Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Burning CD Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi Paling Mudah dan Simpel


Cara burning CD tanpa aplikasi biasanya sangat dibutuhkan, sebab dengannya kita hanya membutuhkan satu unit laptop untuk dapat melakukannya. Namun mengingat keinginan dan kepuasan orang berbeda-beda, maka pada postingan kali ini, selain membahas cara tersebut kami juga akan membahas cara burning CD menggunakan aplikasi.

Sebelum membahas kedua cara tersebut, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian burning CD itu sendiri. Pada dasarnya burning CD adalah memindahkan file, baik berupa documen, gambar, musik, maupun video dari data yang tersimpan di komputer, kartu memori, ataupun flash disk ke CD ataupun DVD.


Manfaat Burning CD

Biasanya burning CD sangat dibutuhkan mahasiswa tugas akhir. Dimana setelah semua tugas selesai, selain dalam bentuk cetak, maka semua filenya harus diserahkan dalam bentuk CD. Jika belum tahu mungkin kita akan menggap tinggal copas saja, namun jenis file yang berbeda dalam CD ternyata membutuhkan perlakuan khusus.

Jika berbicara manfaat burning CD tentu banyak sekali, diantaranya lebih hemat biaya. Sebab jika mahasiswa harus mengumpulkan filenya dalm flashdisk, tentu lebih mahal bukan. Selain itu juga sangat bermanfaat untuk usaha bisnis, seperti usaha percetakan foto, video shooting, hingga jasa burning CD itu sendiri.


Cara Burning Tanpa Aplikasi

Cara burning CD tanpa aplikasi terbilang sangat simpel, yang penting ada komputer yang suport VCD/DVD, maka sobat bisa melakukannya. Selain tak perlu ribet karena harus instal aplikasi, sobat pun tentu bisa melakukannya di warnet dengan waktu beberapa menit saja. 

Untuk lebih jelasnya mengenai cara burning CD tanpa aplikasi, mari langsung saja kita simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan CD/DVD blank
2. Masukan CD tersebut kedalam CD Room PC atau pun laptop.
3. Setelah CD/DVD yang baru sobat masukan tersebut terbaca, maka akan muncul pilihan seperti pada gambar di bawah ini. Pilihlah with a CD/DVD player, kemudian klik next. 


4. Setelah itu, maka akan terlihat isi file di dalam CD tersebut yang masing kosong. Selanjutnya sobat tinggal copy paste, file yang akan diburning tersebut pada CD tersebut seperti halnya pada flashdisk.

5. Bila file tersebut telah berhasil disalin ke dalam CD yang dimaksud, maka langkah selanjutnya sobat tinggal klik tab Share lalu klik Burn to Disk, ataupun langsung klik Burn to Disc tersebut.


6. Pada jendela baru yang muncul, silahkan sobat bisa ganti judul disc terebut pada menu title. Setelah itu pilihlah kecepatan maksimum pada recording speed, untuk selanjutnya klik Next.


7. Tunggu sampai proses burning file ke dalam CD tersebut benar-benar selesai. Kecepatan waktu pemrosesan ini, sangat ditentukan oleh besarnya ukuran file dan kecepatan CD-Room yang sobat gunakan.



8. Selesai, file pun sudah berhasil sobat pindahkan kedalam CD. Jika hendak menambahkan file lainnya, silahkan sobat tinggal kembali mengulang cara di atas. Bagaiamana mudahkan sobat cara burning CD tanpa aplikasi ini ?


Cara Burning CD dengan Aplikasi 

Setelah membahas cara burning CD tanpa aplikasi, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas, cara burning CD menggunakan aplikasi. Sebenarnya aplikasi yang dapat digunakan untuk burning CD itu cukup banyak, seperti ImgBurn, Nero, dan juga PowerIso. Namun pada postingan kali ini, kita akan membahas yang paling populer saja yakni Nero Burning ROM.

Adapun cara burning CD menggunakan aplikasi Nero tersebut, tahapannya adalah sebagai berikut :

1. Seperti biasa siapkan terlebih dahulu CD kosong, dan CD Room yang terpasang pada PC ataupun laptop.


2. Silahkan buka aplikasi Nero Burning ROM yang sudah terinstal pada perangkat yang sobat gunakan.

3. Lihat tampilan gambar di bawah, pilihlah kategori file CD yang diinginkan, menyesuaikan jenis file yang akan sobat simpan dalam CD tersebut. Contohnya jika sobat ingin menyimpan berkas file dalam bentuk PDF, maka sobat tinggal memilih CD-ROM (UDF).

4. Selanjutnya pilih Multitession, jika laptop sobat sudah dilengkapi Nero DiscSpan, langkah selanjutnya sobat pilih No Multitession. 

5. Pilih dan klik tombol New.

Image via nesabamedia.com


6. Pilih file yang akan diburning atau disimpan dalam CD, seperti pada gambar di bawah ini.

 
7. Silahkan klik kanan agar dapat memunculkan berbagai options, kemudian pilih copy untuk menyalin file tersebut.



8. Pastekan file tersebut pada kolom kedua disebelah kiri.

9 .Setelah semua file berhasil disalin ke dalam CD, selanjutnya sobat tinggal pilih Burn.



10.Untuk mencocokan pilihan, selanjutnya pastekan kembali pada kotak dialog Burn Compilation seperti gambar berikut.



11. Pilih tab Burn, silahkan beri tanda ceklis pada Write dan Verify written data. Di menu ini, sobat pun bisa mengatur kecepatan penyalinan file tersebut, jika sudah silahkan klik menu Burn.



12. Konfirmasikan proses bruning dengan menekan tombol yes, maka proses burning pada aplikasi Nero pun akan langsung berjalan.
13. Selanjutnya sobat tinggal menunggu proses tersebut hingga benar-benar selesai.


14. Jika proses burning dengan aplikasi Nero Burning ROM ini sudah selesai, maka akan langsung muncul gambar berikut. Untuk menutup pop-up tersebut, berikutnya sobat tinggal klik OK.


Demikianlah cara burning CD tanpa aplikasi, dan cara burning CD dengan aplikasi Nero Burning ROM. Jika belum begitu jelas, sobat bisa melihat tutorialnya pada video di bawah ini, atau langsung dapat ditanyakan di kolom komentar.


Post a Comment for "Cara Burning CD Tanpa Aplikasi dan dengan Aplikasi Paling Mudah dan Simpel"