Hanya Lulusan SMP : Rahasia Eka Lesmana Raih Penghasilan Puluhan Hingga Ratusan Juta dari Blognya


Eka Lesmana adalah salah satu blogger Indonesia yang telah merasakan besarnya penghasilan adsense dari blognya. Tepatnya pada akhir tahun 2014 selama  tiga kali berturut-turut, dirinya telah berhasil mendapatkan pendapatan adsense minimal 5000 dolar.

Jika nilai tukar rupiah ke setiap satu dolarnya Rp.10.000,- saja, maka dari setiap penghasilannya  Eka Lesmana memperoleh Rp.50.000.000,- . Apalagi jika nilai tukar rupiah ke dolar lebih dari itu, tentu menghasilkan uang sampai ratusan juta bagi Eka Lesmana bukanlah sesuatu yang sulit lagi.

Baca Juga : Rahasia Yosef Ardi Sukses dan Kaya Raya dari Blog

Sejarah Kesuksesan Eka Lesmana

Eka Lesmana yang sekarang tinggal di Jalan Panda Selatan nomor 5, Palebon, Pedurungan, Semarang, nama sebenarnya adalah Eko Purwanto, namun ia lebih akrab dengan panggilan Eka Lesmana.

Sejak kecil Eko Purwanto alias Eka Lesmana tersebut, sudah terbiasa hidup mandiri. Hal ini dikarenakan sejak duduk di bangku kelas 4 SD, Eka Lesmana sudah ditinggal ibunya menghadap Sang Pencipta, sementara ayahnya menikah lagi dan tak mengurus dirinya. Sehingga sang neneklah yang kemudian berjasa membesarkan dan menyekolahkannya.

Minimnya Ekonomi membuat Eka Lesmana dan neneknyaa hidup dalam kesederhanaan. Bahkan dirinya sempat bercerita bahwa saat masih SMP baju dan sepatunya selalu pemberian orang lain, sehingga sering kebesara. Sedangkan uang yang dimilikinya ia lebih memilih untuk membeli buku agar bisa lebih pandai lagi, karena nyatanya meski hidup dalam kekurangan prestasi Eka Lesmana selalu membanggakan neneknya, hal ini dikarenakan Eka Lesmana selalu masuk dalam peringkat tiga besar. 

Selain berprestasi di sekolahnya,hal lain yang mungkin sangat mendukung kesuksesannya saat ini adalah hobinya dalam bermain komputer.


Hanya Lulusan SMP dan Mantan Pengembala Bebek

Eka Lesmana hanyalah pemuda lulusan SMP, bahkan dirinya juga pernah bekerja angon bebek selama kurang lebih 6 bulan pada soudaranya. Setelah angon bebek bu denya yang memiliki pabrik ragi di Solo, mengajak Eka Lesmana bekerja di pabriknya tersebut. 

Hingga setelah satu tahun bekerja di pabrik ragi, Eka Lesmana bertemu dengan salah satu mandor, dan mandor tersebut menawarkan job untuk bekerja di salah satu toko sprei miliknya di Jogja.

Bekerja di toko dan banyaknya customer yang akrab dengannya, adalah awal Eka Lesmana mengenal dunia online. Dari obrolannya dengan beberapa customer, hampir setiap hari Eka Lesmana selalu menyempatkan dirinya ke Warnet. Setelah belajar banyak hal dari warnet, akhirnya Eka Lesmana memberanikan diri untuk membeli laptop, dengan cara kasbon ke bosnya, dan membayarnya dengan system potong gaji setiap bulannya.

Penghasilan Adsensenya dimulai dari Membuat Toko Online



Pada tahun 2011 Eka Lesmana berhasil membuat toko online pertamanya, dan menjual barang-barang yang ada di toko sprei tersebut melalui toko onlinenya. Namun hal tersebut tidak bertahan lama, karena setelah bosnya mengetahui bahwa Eka Lesmana menjual produknya secara online, bosnya tersebut justru melarangnya.

Ditengah keputus asaannya Eka Lesmana mulai browsing  untuk mencari bisnis online yang menjanjikan, hingga akhirnya tahun 2012 dirinya bertemu dengan Google Adsense.

Awal mulanya Eka Lesmana hanya mendaftarkan toko onlinenya pada Adsense, dan berhasil di Aprove oleh pihak Google. Awal mula mendapat penghasilan adsense, hanya sekitar 3 – 5 dolar setiap harinya, namun itupun sangat di syukurinya, meskipun saat itu dirinya tidak tahu apakah bayaran tersebut benar-benar akan dibayar atau hanya bohongan semata.

Bahkan dirinya sempat bingung karena sampai satu bulan ternyata bayaran itu belum juga datang, hingga akhirnya pada suatu hari ada tukang pos yang datang ke rumahnya untuk mengantarkan PIN Google, yang bisa digunakan untuk memverifiaksi akun adsensenya. Setelah itu, bulan berikutnya Eka Lesmanapun bisa menerima sejumlah uang, sebagai bayarannya sebagai member Adsense.

