Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hasil Printer/Copy Printer Laser Jet Tidak Jelas, Begini Solusinya.




Printer laser jet merupakan jenis printer yang menggunakan serbuk (toner) dan media infra merah sebagai pencetaknya. Bagi anda yang sering membutuhkan keperluan cetak/copy dokumen dalam jumlah besar tentu printer laser jet adalah pilihan yang sangat tepat.
Bahkan printer ini hampir dipastikan mampu menggantikan mesin photocopy yang harganya bisa mencapai puluhan juta. Hasil cetak printer laser jet yang tidak mudah luntur adalah salah satu unggulan utama dalam segi kelebihan yang ditawarkan. Namun bagaimana jika tiba-tiba hasil cetak/copy printer laser jet yang kita miliki tiba-tiba tidak jelas, baik sebagian ataupun secara keseluruhan ? hasil printer yang tidak jelas tentu sangat mengganggu aktivitas dan kebutuhan mencetak kita, terlebih jika dibutuhkan pencetakan dalam jumlah banyak dan terbentur target.
Jika hal ini terjadi pada anda sebaiknya anda  tidak usah cemas, cobalah langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.
1. Putar Magnet Toner

Lazimnya jika hasil cetak printer laser jet tidak jelas biasanya karena menipis atau tidak ratanya serbuk tinta pada magnet toner. Untuk mengatasi masalah ini silahkan anda buka terlebih dahulu penutup printer anda seperti pada gambar diatas.


Setelah penutup printer terbuka, tarik toner secara perlahan.




Kemudian setelah itu jika toner sudah dikeluarkan dari unit printer, silahkan putar tuas berwarna putih pada toner sampai serbuknya rata.



Biasanya setelah langkah ini dilakukanpun, printer akan kembali mencetak dengan benar.
Namun jika hasil printer masih belum baik , silahkan lakukan langkah no 2 berikut ini .

2. Bersihkan Drum Printer
Kemungkinan besar jika tinta sudah rata pada magnet toner tapi hasilnya belum maksimal, drum printer ada sebagian yang kotor. Yang harus anda lakukan jika mengalami ini adalah buka kembali penutup printer dan ambil tonernya. Setelah itu silahkan tarik secara perlahan drum tersebut.



Setelah itu bersihkan bagian drum yang kotor dengan kain yang sangat halus, atau jika tidak ada bisa menggunakan tisu kering.



Jika sudah selesai pasang kemali Drum secara perlahan.




Kemudian masukan kembali toner.



Hidupkan printer, tunggu sampai siap dan mulailah mencetak kembali.
Dua langkah ini biasanya sudah manjur untuk mengatasi masalah tidak jelasnya hasil cetakan printer laser jet.



Jika kedua hal diatas sudah dilakukan namun setelah beberapa saat printer kembali mencetak tidak jelas, kemungkinan besar serbuk dalam toner sudah sedikit. Silahkan lakukan pengisian serbuk pada toner untuk mengatasi masalah ini.

Semoga bermanfaat.

Salam Kepedulian






Post a Comment for "Hasil Printer/Copy Printer Laser Jet Tidak Jelas, Begini Solusinya."