Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Obat Tradisional Atasi Anemia dengan Mudah dan Praktis


Gb. batanemiaresepdokter.jimdo.com

Anemia adalah salah satu penyakit yang bisa menganggu aktivitas sehari-hari kita. Hal ini dikarenakan penyakit anemia menimbulkan dampak 5 L, yaitu  letih, lelah, lemah, lesu, lelap. Dengan dampak tersebut maka anemia bisa dengan mudah menjadikan hidup kita mengalami kekurangan gairah.

Saat SMP kelas dua dulu yaitu sekitar tahun 2003-2004, penulis hafal betul sering melihat teman perempuan penulis terlihat begitu lelah, bahkan sampai ada yang pingsan. Ditahun tersebut sosialisasi tentang anemia yang menyebabkan 5 L begitu gencar disosialisasikan guru, baik saat di kelas terlebih saat upacara bendera.

Dilansir dari aladokter.com  Anemia defisiensi besi adalah kondisi kekurangan nutrisi zat besi yang mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah. Anemia terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah yang sehat dan dapat berfungsi dengan baik. 

Zat besi diperlukan tubuh untuk menghasilkan komponen sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin. Hemoglobin di dalam sel darah merah dibutuhkan oleh tubuh untuk mengikat dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ. Selain itu juga berperan dalam pembuangan karbondioksida dari sel-sel tubuh di paru-paru. Jika tubuh manusia kekurangan sel darah merah, penyebaran oksigen dan pembuangan karbondioksida akan terganggu. 

Di Indonesia sendiri kasus penyakit anemia cukup tinggi, anak-anak, ibu hamil dan wanita yang berada di usia subur memiliki resiko tertingi menderita anemia. 
Beberapa penyebab penyakit anemia di Indonesia cukup beragam, yaitu seperti karena masalah gizi buruk, terlalu sering mengkonsumsi teh dan kopi, faktor keturunan, mengkonsumsi obat-obatan antasida akibat saakit maag, haid berlebihan dan lainnya. 

Gejala anemia sangat dipengaruhi oleh seberapa cepat cadangan zat besi menurun. Ada penderita yang mengalami hampir semua gejala, namun ada juga yang hanya merasakan lelah.  

Gejala anemia yang umumnya terjadi yaitu seperti mudah atau lebih cepat lelah, mudah tersinggung, kurang berenergi, muka pucat, sesak napas, sulit berkonsentrasi atau berpikir, pusing dan sakit kepala, kaki dan tangan terasa dingin, sensasi kesemutan pada kaki, lidah membengkak atau terasa sakit, sistem kekebalan tubuh menurun sehingga rentan terkena infeksi, sakit pada dada, jantung terasa berdetak dengan cepat, kuku menjadi mudah patah, rambut rontok, dan nafsu makan berkurang.

Anemia jika tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain, hal ini dikarenakan kekurangan zat besi dapat menyebabkan kekebalan tubuh berkurang.
Anemia defisiensi besi juga bisa berakibat kepada terjadinya gagal jantung, yaitu saat kinerja jantung menurun dan tidak bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh dengan baik.
Bagi ibu hamil, anemia meningkatkan risiko komplikasi pada ibu dan janinnya. Komplikasi yang bisa terjadi contohnya adalah keguguran, pertumbuhan janin yang lambat atau tidak normal, dan lahir prematur.

Obat Tradisional Mengatasi Anemia

malangvoice.com


Setelah mengetahui bahaya besar yang menyertai penyakit anemia, tentu kita semakin bersemangat untuk senantiasa terbebas dari penyakit tersebut. Sobat selain kita bisa membeli obat anemia di apotik atau langsung berobat ke dokter, ternyata ada loh obat tradisioanl anemia yang terbilang sangat praktis dan mudah.

Obat anemia tradisional ini bahan-bahannya sangat murah, bahkan bagi yang tinggal di desa biasanya sangat melimpah. Adapun bahan-bahan alami yang harus sobat siapkan untuk membuat ramuan tradisional ini adalah sebagai berikut :

1. Daun kacang panjang sekitar 25 gr. Kira-kira setengah gengaman tangan lah ya, atau bisa ditimbang dulu kalau sobat ada timbangan.

2. Daun singkong sekitar 25 gr.

3. Daun bayam duri 25 gr.

4. Daun pepaya muda 25 gr.

5. Parutan kelapa secukupnya

6. Garam dapur secukupnya

Jika semua bahan sudah sobat dapatkan semua, langkah selanjutnya adalah sobat masak semua bahan tersebut. Setelah matang silahkan sobat makan saat siang hari, anggap saja sobat sedang makan urab ya, hehe…

Nah Sobat, cukup simple kan cara membuat obat tradisional anemianya, Insya Allah setelah sobat mengkonsumsi ramuan tersebut dengan rutin penyakit anemia yang diderita sobat akan segera sembuh.

Namun jika ternyata sobat masih belum sembuh juga, segera saja kedokter ya,  tentu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau kata iklan obatnya mah Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter !.

Semoga bermanfaat ….

Salam Kepedulian ..


Post a Comment for "Obat Tradisional Atasi Anemia dengan Mudah dan Praktis"