Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Printer Canon VS Epson Bagusan Mana ?



Penulis sendiri adalah pengguna dari dua printer tersebut. Seperti kita ketahui merk printer yang ada di pasaran sangat banyak namanya, namun printer Canon dan Epson merupakan dua jenis printer yang paling popular dan banyak digunakan.

Tak jarang banyak calon customer yang akan membeli printer , mengalami kebingungan untuk menentukan pilihan diantara dua merk tersebut. Nah jika anda adalah salah satunya, mari kita bahas dulu bareng-bareng untuk kemudian kita tentukan mana printer yang cocok untuk anda gunakan, Canon ataukah Epson ?


Canon

Contoh produk printer Canon


Kelebihan 

Keunggulan utama  yang membuat customer memutuskan untuk membeli jenis printer  Canon adalah dari segi harganya yang relative lebih murah, sekalipun memiliki menu dan spesifikasi yang sama dengan kompetitornya. Namun meskipun harganya relative lebih murah kualitas printer inipun sangat baik, bahkan printer Canon ini mampu mencetak lebih cepat. Jadi jika anda banyak mencetak dokumen dan membutuhkan waktu yang cepat, printer Canon adalah pilihan yang tepat. Meski cepat kualitas hasil cetakpun sangat bagus, terutama jika anda menggunakan tinta Canon yang original.
Komponen printer Canonpun diklaim lebih awet, hal ini dikarenakan jarang ditemui kasus kerusakan Rollpaper, mainboard dan komponen lain pada printer tersebut.

Kekurangan

Kekurangan  printer Canon adalah pada segi cetak warna printer Canon kurang unggul jika dibandingkan kompetitornya, sehingga jarang customer yang hobi dengan cetak photo ataupun para pengusaha photographer yang memakai printer jenis ini.
Meskipun komponen printer Canon diklaim lebih awet namun banyak pengguna yang mengklaim bahwa head Canon kurang awet.

Epson

Contoh produk printer  Epson


Kelebihan

Kelebihan printer Epson yang membuat banyak customer memburunya adalah dari segi cetak warna. Hasil warna yang dihasilkan printer Epson lebih natural, tajam , dan cerah sehingga sangat cocok jika digunakan untuk mencetak  foto.
Head printer canon menggunakan micropiezo dimana head jenis ini hanya digunakan oleh printer Epson saja, sehingga sangat wajar jika head printer Epson diklaim bisa lebih awet.
Head jenis micropiezo ini mampu menghasilkan hasil cetakan lebih berwarna natural, lebih tajam, bebas noise/grain, dan transisi tonenya lebih halus.

Kelemahan 

Harga printer yang relative lebih mahal tak jarang yang membuat customer berfikir ulang untuk membeli printer ini, terutama saat budgate keuangan sedang minim, namun bagi mereka yang sudah jatuh cinta dengan kualitas Epson harga bukanlah penghalang yang berarti untuk bisa memilikinya.
Kelemahan lain dari segi kecepatan per ppm. Perbandingan pri.nter Epson dan Canon yaitu mencapai 1:3. Hasil cetak printer Epson yang lebih berkualitaspun ternyata justru menyebabkan penggunaan tintanya menjadi lebih boros. Meskipun hasil cetak berwarna printer Epson diunggulkan namun dari cetakan hitam putih dirasa kurang bagus.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas kita sudah bisa menyimpulkan bahwa masing-masing printer Canon dan Epson memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga jika kita ingin menentukan bagus mana tentu itu kita kembalikan kepada penggunanya masing-masing, karena masing-masing pengguna memiliki kebutuhannya yang berbeda terkait ia memutuskan membeli suatu produk tertentu.
Contoh jika kita membeli printer untuk perkantoran, tentu printer canon lebih bagus, namun jika kita membeli printer untuk kebutuhan mencetak foto printer Epsonlah pilihan yang lebih tepat.

Post a Comment for "Printer Canon VS Epson Bagusan Mana ?"