Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Masyarakat Desa Menjaga Kebugaran


Desa merupakan suatu wilayah yang sangat asri dan memiliki lingkungan yang sangat sehat. Hal ini dikarenakan udara dan lingkungan di desa jauh lebih sehat jika dibandingkan  lingkungan perkotaan. Jika cerobang asap pabrik, kepulan asap kendaraan bermotor merupakan hal yang lumrah menjadi salah satu penyumbang  polusi udara terbesar di kota, tentu lingkungan di Desa akan jauh dari pada hal-hal seperti itu, hal ini dikarenakan jumlah pengguna kendaraan di desa sangat minim bahkan jumlah industri di desa hampir dipastikan tidak ada, jika adapun jumlahnya sangat sedikit.
Namun demikian baik masyarakat kota maupun  masyarakat desa  semuanya memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga kesehatannya, karena faktanya jumlah orang sakit baik yang berasal dari kota maupun desa sama banyaknya. Sengaja saya beri judul pada tulisan ini "Masyarakat Kota Perlu Belajar Manjaga Kebugaran Tubuh ke Desa,"
Hal ini berdasarkan beberapa pengalaman nyata baik yang dialami sendiri maupun oleh orang lain, bahwa banyak masyarakat desa yang kebanyakan ekstra kerja keras setiap harinya namun mereka selalu mampu menjaga kebugarannya. Padahal jika kita bandingkan fasilitas olahraga maupun pasilitas kesehatan tentu masih jauh tertinggal dengan masyarakat kota.
Meski saat ini tinggal di Desa namun penulis sendiri pernah tinggal di kota, bahkan pernah diakui sebagai penduduk resmi Jakarta karena sekitar tahun 2008 penulis sudah memiliki KTP DKI Jakarta. Wilayah Jakarta meski padat dengan bangunan-bangunan megah, namun untuk dapat berolahraga di kota ini tidaklah sulit, hal ini karena fasilitas olahragapun tersebar dimana-mana. Begitu pula untuk berbagai makanan bergizi seperti sayur, buah-buahan dan makanan sehat lainnya di tempat ini sangat melimpah. 
Namun pertama kali penulis mengalami wasir , sering merasakan badan pegal itu dirasakan saat penulis ada di Jakarta. Tentu hal ini bukan salah tempatnya namun disebabkan oleh kebiasaan dan pola hidup penulis yang salah. Jika sebelum di Jakarta hampir setiap pagi penulis jalan kaki sekitar 4 KM untuk berangkat sekolah, tapi saat di Jakarta penulis lebih senang naik angkot. Adapun penyakit wasir penulis alami karena selama di Jakarta penulis kerjanya hanya duduk di depan komputer sementara kebutuhan serat tidak diimbangi karena jarang mengkonsumsi sayur dan buah, bahkan untuk kebutuhan air putih 8 gelas seharipun kesibukan sering membuat kita melupakannya.
Cara Menjaga Kebugaran Tubuh Terbaik Masyarakat Desa yang Jarang disadari


Penulis punya seorang kakek yang sejak muda sangat bekerja keras, memikul diatas 70 Kg, mencangkul dari pagi sampai hampir mendekati waktu maghrib adalah suatu aktivitas yang biasa bagi sebagian besar masyarakat pedesaan. Bahkan setelah penulis menikah pada malam hari tak jarang menjumpai mertua tidak ada di rumah karena sedang bekerja di kebun baik aktivitas nyiram bawang atau lainnya, padahal siang hari aktivitas pekerjaan berat beliau lakukan.
Meski pekerjaan mereka sangat berat, menguras tenaga bahkan ada yang sampai berkawankan angin malam nyatanya tubuh mereka selalu bugar dan selalu siap bekerja setiap harinya. Tidak ada istilah libur dalam kamus mereka. Kakek yang usianya hampir mendekati kepala tujuhpun jika suruh istirahat tidak mau, karena menurut beliau akan sangat terasa jenuh jika mereka berdiam diri apalagi tanpa mengeluarkan keringat dari dalam tubuhnya, itu akan sangat membuat badan terasa tidak nyaman. 
Aktivitas fisik sampai mengeluarkan keringat ternyata sangat penting bagi mereka, itu adalah salah satu alasan mengapa tubuh mereka selalu bugar dan senantiasa siap untuk dipakai bekerja keras. Sekeras apapun pekerjaan yang dilakukan, tak peduli sepanas apapun sinar matahari yang menyengat menemani aktivitas mereka nyatanya pekerjaan bagi mereka adalah sebuah hobi,kebutuhan, bahkan hiburan. Sehinggan mengerjakannya tak ada kejenuhan apalagi mengerjakan dengan setengah hati, dan beban. Semua aktivitas pekerjaan mereka lalui dengan sangat senang dan gembira.
Tidak Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Kimia

Badan pegal-pegal setelah aktivitas bahkan setelah libur beraktivitas sering saya dengar sejak kecil, baik dari ayah dan kakek yang sama-sama petani, bahkan dari ibu dan nenek yang juga senantiasa membantu suaminya di kebun. Badan yang terasa pegal akan sangat membuat produktivitas kerja kita terganggu, jika aktivitas kita terganggu tentu kualitas hidup yang lebih baikpun tidak bisa dikejar dengan mudah. 
Pegal akan membuat setiap gerak dan langkah kita menjadi tidak luwes, penuh beban bahkan rasa sakit. Oleh karena itu apapun cita-cita hidup kita bebas dari pegal adalah sautu tuntutan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi.
Tidak terlalu sering memasukan bahan kimia kedalam tubuh kita adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kebugaran tubuh kita dimasa yang akan datang. Sering mengkonsumsi obat kimia bahkan dikhawatirkan akan menyebabkan ketergantungan pada jenis obat yang dikonsumsi tersebut. Itu adalah salah satu alasan keluarga kami sering menggunakan krim yang sering di sebut balsam di tempat kami.
Sementara untuk obat-obat lain kami selalu berusaha menggunakan bahan-bahan alami. Sebagai contoh saya senantiasa menggunakan kunyit untuk mengatasi masalah pada perut.Selain kunyit ada juga mengkudu untuk mengatasi darah tinggi, di desa banyak sekali tumbuhan yang bisa digunakan untuk obat. sementara untuk pencegahan dari berbagai penyakit penulis sarankan agar setiap bangun pagi sebelum kita mengkonsumsi apapun minumlah air putih terlebih dahulu sebanyak-banyaknya. Air putih yang diminum saat baru bangun tidur sangat baik untuk membersihkan organ dalam kita, terutama ginjal. Dengan meminum air putih yang banyak maka organ tubuh kita akan tercuci bersih, jadi jika ada kotoran sekalipun maka airputih akan menurunkan kotoran tersebut kebawah , akhirnya dikeluarkan dari dalam tubuh melalui urin atau feses. Hal sederhana ini tentu akan sangat membantu dalam mencegah berbagai penyakit dalam, satu diantaranya radang ginjal dan lainnya.

 Bergerak untuk Menjaga Kebugaranpun Saya Tiru

Selain menggunakan geliga, cara menjaga kebugaran yang tidak kalah penting adalah bergerak untuk mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Jika pekerjaan kita tidak menuntut aktivitas fisik , setidaknya setiap pagi kita bisa lari pagi atau menggunakan peralatan fitness  untuk menggerakan tubuh agar tidak kaku.  
Ternyata badan yang mengeluarkan keringat akan terasa jauh lebih bugar dari pada yang tanpa mengeluarkan keringat. Hal lain yang harus kita lakukan adalah jadikan air putih, sayur dan buah menjadi makanan favorite . Karena ternyata tubuh akan lebih bugar dan bahkan kebal terhadap penyakit jika diisinya dengan makanan dan minuman alami. 
Dengan tubuh yang bugar dan bebas dari pegal maka kita akan semakin nyaman beraktivitas. Alhamdulillah saat ini saya bisa membuka usaha konter dan percetakan disamping saya menjadi guru SD dan juga mahasiswa. Saya yang bercita-cita ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses ataupun kawan-kawan yang memiliki cita-cita besar lainnya menjaga kebugaran tubuh merupakan syarat utama untuk meraih cita-cita kita. Jangan sampai pula setelah cita-cita kita tercapai, justru kita tidak dapat menikmati hasilnya karena harus berbaring di Rumah Sakit.
Apalah artinya kesuksesan yang kita raih jika kita sakit. Oleh karena itu bijak dalam mengkosumsi berbagai produk , baik makanan, obat-obatan dan lainnya harus kita tingkatkan demi panjangnya kualitas kesehatan kita sampai dimasa tua nanti. Rasanya akan jauh lebih indah menjadi seorang kakek dan nenek yang sehat dan sukses, sehingga mampu banyak memberi kemanfaatan untuk anak cucunya, dari pada menjadi kakek nenek yang sukses tapi merepotkan karena penyakitnya, apalgi jika kakek nenek yang sakit-sakitan tersebut tidak sukses. Tentu bisa menjadi beban bagi anak cucu bahkan beban materi bagi mereka karena harus menanggung biaya rumah sakit kita.
Semoga itu tidak akan terjadi pada kita.


Post a Comment for "Rahasia Masyarakat Desa Menjaga Kebugaran"