Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Blogger Blogspot Lengkap Khusus Pemula Sampai Menghasilkan Uang Banyak


Panduan blogger blogspot tentu sangat dibutuhkan, khusunya bagi kamu yang baru hendak membuat blog dengan melalui blogger.com.


Blogger.com adalah salah satu situs membuat blog yang sudah sangat banyak penggunanya. Selain karena bisa digunakan secara cuma-cuma, untuk menggunakannya pun cukup mudah. Dikarenakan alamat yang digunakan blogger.com dalah blogspot, maka di negara kita layanan ini blog ini juga lebih dikenal dengan sebutan blogspot.

Meskipun penggunaannya terbilang mudah, namun bagi pemula yang baru belajar tak jarang masih ada yang merasa bingung dan ribet. Atas alasan tersebutlah artikel ini dibuat, dengan harapan dapat membantu para bloger pemula cara membuat blog.

Besar harapannya, tulisan cara membuat blog ini dapat membantu bloger pemula untuk membuat blog, yang kelak bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah untuknya.  Sehingga blog membangun inspirasi akan membahas tuntas, dari awal pembuatan sampai blog tersebut menghasilkan uang.

Alasan Menggunakan Blogger.com

Sebelum membahas lebih jauh, agar kamu lebih mantap menggunakan layanan blogger.com, maka kamu harus tahu terlebih dahulu kenapa kamu memilih blogger.com.  Padahal kan tidak sedikit layanan blog lain yang bisa digunakan.

Meskipun layanan lain memang banyak, namun bloger Indonesia mayoritas memang menggunakan blogger.com, mau tahu alasannya?
Diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Layananannya dapat diakses secara gratis
  • Sangat cocok bagi pemula, karena penggunannya terbilang sangat mudah
  • Memiliki fitur yang terbilang lengkap
  • Bisa digunakan untuk sumber penghasilan yang tak terbatas
  • Sebagai salah satu layanan milik Google maka  pengguna akan senantiasa merasa aman dan percaya.
  • dan lain-lain
Cara Membuat Blog di Blogger.com

Hal yang perlu kita bahas sebelum yang lainnya, tentu yang dibahas adalah cara membuat blog sebagai awal dari segalanya. Cara membuat blog di blogger.com terbilang sangat mudah, apalagi jika kamu sudah memiliki gmail dan akun Google+, proses ini akan dapat sangat cepat sekali untuk direalisasikan.

Setelah akun Google sobat sudah siap, langjah selanjutnya kamu tinggal masuk ke blogger.com menggunakan akun Google tersebut.

  1.  Silahkan masuk ke https://blogger.com dan sign-in dengan gmail kamu.
  2.  Setelah masuk, maka akan ada dua pilihan opsi, yaitu profil Blogger terbatas dan Google+, silahkan pilih salah satunya, dan sebagai rekomendasi pilihlah opsi Google+.
  3. Jika belum memiliki profil Google+, silahkan buat terlebih dahulu dengan cara klik tulisan buat profil Google+ yang muncul.
  4.  Jika sebelumnya sudah memiliki akun Google+, silahkan klik Lanjutkan ke Blogger.

Image via sugeng.id
4. Untuk membuat blog baru, silahkan kamu klik Blog Baru



5. Silahkan isi data yang muncul yaitu judul blog yang diinginkan, alamat link blog, dan pilih tema blog.



6. Setelah semua data terisi, langkah selanjutnya kamu tinggal klik Buat blog, maka setelah itu blog kamu pun selesai di buat.

7. Untuk mengecek penampilan blog yang sudah jadi, maka langkah selanjutnya sobat tinggal klik Lihat blog.



Memahami Fungsi Menu-Menu di Blogger.com

Sebagai calon Blogger sukses, kamu tentu harus memahami dengan baik berbagai ilmu dasar yang ada di blogspot, salah satunya memahami dengan baik fungsi menu-menu blogger.com tersebut.

Dengan memahami berbagai fungsi yang dimiliki menu tersebut, maka kedepannya kamu akan senantiasa mengurus blog milikmu dengan sangat baik.