Eka Lesmana Memiliki Banyak Blog

Setelah mengenal adsense Eka Lesmanapun menjadi sangat bersemangat untuk membuat blog-blog baru. Dirinya sangat hobi mengelola blog-blog berbahasa Inggris. Pada tahun 2013, Eka Lesmana sampai membuat 10 blog sekaligus. Dalam benaknya dia ingin memiliki penghasilan berlipat ganda sampai 10 kali lipat dari penghasilan adsense.

Namun seiring berjalannya waktu dia semakin sadar bahwa cara seperti itu sangat tidak efektif, terlebih jika dia harus membuat minimal satu artikel setiap hari untuk setiap blognya. Dengan fakta demikian maka pada tahun 2014, Eka Lesmana lebih memilih mengelola sedikit blog, namun dengan memperhatikan kualitas postingan blognya agar selalu berkualitas.


Tips Sukses dari Eka Lesmana

Dalam sejarah kesuksesan seseorang pasti ada banyak cerita yang menyebabkan dirinya akhirnya menjadi sukses. Sebuah teori yang tercipta dari sebuah bukti nyata yang telah di lalui seseorang adalah salah satu teori yang sangat terpercaya.



Oleh karena itu penting bagi kita untuk melihat bagaimana proses yang telah dilalui seseorang, dan mendengarkan dengan seksama teorinya tentang kesuksesan yang telah ia raih. Hal ini dikarenakan teori yang ia keluarkan adalah sebuah hikmah yang telah ia peroleh melalui pengalamannya dalam menjalani suatu proses kehidupan.

Berikut ini tips sukses Eka Lesmana dalam meraih kesuksesannya dalam dunia Blogging yang akan coba kita bahas satu persatu.

Motivasi Kuat

Motivasi adalah dorongan, motor penggerak yang menjadikan seseorang bergerak (berbuat) melakukan sesuatu untuk tujuan tertentu. Semakin kuat motivasi yang mendasari seseorang berbuat maka daya juangnyapun akan semakin kuat pula.

Motivasi yang kuat menurut Eka Lesmana adalah hal yang paling penting bagi kesuksesan dirinya. Menurutnya motivasi tersebut sangat berguna untuk mendorong semangat dan niat untuk belajar serta bekerja dengan sungguh-sungguh. Menurutnya dengan motivasi kuat kita tidak akan mudah putus asa, apalagi berhenti di tengah jalan saat menghadapi berbagai penghalang dan ujian menuju proses kesuksesan.

Eka Lesmana juga berpesan kepada kita semua agar jangan melihat orang dari kesuksesannya saja, namun harus melihat bagaimana orang sukses tersebut meraih kesuksesannya. 

Dengan melihat prosesnya maka motivasi kuat tersebut akan muncul pada diri kita, bukan hanya motivasi untuk meraih kesuksesannya, namun untuk memiliki kekuatan sekuat baja saat berbagai tempaan cobaan dan kegagalan datang menghadang.

Belajar dengan Cara White

Cara  White menurut penulis maksudnya adalah cara yang jujur dan bersih. Dalam bisnis apapun kejujuran itu sangat penting, termasuk didalamnya dalam dunia adsense.

Kesuksesan Eka Lesmana tak terlepas dari kejujurannya dalam segala hal, sehingga dirinys bisa menghasilkan banyak keuntungan dari salah satu iklan PPC terbesar di Dunia ini. Jika dirinya tidak jujur, selain berpotensi akun adsensenya di baned, maka pengunjung yang mengunjungi blognyapun pasti akan sedikit.



Fokus dan Konsisten

Google sangat menyukai blogger yang konsisten dalam membuat postingan. Bahkan buka hanya google para pembacapun akan sangat senang dengan blog yang postingannya selalu diperbaharui setiap waktunya.

Selain membuat google dan pembaca senang, fokus dan konsistennya kita pada blog yang kita bangun, akan menyebabkan jumlah visitor blog kita akan selalu banyak setiap waktunya. Dengan banyaknya visitor yang berkunjung maka sudah pasti penghasilan kitapun akan bertambah. Lebih dari itu dengan rutinnya kita membuat postingan, akan menyebabkan para visitor blog kita akan berpotensi besar untuk menjadi pelanggan setia blog kita, sehingga tidak berlebihan jika penulis katakana bahwa Fokus dan Konsistentensi kita pada blog yang kita bangun, sangat berpeluang besar untuk mempertahankan bahkan meningkatkan penghasilan adsense kita.



Bersedekah

Allah ta’ala berfirman : “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipat gandakan ( ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. Al-Baqarah : 261)

Nabi Muhammad Saw bersabda pada Zubair bin al-Awwam : “Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekedar nafkahnya. Maka siapa yang membanyakan pemberian kepada orang lain, niscaya Allah membanyakan baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah menyedikitkan baginya.” (HR. Ad-Daruquthni dari Anas r.a.)

