Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Refil Toner Printer Hp Laser Jet Sendiri



Mengisi bubuk toner printer laserjet sendiri atau yang sering disebut dengan refill toner, adalah salah satu keterampilan yang harus dimilki siapapun yang memiliki jenis printer laser jet. Pasalnya Printer laserjet yang metode pencetakannya dengan tinta bubuk (toner) tersebut, penggantian tintanya (Refil Toner)  tidak semudah seperti mengganti atau menambah tinta cair.


Dengan fakta demikian akhirnya menyebabkan banyak orang kerepotan saat toner laserjetnya sedikit. Toner yang sedikit atau hampir habis akan menyebabkan hasil cetakan tidak rata dan tidak jelas. Saat itu terjadi maka tidak ada pilihan lain selain kita harus melakukan refill toner untuk mengembalikan hasil cetakan menjadi baik seperti semula.

Cara Refil Toner Hp Laser jet 

Sebelum sobat melakukan refill toner silahkan terlebih dahulu sobat siapkan alat dan bahanya, yaitu meliputi obeng plus, kertas untuk tatakan, tisu untuk membersihkan, dan bubuk toner tentunya. 
Sebelum sobat membeli bubuk toner pastikan selain mengingat tipe printernya, sobat juga mengingat nomor seri tonernya. Hal ini dikarenakan jika sobat salah membeli tife tonernya, maka hasil cetakan printer akan menjadi tidak jelas, bahkan kertas biasanya menjadi kotor. Biasanya nomor seri tersebut bisa dilihat pada toner printer. 

Contoh printer HP Laser Jet Pro MFP M130fn milik penulis, di tonernya tertulis 17 A. Maka saat penulis membeli toner yang harus penulis beli adalah toner dengan nomor 17 A pula. 

Nah, jika semua alat dan bahan sudah sobat siapkan maka silahkan sobat langsung praktekan cara mudah refill toner hp laser jet sendiri berikut langkah-langkahnya.

1. Buka penutup printer

2. Ambil toner dari printernya dengan cara menariknya secara pelan-pelan.

3. 
Buka penutup tonernya dengan membuka 2 baut di depan. 
Umumnya setelah membuka 2 baut tersebut maka toner sudah bisa dibuka, seperti pada video ini.

4. Pada tife tertentu, ada juga yang harus membuka 2 baut berikutnya, buka saja sobat tidak usah ragu. Lepaskan secara perlahan bagian-bagiannya. 



Untuk memudahkan pemasangannya kembali  silahkan perhatikan posisinya sebelum dibongkar.

5. 
Bersihkan magnet rollernya dari sisa-sisa toner sebelumnya.


6.Bersihkan wiper blades

7. Tuangkan serbuk toner secukupnya

8.Pasang kembali bagian-bagian yang dibongkar, kemudian putar magnet dengan memutar bagian putih disamping agar toner baru menempel di rol magent.

9. masukan kembali toner ke printer.

Demikian cara mudah melakukan refill toner printer hp laser jet sendiri, semoga bisa membantu sobat yang sedang membutuhkan. 

Salam kepedulian




2 comments for "Cara Mudah Refil Toner Printer Hp Laser Jet Sendiri "

  1. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat buat saya. hehe
    Yang lagi nyari kerjaan, Jangan Lupa mampir ke blog Lowongan Kerja Terbaru : http://expocpnsbumn.blogspot.co.id/ yaaaa, ingat hanya di expocpnsbumn.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. Ok siap, terimakasih kembali

    ReplyDelete

Komentar