Menu-menu blogger.com tersebut, dapat sobat temukan tepat di sebelah kiri dasboard. Adapun  penjelasan mengenai masing-masing menu bloger.com tersebut adalah sebagai berikut ;
  • Daftar Blog yang berada di sebelah kiri paling atas, memiliki fungsi untuk melihat daftar blog yang dimiliki, jika kamu memilikinya lebih dari satu.
  • Entri Baru berfungsi untuk membuat postingan artikel baru
  • Postingan, Semua, dan Diterbitkan memiliki fungsi untuk melihat semua daftar artikel yang telah kamu tulis.
  • Statistik berfungsi untuk melihat data statistik blog seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan halaman, sumber pengunjung dan lainnya.
  • Komentar berfungsi untuk menampilkan semua komentar yang masuk pada blog kamu.
  • Kampanye,  menu ini hanya dapat digunakan jika kamu ingin mempromosikan blog kamu melalui Google AdWord, namun untuk dapat menikmati fasilitas ini kamu harus mengeluarkan uang untuk membayarnya.
  • Halaman memiliki fungsi untuk membuat menampilkan semua daftar halaman statis yang ada pada blog kamu.
  • Tata Letak berfungsi untuk mengatur tata letak blog dan memasang widget yang diinginkan, seperti widget jumlah visitor, artikel polpuler, pengikut, dan lain-lain.
  • Tema berfungsi untuk mengedit atau mengganti tema blog.
  • Setelan berfungsi untuk mengatur blog kamu, seperti mengganti judul blog, mengganti alamat, mengganti bahasa blog, dan lainnya.

Cara Menulis dan Memposting Artikel di Blogger.com

Setelah blog kamu berhasil dibuat, maka setelah itu kamu bisa memulai untuk membuat artikel. Cara menggunakannya sebenarnya sangat mudah, bahkan hampir sama seperti ketika kamu menulis email. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Silahkan login terlebih dahulu ke blogger.com
2. Jika sudah login, silahkan klik tulisan Entri baru

 3Setelah itu kamu akan diarahkan pada halaman editor, untuk dapat menulis artikel di blogger.
Silahkan perhatikan baik-baik gambar dan penjelasannya di bawah ini :


  1. Judul artikel
  2. Isi artikel
  3. Menu untuk mengganti warna tulisan, ukuran font, upload gambar dan video, dan lainnya.
  4. Format postingan, khusus pemula disarankan hanya memilih Compose, sebab jika klik HTML yang muncul adalah kode-kode HTML yang akan cukup membingunkan.
  5. Label artikel
  6. Tanggal penulisan artikel
  7. Tautan artikel yang ditulis
  8. Lokasi saat menulis artikel, tidak harus diisi.
  9. Beberapa pilhan opsi lain yang tersedia
  10. Berfungsi untuk mempublikasikan artikel yang telah dibuat.
  11. berfungsi untuk menyimpan artikel ke draf
  12. Berfungsi untuk mereview tampilan postingan sebelum benar-benar dipublish.
4. Setelah kamu paham dengan fungsi menu-menu editor artikel pada blogger.com tersebut, maka langkah selanjutnya sobat tinggal menulis tentang apapun yang ingin sobat tulis.

5. Jika dirasa sudah cukup dan kamu ingin artikelnya segera terpublish, maka kamu tinggal klik Publish atau Publikasikan.

Setelah itu maka tulisan kamu  sudah online di internet, dan telah bisa dibaca oleh semua orang yang ada di dunia.  Bagaimana mudahkan sobat cara menulis artikel di blogger.com ini ?


Cara Membuat Halaman Statis di Blogger.com

Pada dasarnya halaman statis hampir sama dengan halaman pos, namun keduanya memiliki fungsi dan perbedaannya masing-masing. Sederhanaya fitur laman ini dapat kamu gunakan untuk membuat halaman seperti Tentang Saya, Kontak Saya, Disclaimer, dan lain sebagainya.

Perbedaan Halaman dan Pos

Di bawah ini dijelaskan perbedaan dasar yang dimiliki halaman dan pos :

Halaman
  • Tidak ditampilkan secara default pada halaman depan blog
  • Tidak diarsipkan berdasarkan tanggal publish
  • Tidak memiliki label, tanggal publish dan author
  • Dikhususkan untuk konten yang jarang diupdate
  • Menggunakan format URL permalink seperti ini: http://namablog.blogspot.com/p/nama-laman.html
Pos
  • Ditampilkan di halaman depan blog
  • Diarsipkan berdasarkan tanggal publish
  • Memiliki label, tanggal publish dan author
  • Dikhususkan untuk konten yang sering diupdate
  • Menggunakan format URL permalink seperti ini: http://namablog.blogspot.com/tahun/bulan/nama-post.html

Cara Membuat Halaman di Blogger.com

Untuk membuat halaman di blogger.com, caranya tidaklah berbeda seperti cara kamu dalam membuat artikel tadi, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Silahkan masuk ke dashboard
  • Klik menu Halaman
  • Klik Halaman baru


  • Silahkan isi judul, dan juga konten untuk halaman statis tersebut.
  • Jika dirasa cukup, untuk mempublikasikannya silahkan kamu tinggal pilih dan klik Publishkan.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa halaman di blogger secara default tidak ditampilkan di blog. Selain itu juga tidak ada link yang dapat diklik untuk mengarah ke halaman statis yang telah kamu buat tersebut. Agar halaman tersebut dapat tampil di blog, maka kamu bisa menggunakan wiget halaman.

