Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cetak Undangan Termudah dengan Photoshop dan Printer Biasa


Undangan merupakan salah satu hal terpenting dalam momen pernikahan, khitanan, bahkan juga berbagai acara lain, seperti ulang tahun dan berbagai acara syukuran. 
Beberapa orang bahkan menganggap undangan sebagai salah satu  bagian dari prestise, sehingga tak jarang yang rela merogoh kocak besar untuk mendapatkan desain dan kualitas undangan yang berkualitas.

Banyaknya masyarakat yang membutuhkan undangan membuat banyak orang sukses dan meraup banyak keuntungan dari bisnis percetakan undangan. Nah bagi kawan-kawan yang memiliki niat untuk membuka percetakan undangan namun tidak memiliki keahlian dan modal yang banyak penulis akan berusaha mengatasi masalah kawan semua. 

Potensi keuntungan percetakan undangan yang selalu dibutuhkan pada setiap musim hajatan sangat besar, terlebih jika usaha percetakan undangan ditempat kawan-kawan sangat jauh, tentu ini merupakan faktor pendukung yang utama. Namun jika sudah ada pesaing usaha sekalipun itu bukanlah halangan yang berarti, itu adalah penyemangat dalam kita meningkatkan kualitas produk dan pelayanan bagi customer.

Ok lanjut …

Adapun peralatan yang kawan-kawan butuhkan adalah :

- Printer all in one,itu karena printer all in one memiliki fitur scanner, fitur ini akan sangat membantu dalam kawan menjalankan bisnis ini.
- Laptop atau Pc yang memiliki aplikasi Corel Draw atau Photoshop
- Katalog undangan untuk customer memilih desain dan jenis undangan yang diinginkan. Catalog ini bisa kawan-kawan peroleh di toko kertas yang memang menyediakan blangko undangan.
- Blangko Undangan,  blangko undangan bisa dibeli setelah customer  sudah memutuskan  jenis dan desain undangan yang di inginkan.
- Plastik dengan ukuran menyesuaikan ukuran jenis blangko undangan yang dipesan.
- Kertas Photo, Kertas Id Card ( Jika usaha undangannya merangkap dengan percetakan lain, jika belum tahu cara mencetak photo ikuti terus blog ini ya )

Cara Mendesain Undangan Sesuai Pesanan Customer dengan Mudah diphotoshop

Banyak Program yang bisa digunakan untuk mendesain undangan diantaranya adalah Corel Draw, Photoshop bahkan Microsoft Phublisher. Namun penulis lebih memilih menggunakan program photoshop karena cara menggunakannya lebih praktis dan mudah, terutama kolaborasi antara photoshop dan printer all in one. 

Berbicara printer all in one, penulis sendiri menggunakan printer Epson L360 dalam menjalankan bisnis ini, hal ini dikarenakan printer tersebut juga penulis gunakan untuk mencetak photo. Namun jika hanya untuk kebutuhan cetak undangan penulis menyarankan menggunakan printer Canon yang waktu cetaknya relative lebih cepat.

Berikut langkah-langkah dalam membuat desain undangan di photo shop.

1.

Scan contoh undangan yang diinginkan customer
Hal ini dilakukan agar desain yang dihasilkan bisa mirip dengan pesanan. Penyekenan bisa dilakukan dengan menggunakan contoh undangan yang ada dikatalog. 

Cara menscan tentu menentukan jenis printernya. Diprinter penulis misalnya , cara menscan yaitu dengan cara klik File File, pilih Import, pilih tife printer  (Epson L220/L360). Klik scan.
Setelah proses scan selesai, close proses scan agar gambar yang dihasilkan bisa diproses.

2. Ukur blangko undangan dengan penggaris. Dalam blangko yang penulis contohkan ukuran yang penulis dapat setelah di ukur lebarnya 8,1 cm dengan panjang 27,8 cm.

3.
Crop hasil scanan dengan menu crop pada photoshop. Isikan data crop Width 8.1 cm, Height 27.8 cm, Resolution 100 pixel/cm.

4.
Buka lembar kerja baru dengan ukuran yang sama yaitu dengan cara klik file pada photo shop, lalu klik new. Isikan data :



Nama : Isi nama file undangan agar memudahkan pada pencetakan selanjutnya.
Preset:  Custom
Width: 8.1 cm
Height : 27.8 cm
Resolution : 100 pixels/cm 
RGB Color : 8 bit
Background contents : White
Klik ok.

5. Dengan Menggunakan Move tool + klik kanan tarik hasil scan kebawah.



Tempelkan kehalaman baru yang telah dibuat pada proses nomer 4 tadi, seseuaikan agar pas.



6. Tulis sesuai dengan  hasil scanan undangan, tulisan tersebut ditempakan diatas tulisan scanan undangan, jadi akan terlihat menindih tulisan. Pilih tulisan dan ukuran tulisan yang sama sesuai contoh pada contoh undangan yang dipilih oleh customer dan yang telah kita scan tadi.

7. 
Jika semua tulisan sudah dibuat, kemudian kita arahkan crusor ke layer. Klik kanan layer 1 (Scanan undangan) kemudian klik Delete layar.  Jadi dapat kawan-kawan pahami jika scan undangan asli hanya dibutuhkan kawan-kawan dalam menulis jenis dan desain undangan agar sesuai keinginan, baik ukuran, tata letak maupun desain. Bisa dikatakan ini adalah cara mendesain undangan dengan teknik menjiplak.

8. Selanjutnya posisikan blangko undangan diprinter agar sesuai, kemudian print.

Cara praktis masuk kemenu print yaitu dengan cara klik Ctrl + P
Klik page set up.
Atur agar sesuai ukuran, sebagai contoh :
Size : User – Defined paper size
Width: 8.1 cm
Height : 27.8 cm
Resolution : 100 pixels/cm 
Ok

9. Atur posisi kertas dengan cara :
Orentation : Potraite (Tegak Lurus) Landscape (Memanjang)
Quality : Standard
Color : Color
2 Sided Printing : Off
Multi page off :
Copies : 20 (Jika ingin print 20 lembar), untuk menjaga printer tetap awet meski customer pesan 1000 lembar sekalipun sebaiknya pencetakan jangan sekaligus, harus ada jeda untuk printer istirahat. Misalkan setiap cetak 50 printer istirahat 10 menit, atau disesuaikan kondisi kawan-kawan. 
Klik Print.

10. Lakukan langkah 1-9 untuk sisi blangko undangan yang satunya lagi.

Setelah semua undangan tercetak anda bisa mengemas kembali ke plastik asal blangko,  jangan lupa sisipkan plastik sesuai ukuran blangko agar bisa dimasukan dirumah oleh customer.

Demikian cara membuat undangan ini, semoga bisa berguna untuk kawan-kawan yang membutuhkan.




1 comment for "Cara Cetak Undangan Termudah dengan Photoshop dan Printer Biasa"

  1. Luar biasa trik dan tips nya dalam memulai bisnis cetak undangannya mas. Sangat bermanfaat sekali, terima kasih.

    ReplyDelete

Komentar