Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 10 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya


Blog sepi pengunjung adalah sesuatu yang sangat meresahkan bagi para blocker. Betapa tidak, sebab salah satu tujuan utama seorang blogger adalah memang mendatangkan banyak visitor, atau pengunjung yang datang ke halaman blognya.

Lantas apa penyebab blog sepi pengunjung padahal jumlah artikel sudah banyak.?Melalui postingan kali ini kita akan membahasnya, lengkap dengan solusinya. Sehingga dengan demikian, selain semangat ngeblog akan terdongkrak kembali, lebih dari itu penghasilan sobat dari blog pun akan semakin tinggi.

Baca Juga : 16 Sumber Penghasilan Blogger untuk Mendapatkan Banyak Uang

Meski memang, bagi sebagian blogger berpendapat bahwa jumlah pengunjung bukan segalanya. Namun, jika sobat memiliki jumlah visitor blog tinggi, tentu segalanya akan lebih mudah untuk menghasilkan berbagai hal yang memuaskan pula.

Pada dasarnya penyebab visitor blog sepi itu cukuplah banyak, namun diantara yang sering terjadi adalah dikarenakan ke- 10 faktor ini. Berikut dijelaskan 10 penyebab blog sepi pengunjung tersebut.

1. Blog Belum Memiliki Banyak Artikel

Tidak sedikit para blogger, khususnya para pendatang baru menginginkan banyak jumlah visitor pada blognya, namun ternyata tulisan yang mereka buat masih sangat sedikit.

Wajar jika blog sepi pengunjung, sebab jumlah artikel adalah salah satu penyebab blog sepi pengunjung. Logikanya seperti ini, jika sobat hanya memiliki 10 artikel maka kesempatan orang berkunjung tentu hanya dari artikel itu, beda halnya jika sobat sudah memiliki ribuan artikel dalam blognya.

Jika setiap tulisan bisa dibaca orang sehari saja artikelnya, maka tentu sudah memiliki ribuan pengunjung. Lantas bagaimana jika satu artikel saja bisa dibaca puluhan hingga ratusan orang tiap harinya. Inilah bukti, bahwa rajin menulis adalah cara menambah visitor blog paling jitu.

2. Rendahnya Peringkat Blog

Penyebab blog sepi pengunjung berikutnya, adalah karena peringkat blog sobat rendah, dehingga sulit bersaing untuk dapat tampil lebih dulu di search engine. Padahal setiap waktunya persaingan semakin sengit, blogger yang sangat besar jumlahnya saling berlomba untuk dapat muncul di halaman pertama search engine. Padahal Google pun hanya bisa memunculkan 10 artikel di setiap satu halaman pencariannya.

Oleh karena itu, sobat harus benar-benar lebih giat lagi dalam memahami tentang teknik seo, sehingga blog sobat bisa muncul di halaman pertama. Untuk memahami tips seo dan tips blogger lainnya, silhkan sobat bisa klik di sini.

3. Salah dalam Memilih Niche atau Tema Blog


Pemilihan tema blog sangat penting, sebagai cara meningkatkan visitor blog setiap waktunya. Selain memilih niche yang benar-benar sobat kuasai, sehingga bisa mengulas sesuatu lebih detail dan dalam. Lebih penting dari itu, sobat juga harus memilih tema yang selalu populer. Tidak sedikit blog selalu sepi pengunjung adalah karena salah dalam memilih tema. Oleh karenanya, memilih tema blog yang tepat, adalah cara jitu memiliki visitor blog yang selalu banyak.

Setelah memilih tema yang tepat, kembali lagi ke poin sebelumnya. Yakni harus memiliki konten atau artikel yang banyak, sebab konten adalah raja. Sehingga semakin banyak konten dalam blog sobat, maka kesempatan untuk merajai halaman pertama Google pun akan senantiasa terbuka lebar. Jika blog kita mampu muncul di halaman pertama, mendapatkan banyak visitor bukanlah barang mewah lagi, sebab  semua akan terasa sangat mudah.

4. Jangan Buat Konten Hasil Copy Paste

Tidak sedikit para blogger pemula, yang melakukan copy paste artikel dari blog lain, karena menganggap hal itu dapat mendatangkan banyak visitor. Sebab dengan menyalin artikel orang lain, maka artikel di blog akan cepat banyak.

Padahal perilaku copy paste artikel, justru akan menyebabkan kredibiltias blog buruk di mata mesin pencari dan para pembaca. Sehingga dengan demikian, maka blog tersebut akan sulit untuk muncul di halaman pertama Google, dan memiliki banyak para pembaca tetap.

Lebih dari itu, jika pemilik blog yang kamu copas tersebut tidak terima dan melaporkan hal tersebut, maka selain namamu buruk, masa depan blog kamu pun akan hancur.

Oleh karena itu, buatlah artikel sendiri sehingga masa depan blog akan cerah. Selain itu, Google memang sangat menyukai berbagai hal yang bersifat baru. Jika konten dalam blog hasil karya sendiri, maka keaempatan untuk muncul di halaman pertama Google pun makin terbuka lebar.

Baca : Ini 7 Cara Ampuh untuk Membuat Semua Postingan Blog jadi Halaman Pertama Google.

5. Menjadi Korban Copy Paste

Copy paste selain merupakan perilaku tidak terpuji, juga akan sangat merugikan oramg lain. Sebab jika artikel dalam blog kamu di copy paste, ia akan menjadi salah satu penyebab blog  sepi pengunjung. Kenapa demikian?

Sebab bisa jadi konten blog kamu yang dicopas tersebut, justru yang banyak dikunjungi. Sehingga blog kamu sebagai pemilik asli konten tersebut justru tenggelam, dikarenakan pengunjung sudah mendapatkan informasi tersebut, darin konten kamu yang di copas tersebut di blog orang lain.

Jadi pengunjug akan berkunjung ke blog pencuri konten tersebut, karena tulisannya sama dan blog dia lebih mudah ditemukan.


6. Memiliki Sedikit Konten yang Menarik

Konten yang menarik adalah salah satu cara menaikan trafik blog dengan sangat cepat. Sebaliknya blog yang memiliki sedikit konten menarik, besar kemungkinannya dia justru akan susah untuk mendapatkan banyak visitor.

Oleh karenanya buatlah postingan menarik, yang dicari banyak orang serta memiliki manfaat jangka panjang, alias tidak musiman. Hal inilah yang kemudian akan membuat blogmu setiap harinya memiliki banyak sekali jumlah pengunjung.

7. Konten Kebanyakan Bersifat Informasi Sesaat

Informasi sesaat hanya akan dikunjungi dalam waktu sesaat. Misalnya kamu menulis kejadian hari ini, maka tulisan tersebut hanya akan berlaku untuk hari ini saja.

Sebisa mungkin buatlah artikel yang tidak musiman, yang tidak hanya dibutuhkan orang hari ini saja, tapi juga besok dan seterusnya. Contohnya adalah konten tentang tutorial, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

8. Memiliki Navigasi yang Buruk

Navigasi yang buruk adalah penyebab blog sepi pengunjung yang banyak tidak disadari blogger pemula. Sebab dengan navigasi yang buruk, maka akan sulit menjadikan pengunjung betah berlama-lama di blog kita.

Lebih dari itu, navigasi yang buruk, juga akan menyebabakan bounce rate tinggi sehingga search engine menganggap blog kamu memiliki kinerja yanh buruk. Akibatnya, tentu saja konten kamu akan berada di halaman belakang Google sehingga akan sangat sulit untuk mendapatkan pengunjung.

Oleh karena itu, buatlah navigasi blog yanh baik. Sediakan daftar isi atau pilihan artikel yang mudah, sehingga pengunjung akan betah dan berlama-lama di blog kamu, untuk menambah viewer pada tiap konten. Inilah salah satu cara meningkatkan viewer blog, dan memperbaiki reputasi blog kita di mesin pencari.

9. Loading Blog Terlalu Lama

Loading blog yang terlalu lama, akan menyebabkan banyak pengunjung membatalkan niatnya untuk membaaca konten dari blog kita. Dampaknya blog akan mendapatkan bonce atau rasio pentakan yang tinggi, seperti pada poin nomer 8.

Oleh karena itu buatlah blog kamu menjadi cepat proses loadingnya. Adapun cara mempercepat loading blog diantaranya adalah tidak menggunakan banyak widget, menggunakan template blog yang responsive, mengatur ukuran gambar dalam setiap postingan dan lain sebagainya.

10. Tidak Memikirkan SEO

Penyebab blog sepi pengunjung yang terakhir, yang akan kita bahas adalah karena sobar tidak memikirkan teknik SEO. Padahal memahami dan menerapkan SEO adalah sesuatu yang mutlak harus dilakukan agar blog memiliki trafik tinggi.

Setidaknya, sobat harus paham akan pentingnya Alexa, blogwalking, dan upadte postingan setiap hari dalam SEO.

Demikian 10 penyebab blog sepi pengunjung dan solusinya. Hindari semua hal tersebut agar trafik blog selalu tinggi, jika ada salah satu hal yang kamu alamai, segera perbaiki. Sehingga blog kamu tidak terlalu lama mengalami penurunan jumlah visitor tersebut.

Referensi Kami : Hanya Sekali Daftar, Ini Cara Supaya Blog Diterima Adsense

2 comments for "Inilah 10 Penyebab Blog Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya"

  1. mudah-mudahan blog saya bukan termasuk yg spt diatas

    ReplyDelete

Komentar