Rahasia Kaya Raya dari Blog : Yosef Ardi Memilih Keluar dari Managing Editor untuk Fokus pada Problogger

Gb.http://yomamen.com


Dilansir dari yomamen.com, Yosef Ardi merupakan salah satu blogger terkaya di Indonesia dengan blognya yosef-ardi.blogspot.com yang di dirikan pada tahun 2005 lalu.

Pria lulusan University of California ini menjadikan bloging sebagai hobinya, setelah mengikuti kelas blogging di sela-sela kuliahnya di Businness journalism di  kampusnya tersebut. Karena pengetahuannya dibidang ekonomi dan bisnis, maka diapun membuat blog dengan tema yang sama dengan pengetahuannya tersebut.

Selain menjadi seorang blogger Yosef Ardi juga merupakan seorang wartawan harian bidang ekonomi dan bisnis Indonesia. Disela-sela kesibukannya sebagai wartawan itulah dia membangun blog gratisannya. Aktivitasnya sebagai wartawan dengan tema yang sama dengan blognya, tentu sangat membantu dalam meningkatkan kualitas blog yang dimilikinya.


Sejak pertama kali menulis blognya Yosef Ardi sudah menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Alasanya saat itu adalah karena dia ingin masyarakat Indonesia terbiasa menulis dalam bahasa Inggris. Namun tindakannya tersebut ternyata malah menyebabkan 90% pengunjung dari blognya adalah warganet yang berasal dari Negara lain. Setelah setahun kemudian blognya tersebut sudah memiliki pengunjung sampai ratusan ribu perharinya.

Dalam sekejap dia merasa bangga dengan prestasinya itu, namun salah seorang teman bulenya mengakhiri kebanggaanya tersebut dengan menyatakan bahwa dirinya bodoh.
“Kamu bodoh! Informasi-informasi yang begitu bagus kenapa kamu berikan gratis begitu saja,” ujar temannya waktu itu.

Rupanya celetukan temannya tersebut telah menginspirasi Yosef Ardi untuk merubah blog gratisannya menjadi blog berbayar. Maka setelah itu yosep-ardi.blogspot.com berubah namanya menjadi yosepardi.com.  Alasan websitenya menggunakan nama sendiri, adalah karena  Yosef Ardi terinspirasi perusahaan media Blomberag asal negeri paman sam, yang juga dibuat dengan menggunakan nama pendirinya.

“Michael Blommberg boleh sukses dengan namanya sendiri, kenapa saya tidak,” ungkapnya.

Hampir semua portal besar yang menyajikan berita ekonomi lengkap dengan analisa para pakar dan semua bersifat gratis, membuat ia sempat ragu. Namun kendati demikian ia tetap bulat untuk menjadikan blognya sebagai blog berbayar.
Untuk membeli domainnya Yosef Ardi mengeluarkan modal US$200,sementara untuk hostingnya dibayar Rp.600.000 pertahunnya. Sementara untuk biaya langganan blognya ia memasang tarif US$1 perhari atau  US$30 perbulannya.

Semua usahanya itu dimulainya seorang diri, dimana saat itu dirinya masih berprofesi sebagai wartawan. Konten blog yang sesuai panggilan jiwanya, membuat ia tak mengenal mundur meski tantangan berat selalu menerpanya.

Bulan pertama 20 orangpun resmi menjadi langganan setia blognya, hingga selang beberapa bulan akhirnya jumlah pelanggannyapun mencapai ratusan orang. Hingga setelah memiliki banyak pelanggan, beragam pilihan langgananpun mulai dibuat olehnya. Untuk individu Yosef Ardi mematok US$33 perbulan atau US$330 pertahun. Sementara pelanggan perusahaan dikenakan tariff laangganan US$55 perbulannya, dan US$440 untuk pertahunnya.

Dengan skema tersebut akhirnya Yosef Ardi dihadapkan pada keuntungan yang sangat menggiurkan. Hingga akhirnya ia pun dihadapkan pada dua pilihan sulit yaitu antara tetap bekerja sebagai jurnalis yang sudah berada di posisi managing editor yang saat itu penghasilannya sudah mencapai belasan juta perbulan, atau memilih fokus mengurus berita onlinenya.

Akhirnya pada akhir 2008 dia mengambil keputusan besar untuk berhenti dari dunia jurnalistik yang telah membesarkan namanya.

“Kesibukan di yosefardi.com telah banyak menyita waktu. Saya tidak enak dengan kantor yang sudah menggaji sementara saya tak total bekerja”, ungkapnya.

Beberapa orang menganggap gila pada keputusan Yosef Ardi tersebut. Apalagi bisnis online lebih banyak mengandalkan pemasukan dari iklan. Meski demikian dirinya tetap percaya bahwa untuk sesuatu yang bagus orang pasti mau mengeluarkan yang lebih.

Menurutnya semua orang bisa sukses jika memilih menjadi Problogger seperti dirinya. Resep utamanya adalah kekuatan konten alias isi dari tulisan. Jangan keburu memikirkan hits pengunjung dan berfokuslah pada kualitas penyajian tulisan.

Jika Fortal besar memilih menyampaikan berita yang bernada straight news. Yosef Ardi menyarankan para blogger mengambil sisi feature dengan investigasi mendalam. Bahan tulisan harus didapat dari penyelidikan mendetail dan investigasi. Isi tulisan harus bersifat variatif, memancing pikiran kritis pembaca dan memberikan nilai tambah.

