berubah menjadi ukuran file yang kecil.

Adapun tahapan untuk memperkecil ukuran file Ms Word tersebut, adalah sebagai berikut :

1. Silahkan sobat klik salah satu gambar yang ada dalam lembar kerja Microsoft Word tersebut.
2. Selanjutnya sobat pilih dan klik menu Format.


3. Kemudian silahkan sobat klik menu Comporess Pictures seperti gambar di bawah ini :


4. Disarankan sobat tidak menceklist pada tulisan apply to selected pictures only tersebut.


5. Agar dapat memperkecil ukuran file Microsoft Word secara signifikan silahkan sobat klik options.


6. Lihat tulisan target output di bawah, sobat bisa pilih 220 ppi, 150 ppi, atau 96 ppi sesuai kebutuhan. Semakin kecil nilai ppi yang sobat pilih, maka akan semakin besar pula pengurangan ukuran yang terjadi.


Jadi jika sobat memilih 220 ppi namun ukuran file masih besar sobat bisa mengulang prosedur di atas sampai akhirnya bisa berhasil. 

Sebagai informasi saya pribadi awalnya memilih 150 ppi, namun karena ukuran file yang tadinya 79 MB hanya berubah menjadi 12 MB lebih, maka saya menggunakan pilihan pamungkas, yaitu 96 ppi. Setelah itu file tersebut pun akhirnya berubah ukurannya menjadi hanya 2,5 MB.


Demikian cara memperkecil ukuran file Microsoft Word yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi sobat yang membutuhkan.


0 Response to "Cara Memperkecil Ukuran File Microsoft Word dengan Sangat Drastis"

Post a Comment

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel