Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengatasi Memori Internal Smartphone Cepat Penuh


Cara mengatasi memori internal smartphone cepat penuh, tentu banyak dibutuhkan oleh banyak orang di zaman ini. Selain begitu banyaknya aplikasi menarik, yang membutuhkan kapasitas memori untuk memasangnya. Lebih dari itu, memori smartphone yang cepat penuh bahkan akan membuat aplikasi tidak bisa terbuka. Hal ini dikarenakan, memori tersebut tidak cukup untuk melakukan update aplikasi, bahkan membuka galeri foto sekalipun susah.


Pengertian Memori Internal dan Eksternal


Sebelum membahas cara mengatas memori smartphone Android cepat penuh, padahal tidak memiliki banyak aplikasi. Ada baiknya kita pahami terlebih dahulu, pengertian dari kedua jenis memori tersebut.

Baca Juga : 4 Cara Ampuh Melegakan Kembali Memori Internal Laptop yang Penuh

Dilihat dari asal katanya, internal berarti di dalam. Dengan hal ini maka dapat kita simpulkan bahwa memori internal adalah memori bawaan yang sudah ada di dalam smartphone Android itu sendiri, sehingga kita tidak bisa menambah dan mengurangi kapasitasnya.

Lain halnya dengan memori external, yang jika diartikan berarti memori luar. Dengan hal ini, maka dapat kita simpulkan bahwa memori external adalah memori tambahan, yang dapat digunakan untuk memperbesar kapasitas memori hp. Berbeda dengan memori internal, memori eksternal memiliki kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 2GB, 64 GB, 128 GB, bahkan ada juga yang sampai 500 GB. Namun demikian, setiap smartphone juga memiliki kapasitas maksimum penggunaan memori external ini. Misalnya jika maksimum hanya bisa menambahkan 64GB, berarti pengguna tidak bisa menambahkan kapasitas memori eksternal lebih dari itu.


Jika tanpa menggunakan memori eksternal, semua data dan aplikasi akan langsung tersimpan di memori internal. Maka saat memasang memori eksternal, pengguna bisa memilih antara menyimpan berbagai aktivitas, seperti mengambil gambar dan video, untuk disimpan di memori internal ataukah external.


Namun demikian, tidak semua aplikasi dapat disimpan di memori external, sehingga saat aplikasi tersebut dipasang maka otomatis akan mengurangi kapasitas memori internal. 

Memori internal smartphone 16 GB, namun kenapa yang terdeteksinya hanya 10 GB ?

Tidak sedikit yang merasa bingung, sebab ketika membeli smartphone dengan memori internal 16 GB, namun saat dilihat pertama kali terkadang memori internal yang tersisa hanya ada 10 GB. Lantas kenapa memori internal 16 GB justru jadi 16 GB ?

Jika hal ini sobat alami, sebaiknya sobat tidak perlu bingung, apalagi sampai berburuk sangka pada salah satu vendor smartphone. Berkurangnya kapasitas memori internal tersebut adalah hal yang wajar. Hal ini dikarenakan sistem didalam smartphone, juga membutuhkan kapasitas memori untuk dapat mengoprasikannya. Sistem operasi Android saja misalnya, membutuhkan kapasitas memori internal hingga 4GB sampai 5GB. Untuk mengetahui hal ini, sobat bisa langsung mengeceknya, dengan cara masuk pada menu pengaturan, untuk kemudian memilih menu penyimpanan.

Lantas mungkin timbul pertanyaan lagi, kenapa memori smartphone penuh, padahal tidak ada aplikasi yang sedang diinstal ?

Pada dasarnya setiap smartphone Android yang kita gunakan, sistem operasinya akan senantiasa melakukan penyimpanan cache memori, pada setiap smartphone Android tersebut. Pengertian cache memori adalah catatan kegiatan, dan juga file yang pernah sobat buka dan gunakan. 

Fungsi cache sendiri adalah untuk sebagai history, menyimpan catatan aktivitas, mempercepat proses dengan menggunakan file yang sama dengan file yang pernah dibuka. Sehingga dengan hal ini maka berbagai aktivitas, seperti mendownload file dari interner, tidak lagi harus dilakukan secara berulang-ulang. Sehingga dengan demikian kita bisa lebih hemat waktu, hingga kuota. Aktivitas kita dalam mendownload file, gambar maupun aplikasi, akan menghadirkan cache yang secara otomatis tersimpan di memori. Sehingga dengan hal inilah, maka memori internal smartphone bisa cepat penuh sekalipun sobat tidak memasang aplikasi baru.

4 Cara Mengatasi Memori Smartphone Penuh


Berikut dijelaskan 4 cara mengatasi memori internal smartphone cepat penuh, caranya cukup mudah namun terbukti ampuh mengembalikan kapasitas memori agar cukup untuk melakukan update aplikasi, dan lainnya. 

1. Atur Tempat Penyimpana ke Memori Eksternal

Cepatnya memori smartphone penuh, tak jarang karena pengguna menyimpan aktivitasnya di dalam memori internal. Contohnya saja, saat memotret atau merekam video. Jika hal ini terus dibiarkan, tentu akan dapat mempercepat penuhnya kapasitas memori internal.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasi memori internal smartphone cepat penuh adalah dengan mengatur lokasi penyimpanan, dari memori internal ke memori eksternal.

Selain kita lebih leluasa untuk melakukan berbagai aktivitas, dikarenakan memori external mayoritas memiliki ukuran yang lebih luas. Lebih dari itu, hal ini juga akan menghindari dari menurunnya kinerja smartphone. Sebab ketika memori internal kekurangan kapasitasnya untuk menyimpan cache, maka hal ini juga akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot.

2. Rutin Melakukan Penghapusan Cache Aplikasi


Meskipun setiap aplikasi memiliki cache yang berbeda, namun secara keseluruhan fungsi yang dimilikinya hampir sama. Dimana fungsi utama cache tersebut adalah untuk menyimpan file sementara yang sering pengguna akses, mengurangi data kuota yang dibutuhkan, juga untuk mempercepat kinerja aplikasi yang terpasang pada smartphone.

Cara menghapus cache adalah dengan masuk ke menu pengaturan smartphone, lalu pilih menu aplikasi manager, kemudian sobat tingga menghapus setiap cache yang ingin dihapus, yaitu dengan cara klik hapus cache atau pun clear cache. Dengan cara ini, maka file cache yang sudah sangat menumpuk sekalipun akan dapat terhapus, sehingga dapat mengembalikan kapasitas memori internal menjadi tinggi kembali. 

Jika sobat ingin lebih praktis, sebaiknya segera instal aplikasi resmi Google untuk OS Android yang bernama Files Go. Dengan aplikasi ini, maka sobat akan dimudahkan untuk menghapus cache, hingga berbagai file yang tidak penting yang ada di smartphone.

3. Hapus File yang Tersisa di Dalam Aplikasi

Saat ini tidak sedikit dari kita yang sering mengguanakan aplikasi, yang dikirim dari smartphon lain, contohnya melalui aplikasi Shareit. Banyak yang tidak menyadari, jika aplikasi yang tersimpan di Android lain tersebut, ternyata juga masih tersimpan di penyimpanan sementara aplikasi Shareit, dengan lokasi penyimpanan di memori internal seperti halnya aplikasi tersebut. Maka jika sobat hapus aplikasi sementara ini, tentu kapasitas memori internal pun akan kembali bertambah karenanya.

4. Jangan Lupa Hapus File Aplikasi Offline

Saat memiliki banyak kuota, tak jarang kita mendownload video YouTube untuk kita tonton secara offline. Sehingga saat kita tidak memilii kuota, kita akan tetap bisa menonton kembali video tersebut. Selain menyenangkan, setiap video yang kita simpan secara offilne tersebut ternyata juga memakan banyak kapasitas memori internal. Sehingga membersihkan video offline tersebut, adalah salah satu cara terbaik untuk mengembalikan kapasitas memori internal smartphone.

Demikian penyebab dan cara mengatasi memori internal smartphone cepat penuh. Jika ada cara lain yang lebih baik, sudilah kiranya sobat mau menambahkannya di kolom komentar.




Post a Comment for "Penyebab dan Cara Mengatasi Memori Internal Smartphone Cepat Penuh "