Firman Allah dan sabda Rasulullah Saw diatas sudah dengan jelas memberikan pemahaman kepada kita, bahwa dengan sedekah rizki kita akan berlipat ganda. Menurut teori matematikanya masnusia, saat kita memberi maka jumlah barang yang kita miliki akan berkurang, namun hal ini tidak berlaku bagi matematikanya Allah, semakin banyak memberi justru rizki kita akan ditambah, bahkan berlipat ganda dari banyaknya yang kita keluarkan.

Penulis sering membuktikan sendiri, disaat rizki sempit ada kebutuhan orang lain yang begitu mendesak, setelah uang pas-pasan tersebut penulis berikan pada orang yang menurut penulis lebih membutuhkan, dalam hitungan hari bahkan jam seringnya rizki-Nya datang berlipat ganda.

Sungguh tepat sekali jika Eka Lesmana memberikan tips kesuksesannya salah satunya dengan sedekah. Selain menjadikan pintu-pintu rizki terbuka, sedekah yang kita keluarkan juga akan menyebabkan banyak do’a baik untuk kita, hingga akhirnya segala kemudahan dan kesuksesan hiduppun dengan mudah Allah berikan pada kita.

Yang lebih penting dari itu, sedekah merupakan sarana paling tepat meraih kesuksesan yang sesungguhnya, yaitu sukses di alam yang kekal yaitu Akhirat.
Dari Abu Hurairah Ra berkata : Aku mendengar Rasulullah Saw bersabda : Kekayaan itu bukanlah karena mempunyai banyak harta tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan jiwa. (Shahih Muslim)

Hadits tersebut dengan tegas menjelaskan bahwa hanya dengan kekayaan jiwalah kita akan meraih kesuksesan dan kekayaan yang sesungguhnya, sebab setiap harta yang kita keluarkan untuk disedekahkan demi kebaikan, maka harta itulah justru yang akan kita miliki dan akan kita jumpai kembali di kehidupan abadi.

Jangan Lupa Sholat

Sholat selain mampu mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar, diapun merupakan sarana kita meraih ketenangan jiwa. Dengan ketenangan jiwa maka membuat karyapun akan menjadi mudah.

Lebih dari itu sholat merupakan salah satu bukti ketaatan kita sebagai seorang hamba Allah. Sholat merupakan satu-satunya cara terbaik untuk kita bisa benar-benar dekat dengan Allah. Dengan sholat yang baik maka bukan hal yang sulit akhirnya Allah memberikan rizki kita dari berbagai arah yang tak pernah kita duga sebelumnya.

Jangan Sirik dengan Saingan

Sirik selain merupakan salah satu sumber dosa, iapun merupakan belenggu terbesar bagi kesuksesan kita. sirik akan menjadikan hati dan Fikiran kita tertutup oleh api dendam dan kemarahan, sehingga menutupi kreativitas kita dalam bekerja dan berkarya. Bahkan lebih dari itu sirik akan menutup banyak pintu-pintu rizki, merusak kualitas keimanan dan kehidupan, hingga akhirnya bisa dengan mudah merusak bisnis dan masa depan kita.

Selalu Berusaha dan Jangan takut Gagal

Takut gagal berarti kita pesimis, jika kita pesimis sama saja artinya kita tidak percaya dengan kekuasaan Allah. Sebagai seorang hamba yang ditugaskan hanya berusaha maksimal, seyogyanya kita hanya berusaha memberikan yang terbaik baik dalam karya dan pekerjaan, terlebih dalam hal ibadah.

Dengan kita berusaha maksimal itu sama artinya kita sedang merayu Allah untuk memberikan yang terbaik untuk kita. 
Bukankah Allah akan merubah keadaan kita setelah kita berusaha merubahnya ? 
Bukankah Allah juga tergantung prasangka kita kepada-Nya?

Dengan kita optimis maka secara tidak langsung kita sedang berprasangka baik pada-Nya, hingga akhirnya Dia-pun memberikan kesuksesan besar sesuai dengan keyakinan kita akan bisa meraihnya.


Nah demikian sobat cerita tentang kesuksesan Eka Lesmana dari Blognya, dan beberapa hal yang bisa kita tiru darinya.

 Semoga bisa mengisnpirasi sobat semua untuk terus, berkarya dalam kerja dan karya apapun yang di maksudkan untuk meraih Ridho dan Cinta-Nya.

Salam Kepedulian



1 Response to "Hanya Lulusan SMP : Rahasia Eka Lesmana Raih Penghasilan Puluhan Hingga Ratusan Juta dari Blognya"

  1. sangat-sangat menginspirasi, sampai saya menetesakan air mata membaca artikel tentang kisah seorang eka lesmana. semoga saya juga bisa sukses. amin

    ReplyDelete

Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2


Iklan Bawah Artikel