Untuk dapat menampilkan halaman tersebut, sobat harus menggunakan menu tambahkan widget pada blog, adapun widget yang digunakan tentu saja widget halaman. Adapun langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Silahkan masuk ke menu Tata Letak
  2. Pilih dan klik Tambahkan Gadget
  3. Pilih widget Halaman
  4. Berikan centang halaman statis yang ingin ditampilkan
  5. Klik simpan, maka halaman statis pun akan muncul di blog.

Cara Memasang Gadget di Blogger.com

Gadget atau Widget di blogger.com adalah sebuah konten di dalam blog selain artikel. Umumnya posisi gadget ini berada di bagian sider blog.

Sifat widget pada dasarnya bersifat opsional, alias tidak harus dipasang pada blog. Namun dalam situasi dan keadaan tertentu, para blogger lebih memilih menggunakan gadget ini untuk menunjang berbagai keperluannya. Setelah widget terpasang, kamu pun bisa dengan mudah memindahkan posisinya sesuka hati, bahkan jika dirasa sudah tidak diperlukan kamu bisa menghapusnya kembali.

Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk menambah gadget pada blog tersebut :

  • Silahkan login terlebih dahulu ke blogger.com
  • Klik Layout atau Tata letak
  • Untuk menambahkan widget silahkan klik add a gadget atau Tambahkan gadget



  • Widget apa saja yang ingin di pasang, kamu silahakn memilihnya sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Sangat disarankan hanya menggunakan widegt yang dibutuhkan saja, memasang terlalu banyak pada blog akan membuat blog tampil tidak rapi, dan mengganggu kenyamanan pengunjung.

Widget yang Harus Dipasang

Tidak sedikit blogger pemula yang menganggap jika mereka memasang banyak widget pada blognya, maka blognya akan semakin keren. Dengan pandangan seperti itu, tak heran akhirnya mereka pun memasang banyak widget pada blognya. Padahal pada kenyataannya justru kebalikannya.

Semakin sedikit widgwt yang terpasang di blog, maka blog kamu pun akan semakin bagus. Hal ini dikarenakan semakin sedikit widget, maka proses loading pun akan semakin cepat. Selain itu pengunjung juga tidak akan bingung, karena terlalu banyaknya widget pada blog.

Adapun beberapa widget yang direkomendasikan untuk kamu gunakan adalah, widget profil, arsip, label, dan entri populer.

Selain itu, ada juga wiget html/javascript yang sangat sering digunakan oleh para blogger. Widget ini biasanya digunakan saat kamu ingin memasang widget pihak ketiga yang bukan berasal dari blogger.com, seperti untuk memasang banner iklan.

Cara Mengganti Tema Blog Agar Penampilannya Semakin Keren

Tema dalam sebuah blog adalah sesuatu yang sangat penting, sebab ia merupakan salah satu penentu utama pengunjung akan betah berlama-lama berada di blog kita. Selain itu pengaturan tema juga akan membuat tampilan blog semakin tampak profesional.

Kerennya, blogger.com selain menyediakan tema bawaan kita juga bisa dengan mudah mengganti tampilan tema tersebut sesuai denga keinginan kita. Baik menggunakan tema bawaan blogger, ataupun tema pihak ketiga yang banyak bertebaran di jagat maya, baik yang berbayar maupun free.

Sangat disarankan sobat memilih menggunakan tema blog pihak ketiga, sehingga tampilannya semakin terlihat premium. Lantas bagaimana cara mengganti tema blog tersebut? Berikut caranya :
Nah kemungkinan besar

1. Silahkan Mencari Tema Blog yang Sesuai

Untuk mengganti tema blog pihak ketiga, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari template blogger yang kemudian bisa di download.

Untuk mendapatkannya silahkan bisa sobat tulis kata pencarian tema pada search engine Google, misalnya Tema Blogger Keren, Tema Blog Gratis, Tema Blog 2 Kolom, Tema Blog 4 Kolom dan lain-lain.

2. Meng-extract File Tema

Saat kita mendownlaod tema blog di internet, file tersebut biasanya dalam format .rar atau .zip. Untuk dapat memasang tema blog tersebut, maka kamu harus men-extract file hasil downloadan tersebut.

