Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Ampuh Mengatasi Baterai Handphone Bocor

batrai handphone bocor
via tribunnews.com
Baterai handphone bocor adalah suatu hal yang sangat menjengkelkan bagi para pengguna handphone. Betapa tidak, dengan batrai handphone bocor maka daya tampung batrai menjadi sangat rendah. Sehingga selain menyebabkan daya tahan batrai sangat minim, smartphone pun bisa menjadi panas, dan bisa cepat rusak karenanya.

Ciri-ciri baterai handphone bocor

Mengetahui ciri-ciri handphone bocor, adalah salah satu langkah tepat untuk kita bisa segera mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu, dengan mengetahui ciri-ciri batrai handphone bocor, diharpkan kita bisa segera memperbaikinya, atau memperlakukan smartphone dengan baik agar tidak menimbulkan kerusakan yang parah, pada smartphone itu sendiri.

Berikut ciri-ciri baterai handphone bocor tersebut

1.Bagian Belakang Batrai Terasa Panas

Jika saat menggunakan smartphone, sobat sering merasakan hawa panas pada bagian belakang batrainya. Maka besar kemungkinan, jika batrai handpone sobat mengalami kebocoran,

2. Kondisi Fisik Batrai Terlihat Menggembung

Penulis yakin, sobat pernah melihat atau bahkan mengalami batrai handpohne mengembung. Menggembungnya kondisi batrai tersebut, adalah bukti kuat jika batrai handphone sobat sudah mengalami kebocoran cukup parah. Oleh karena itu jika hal tersebut terjadi, sangat dianjurkan untuk sobat segera mengganti batrai smartphonenya.

3. Saat dicharger batrai kadang tidak mau mengisi

Ciri yang terjadi saat batrai handpone mengalami kebocoran , umumnya juga saat diisi daya batrai tersebut kadang tidak mau mengisi. Hal ini biasanya ditandai dengan, indikator baterai yang memperlihatkan keluar masuk saat di charger, atau kadang masuk kadang tidak arus listriknya. Hal ini berarti menandkan, batari pada handphone tersebut sudah tidak stabil lagi, alias mengalami kebocoran.

4. Tidak stabilnya indkator batrai di smartphone, menandakan baatrai bocor

Terkaadang kita dibuat bingung, dengan indikator batrai pada handphone yang tidak stabil. Dalam satu kesempatan, indikator batrai tersebut menunjukan sedikit. Namun tanpa kita charger, beberapa waktu kemudian indikator batrai tersebut, mengalami penambahan yang sangat signifikan. Selain itu terkadang juga muncul tanda x pada indikator batrai, jika hal tersebt terjadi pada handphone sobat, maka dapat dipastikan jika batrainya telah mengalami kebocoran.

5. Batrai langsung mati, saat indikator batrai masih menunjukan ada daya

Umumnya tanda kebocoran batrai handphone, juga ditandai dengan handphone yang tiba-tiba mati. Biasanya hal itu terjadi saat kita hendak menggunakan handphone, namun indikator batraai menunjukan sedikit, contoh menunjukan satu atau dua.
Padahal umumnya dalam kondisi batrai yang baik, meskipun indikator batrainya menunjukan satu, umumnya masih dapat digunakan dalam waktu yang cukup lama.

6. Daya Batrai Cepat Habis

Ciri lain yang menunjukan batrai handphone sobat bocor, adalah batrainya cepat habis meskipun handphone jarang digunakan. Bahkan tak jarang, saat kita menggunakan handphone untuk aktivitas ringan saja, daya batrai menunjukan penurunan yang siginfikan, hingga tak jarang mati secara tiba-tiba.

Lalu apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui batrai kita mengalami kebocoran ?

Cara Memperbaiki Batreai Handphone Bocor

Cara untuk memperbaiki baterai handphone bocor adalah sebagai berikut :
  1. Lepaskan batrai dari ponsel sobat
  2. Diamkan batrai beberapa saat untuk menetralkan suhu batrai
  3. Masukan batrai ke dalam plastik kedap udara, tutup / ikat plastik sampai tidak ada udara yang bisa keluar masuk.
  4. Masukan batrai yang sudah berada dalam plastik tertutup tersebut ke dalam freezer, lemari es.
  5. Diamkan batrai tersebut dalam freezer paling sebentar selama 12 jam.
  6. Keluarkan batrai dari freezer setelah mencapai waktu yang ditentukan.
  7. Keluarkan batrai dari plastik, lap sampai bersih, kemudian diamkan selama 2 jam.
  8. Cas/ isi daya batrai dengan menggunakan desktop
  9. Setelah batrai benar-benar terisi penuh, kurang lebih selama 8 jam waktu pengisian, lepaskan batrai dari destkop.
  10. Selanjutnya pasang batrai pada handphone sobat, nyalakan handphone sobat dan rasakan perubahan positive setelahnya. Batrai handphone sobat akan menjadi lebih tahan lama setelahnya.
Jika ada kebingungan dari langkah di atas, silahkan sobat bisa melihat detail pada video ini .

Demikian sobat, semoga berguna
Salam kepedulian

Post a Comment for "Inilah Cara Ampuh Mengatasi Baterai Handphone Bocor"