Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingkah Keberadaan KB

Gb. Kompasiana.com

“Secara rasional kemampuan daya tampung planet bumi ada yang menyampaikan 11 milyar ada yang menyampaikan 9 milyar”, demikian yang disampaikan salah satu nara sumber dalam Rakor FAPSEDU dan Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes dalam menyikapi pemutaran video dari BkkbN yang di putarkan dalam acara tersebut, Jumat (11/12) 
Beliau menyampaikan itu di karenakan video tersebut menjelaskan bahwa:
 Laju pertumbuhan penduduk semakin lama semakin ketat 1930 jumlh penduduk Dunia hanya 2 milyar jiwa , 1963 Jumlah penduduk Dunia bertambah menjadi 3 milyar jiwa 1975, Jumlah penduduk dunia menjadi milyar jiwa Dan pada tahun 2011 boom jumlah penduduk Dunia meledak menjadi 7 milyar jiwa (Bayangkan jika daya tamping bumi hanya 9 milyar, berapa banyak bayi lahir setiap harinya, salah satu sumber mengatakan bahwa setiap hari bayi yang lahir kedunia ini adalah berkisar 10.000 jiwa/hari,red). 277 juta jiwa diantaranya adalah tinggal di Indonesia ,
Ledakan penduduk di Indonesia muai terasa sejak awal abad 20 . Ledakan penduduk terjadi karena pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali dan terencanakan. Sehingga jumlah penduduk yang terus lahir jauh lebih besar dari penduduk yang mati .

Isi video tersebut sangat menunjukan betapa pentingnya KB bagi manusia, Isi video tersebut antara lain adalah : 

Daya Tampung Bumi terbatas. 

Bumi kita memiliki kemampuan yang terbatas untuk menampung kehidupan diatasnya.
Setiap manusia yang hidup di dunia memerlukan minimal 3 hal yaitu, pangan sandang, dan papan. 
Alam atau bumi menjadi sumber utama kehidupan manusia. Saat ini daya dukung bumi untuk memenuhi kebutuhan manusia sudah melebihi ambang batas kemampuannya . bumi semakin tertekan oleh tekanan pertumbuhan penduduk yang terus bertumpuk, dan meledak. 
Hal-hal yang akan terjadi jika Ledakan Penduduk terus di biarkan adalah: 
1. Jumlah lahan yang terbatas akan membuat manusia saling bertumpangan , sawah dan hutan akan berubah menjadi tempat tinggal manusia, padahal sawah dan hutan adalah penopang kebutuhan makanan,,air bersih dan untuk hidup yang sehat. Lahan yang semakin sempit akan membuat manusia tinggal saling berhimpitan tinggal di muka bumi.
2.Bumi akan semakin panas , permukaan laut meninggi , lapisan ozon semakin rusaak. Semua masalah ini berawal dari sampah-sampah lingkungan yang di hasilkan dari umat manusia. Semakin banyak manusia maka semakin banyak sampah lingkungan yang di produksi . 3.Ledakan penduduk juga akan menciptakan masalah sosial yang tinggi. Akan terjadi persaaingan yang sengit antar manusia untuk hidup layak , mendapatkan pekerjaan dan penghasilan serta sumber makanan dan tempat tinggal . 
Bumi sedang dalam ancaman dan ancaman itu berasal dari kita sendiri makhluk yangdisebut manusia. 
Republik Indonesia Sejak Tahun 1970 sebenarnya telah menyadari ancaman ledakan jumlah penduduk ini , karena itulah pada tahun 1972 di luncurkan program Keluarga Berencana (KB). melalui program Keluarga Berencana pemerintah ingin agar masayarakat bisa membuat perencanaan keluarga yang baik dan ikut bertanggung jawab untuk terciptanya keluarga yang berkualitas . 
Program Keluarga Berencana menyarankan agar setiap keluarga membatasi jumlah anaknya hanya dua orang anak. 

Alasan Kenapa Dua Anak ? 

Karena dengan memiliki dua anak orang tua masih bisa memperhatikan kualitas pertumbuhan anaknya. 
Anak-anak bisa tumbuh dengan sehat,mendapatkan kasih sayang dan perhatian penuh dari orang tuanya. 
Dua anak juga akan membuat beban ekonomi keluarga tidak terlalu berat , anak-anakpun bisa tumbuh mengejar cita-citanya. Dua anak juga akan membuat orang tua tidak salah pilih garis keturunannya akan terurus. Dua anak juga akan membuat kulitas kesehatan terutama sang ibu juga semakin baik karena ibu yang melahirkan semakin banyak anak akan semakin gampang sakit. 
Bayangkan jika orang tua tidak membatasi dan merencanakan jumlah keluarganya dengan baik . Keluarga yang memiliki banyak anak tentu akan memiliki tuntutan yang besar agar anak-anaknya bisa tumbuh dengan sehat dan berkualitas .
Keluarga dengan banyak anak tidak akan bisa menjadi keluarga yang sehat , kuat dan melahirkan generasi berkualitas . Orangtua harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya yang banyak. Anak-anak juga hidup dalam tekanan karena perhatian orang tuanya yang tidak tidak besar. 
Keluarga banyak anak berpotensi melahirkan generasi yang rendah kualitasnya . Merencanakan jumlah keluarga dengan baik dan bertangggung jawab adalah salah satu cara agar hidup manusia lebih berkualitas. Dengan keluarga dua anak ledakan jumlah penduduk juga akan bisa di kendalikan .
Nah siapa yang akan mendapatkan keuntungan jika ledakan penduduk bisa di kendalikan? 
Tentu kita dan anak cucu kita yang akan menikmatinya.
Ledakan penduduk telah di depan mata , rencanakan jumlah keluarga anda dengan bertanggung jawab , cukup dua anak untuk kehidupan yang berkualitas.
“Perang nanti kedepan itu bukan perang yang menggunakan senjata tapi perang kita mungkin berebut tentang pangan, tentang energy, tentang, air dan sebagainya” Ujar Pasintel Kodim 0713 Brebes menyikapi isi video tersebut.

(De Tatang)


Post a Comment for "Pentingkah Keberadaan KB "