Setelah kamu extract maka kamu akan menemukan extensi . xml dalam file tersebut, itulah nanti yang akan kamu upload pada menu bloger.com, untuk keperluan mengganti tema atau penampilan blog kamu.

Langkah-langkah memasang tema blog

Adapun langkah-langkah memasang tema blog tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Login ke blogger.com
  2. Klik Tema pada halaman Dasboard
  3. Klik tombol Backup/Pulihkan.
  4. Sebagai backup cadangan, silahkan download tema lama terlebih dahulu, dengan cara klik Download Tema.
  5. Setelah itu kamu tinggal klik Chose File untuk memilih file tema baru yang ingin kamu pasang tersebut.
  6. Klik Upload untuk kemudian memasangnya.

Untuk mengecek apakah tema blog kamu sudah berhasil diganti atau belum, maka kamu tinggal mengecek dengan membuka blog kamu. Setelah tema tersebut berhasil diganti, maka selanjutnya kamu pun biasanya akan diharuskan untuk mengatur widget-widget pada blog kamu.

Itulah cara mengganti tema blog, yang sangat simpel namun tidak sedikit yang menganggapnya ribet. Padahal jika kita mau mempelajarinya, maka kita bisa mengganti tema tersebut sesuka hati dengan sangat mudah.

Cara Mengganti Logo Favicon Blog

Setelah paham cara mengganti tema blog, maka selanjutnya kita akan belajar mengganti favicon blog agar tampilannya semakin keren dan memiliki ciri khas tersendiri.

Pengertian Favicon

Mendengar kata favicon mungkin tidak sedikit sobat yang bertanya akan pengertian favicon itu sendiri. Favicon sendiri adalah kepanjangan dari Favorite Icon yakni sebuah gambar icon yang muncul pada address bar suatu website.  Favicon ada juga yang menyebutnya sebagai bookmark icon, shortcut icon, URL icon, atau website icon.

Defaultnya saat kamu membuat blog di blogger, maka blog kamu akan otomatis memiliki favicon yang berbntuk logo Blogger pada umumnya.



L;ogo tersebut dapat sobat ganti sesuai dengan favicon atau logo blog kamu sendiri, adapun cara mengganti logo favicon blog tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Siapkan logo baru yang akan digunakan dengan sebuah gambar berukuran persegi berukuran maksimal 100 KB.
  2. Silahkan login ke blogger.com
  3. Setelah berada pada Dasbor Blogger, silahkan sobat klik Tata Letak
  4. Klik Edit pada bagian Favicon
  5. Klik Chose File dan pilihlah gambar Favicon yang sebelumnya telah kamu sediakan.
  6. Klik simpan


Meskipun sudah berhasil memasang favicon baru pada blog kamu, biasanya tidak sedikit yang mengalami ketika dicek faviconnya masih berbentuk logo bawaan blogger. Hal ini wajar dikarenakan pengaruh cache browser, sehingga untuk melihat perubahan yang sesungguhnya maka kamu harus menghapus cache tersebut.

Cara Mengganti Judul Blog dan Logonya

Cara mengganti judul blog dan logonya, juga sangat penting untuk sobat ketahui. Hal ini tentu saja agar tampilan blog kamu semakin keren dan profesional.

Adapun cara mengganti judul blog dan mengganti logo blog tersebut, adalah sebagai berikut :

  • Silahkan buat terlebih dahulu logo blog yang sesuai dengan jensi blog dan keinginan kamu.
  • Silahkan login ke blogger.com
  • Setelah berada di dasbor silahkan klik Tata Letak
  • Klik Icon Pensil/Edit yang berada pada bagian judul blog tersebut.


  • Silahkan ikuti petunjuk sesuai gambar yang tertera di bawah ini :



  • Pilih selain judu dan keterangan, dan kemudian klik simpan untuk menyimpannya.

Itulah cara mengganti judul dan logo blog, sangat mudah bukan ?

Cara Membuat Blog Menghasilkan Uang

Untuk membua blog menghasilkan uang sebenarnya gampang-gampang susah. Susahnya jika kamu malas mengerjakannya, namun akan terasa sangat gampang jika kamu memang sering update artikel di blog kamu.

Silahkan kamu buat artikel sebanyak mungkin, maka setelah usia blog kamu cukup kamu pun akan bisa mendapatkan penghasilkan dari Blog. Bagaiamana caranya, akan kita bahas dalam artikel berbeda.

Baca  : 16 Sumber Penghasilan yang Bisa Kamu Gunakan untuk Menghasilkan Banyak Uang dari Blog

Post a Comment for "Panduan Blogger Blogspot Lengkap Khusus Pemula Sampai Menghasilkan Uang Banyak"