Yosef Ardi memberi contoh jika kita ingin membuat blog olahraga. Maka kita bisa membuat laporan investigasi dibalik industri olahraga, atau berita investigasi tentang sosok olahraga yang luput diliput media besar.

Dengan strateginya tersebut tidak mengherankan jika pelanggannya justru banyak dari kalangan asing dan perusahaan luar negeri. Hal ini dikarenakan pelanggan jenis ini membutuhkan informasi mendalam yang tidak bisa didapat dari media online biasa.

Kini melalui PT. Alpha Research Database Indonesia Yosef Ardi telah membawahi  sejumlah karyawan.  Yosef Ardipun sudah memiliki kantor sendiri di daerah Kemang Jakarta Selatan.

Meski enggan mengaku secara detail tapi ia mengakui penghasilannya sudah berlipat-lipat dibandingkan ketika ia berprofesi sebagai jurnalis. Namun di luar itu semua melalui perusahaannya ini, ia membawa misi mengembalikan media massa ke fitrahnya. Dimana media bisa hidup dari oplah dan tidak terkurung kepentingan pemodal besar pemasang iklan.


Beberapa Hal yang bisa kita pelajari dari Yosef Ardi

Gb. c2.staticflickr.com


Bekerja sesuai kemampuan dan minatnya

Yosef Ardi yang mengambil jurusan Business Jurnalism di university of California, dan berprofesi sebagai jurnalis di Harian Bisni Indonesia, telah mengambil tema ekonomi pada blognya. Hal ini menunjukan bahwa kesuksesan seorang blogger,  sangat ditentukan oleh keputusannya dalam menentukan tema blognya. Dimana sukses atau tidaknya pemilihan tema blog tersebut sangat ditentukan pada kemampuan bloger tersebut pada tema yang dipilih.

Dengan kita memilih tema blog sesuai kemampuan dan minat diri kita, maka untuk membangun sebuah blog menjadi besar bukanlah hal yang sulit. Hal ini dikarenakan kita akan dengan mudah menemukan ide pada setiap postingan kita, bahkan untuk kemudian mengembangkannya.

Kesuksesan Besar Berawal dari mimpi dan Tindakan Besar

Saat belum ada pesawat terbang, penulis yakin seseorang yang bercita-cita bisa memiliki alat yang bisa digunakan untuk bisa terbang seperti burung, maka hampir bisa dipastikan semua orang menilainya tidak mungkin, bahkan mungkin juga menilainya sebagai mimpi orang gila.

Namun buktinya kini, pesawat terbang telah tercipta, besi yang begitu besar dan harusnya tenggelam kini justru mampu mengapung diatas air dan menjelma menjadi kapal laut yang begitu besar, bahkan mampu mengangkut berbagai muatan berat meski harus mengarungi lautan yang dalam.

Semua itu pasti awalnya tak terlepas dari mimpi besar, yang bagi sebagian orang adalah sesuatu yang mustahil untuk diraih.

Hal inipun ternyata telah dibuktikan oleh Yosef Ardi, dimulai dari keputusannya menjadikan blognya sebagai blog berbayar, bahkan sampai pada keputusan besarnya meninggalkan jabatannya sebagai managing editor, yang berpenghasilan belasan juta perbulan, untuk kemudian memilih fokus pada dunia blog yang penghasilannya belum pasti.

Namun demikian keberanian mengambil tindakan besar tersebut telah dibalas oleh Tuhan, dengan rezeki yang lebih dari pendapatannya saat dia menjabat sebuah jabatan tersebut, di dunia jurnalis.

Kerja Keras Berbanding Lurus dengan Kualitas

Blog Yosef Ardi mampu mengantarkannya pada puncak kesuksesan tentu karena dia selalu bekerja keras untuk senantiasa memberikan postingan berkualitas setiap waktunya. Kemampuannya menjawab kebutuhan pasar, dan memiliki kualitas postingan lebih dari yang lainnya membuat blognya sangat laku di pasaran Internasional.

Selain itu tulisannya memiliki nilai lain yang ditawarkan , sehingga peminatnya menjadi tertarik karena keunikan tersebut. Hal ini seakan menunjukan kepada kita akan pentingnya kreativitas dan inovasi dalam usaha apapun. Dengan menerapkan kedua hal tersebut, maka blog atau usaha kita apapun akan memiliki nilai yang beda dari yang lainnya.

Usaha yang dilandasi Kepedulian Akan Banyak yang Memperdulikan

Yosef Ardi dalam postingan  pertama blognya menggunakan bahasa Inggris dengan tujuan mulia, yaitu agar masyarakat Indonesia terbiasa menulis dengan bahasa Inggris yang merupakan bahasa komunikasi dunia.

Tujuan keinginannya berguna untuk orang banyaklah, salah satu alasan Tuhan menganugrahkan blognya banyak diminati banyak orang (pelanggan).

Semoga kesuksesan yang telah diraih Yosef Ardi ini, dapat menginspirasi kita semua untuk bisa meraih kesuksesan seperti dirinya.







0 Response to "Rahasia Kaya Raya dari Blog : Yosef Ardi Memilih Keluar dari Managing Editor untuk Fokus pada Problogger"

Post a Comment

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel