Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Printer Laser Jet VS Inkjet, Pilih yang Mana ?


Printer merupakan perangkat keras yang banyak dibutuhkan masyarakat dan suatu lembaga atau organisasi. Printer telah banyak berjasa dalam memberikan hasil cetakan kepada banyak orang yang membutuhkan, baik untuk keperluan laporan, dokumen pribadi, tugas study, bahkan sampai untuk berwirauaha.
Sebelum memutuskan membeli sebuah printer sebaiknya anda pahami dulu jenis printer yang akan dibeli sehingga benar-benar bisa menyesuiakan kebutuhan. Berikut ini penulis coba paparkan dua jenis printer yang sering digunakan customer.


1. Printer Inject
Jenis printer inject adalah printer yang menggunakan tinta untuk mencetaknya. Umumnya ukuran kertas yang biasa di gunakan dalam mencetak adalah ukuran legal dan A4, namun semakin berkembangnya zaman kini sudah semakin banyak printer inject yang bisa mencetak sampai pada ukuran kertas A3.
Harga yang relative murah menyebabkan printer inject menjadi salah satu jenis printer yang lebih banyak digunakan konsumen. Selain kelebihan pada harga,  kelebihan lain yang dimiliki oleh printer inject adalah memiliki kualitas cetak photo yang bagus, sehingga akhirnya banyak konsumen yang menggunakan printer ini untuk usaha cetak photo, dengan menggunakan kertas dan tinta khusus photo tentunya. Bahkan untuk memanjakan customer dalam urusan cetak photo sudah banyak beberapa produsen memproduksi printer injek dengan kualitas bisa mencetak langsung photo dari kamera digital atau memory card meski printer tersebut tak terhubung dengan computer sekaipun.
Selain untuk cetak photo dewasa ini sudah banyak produsen printer inject yang menambahkan berbagai fitur kepada produknya, dimana saat ini printer inject jenis ini lebih dikenal dengan sebutan all in one. Umumnya fitur yang ditambahkan dalam printer all in one adalah scan dan copy, sehingga dengan memiliki printer inject all in one anda sudah bisa melakukan scan dan copy dalam satu produk.
Namun demikian selain catrdige yang terkadang mudah rusak, hasil cetak jenis ini pun akan mudah luntur jika terkena air, sehingga jika digunakan untuk keperluan copy akan kurang cocok. Disamping biaya cetak yang lebih mahal jika printer ini terus-terusan digunakan untuk keperuan copy, sangat dikhawatirkan catridgenya akan mudah rusak.

2. Printer Laser jet
Printer laser jet adalah jenis printer yang pencetakannya menggunakan tinta bubuk (toner) dengan menggunakan perangkat infra merah. Kelebihan utama yang dimiliki printer laser jet adalah kecepatan mencetak yang tingg, penulis biasanya menggunakan printer ini untuk keperluan copy. Untuk mengcopy 100 lembar bagi printer jenis ini tidak membutuhkan waktu yang lama, disamping itu hasil cetakannyapun akan cepat kering sangat mirip seperti hasil cetak pada mesin photo copy. Selain cepat kering jika terkena air hasil cetakan tidak akan luntur. Selain itu pilihan menu yang diberikan pada printer jenis inipun lebih banyak, dan mampu mencetak kertas berbagai ukuran. Namun kelemahan printer ini kurang bagus jika digunakan untuk cetak photo, terlebih printer laserjet warna jauh lebih mahal jika dibandingkan printer inject warna.

Demikian penjelasan singkat yang bisa saya paparkan semoga bisa membantu dalam anda memutuskan mau membeli printer. Jika ditanya mana yang cocok printer yang harus dibeli tentu semua disesuaikan dengan kebutuhan. Bila anda membeli printer untuk keperluan cetak dokumen dan photo printer Injectlah jawabannya. Namun jika alasan anda membeli printer untuk kebutuhan mengcopy dokumen, printer laser jetlah pilihan yang tepat untuk anda beli.

Semoga bermanfaat…
Salam Kepedulian.


Detatang - Kamal





Post a Comment for "Printer Laser Jet VS Inkjet, Pilih yang Mana ?"