Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KB dibolehkan Agama




“KB itu Islami kalau menurut saya, Kata Imam Ghazali dari Kementrian Agama saat menjadi salah satu narasumber dengan tema Keluarga berencana dalam presfektif Islami saat Rakor FAPSEDU dan Koalisi Kependudukan Kabupaten Brebes Tahun 2015 yang bertempat di aula gedung BKBPP Kabupaten Brebes, Jumat (11/12).

Menuutnya Orang Islam tidak dilarang ber-KB, karena KB tidak bertentangan dengan Islam “KB itu keluarga yang di rencanakan, , rencanakan jumlah anaknya, rencanakan jumlah ekonominya. 
Hendaknya kita ada rasa kekhawatiran kalau nanti dibelakang kita nanti kita akan meninggalkan generasi-generasi yang lemah. Islam mengajarkan bahwa Kita dalam menyapih anak , para ibu hendaknya menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, ini Insya Allah dengan menyusui penuh jarak kelahiran anak akan juga terkontrol dari ini," katanya.

Dia pun menjelaskan bahwa kita di perintahkan oleh Allah untuk membentuk anak yang sholeh dan sholehah. 
"Anak yang sholeh dan sholehah memerlukan pendidikan yang cukup jadi kalau perhatian ke anak kurang maka keshalehan itu sulit untuk kita capai.
Maka kesimpulannya menurut kami KB sangat Islami," ungkapnya.

Sementara itu menurut Ustadz Akrom Agama Islam adalah Agama yang sangat operasional yang menjunjung tinggi pola hidup bersih dan sehat 
"Terangkum dalam Maqoshidus syariah (Tujuan di tetapkannya syariat) yakni: Tujuan di tetapkannya syariat, Ushul al Khomsah Hifdzu Ad-Din (Menjaga Agama), Hifdzu Al-Aql (menjaga akal) Hifdzu An nafs ( menjaga jiwa), Hifdzu An Nasl (Menjaga Keturunan), Hifdzu Al-Mal (Menjaga harta), KB termasuk dalam Hifdzu An Nasl dalam rangka menjaga keturunan. Ulama itu di bagi dua ulama konserfativ dan ulama modern, ulama Harkiyah, Makniyah,Tekstual dan kontekstual.
Permasalahan-permasalahan yang kontreporer dalam arti permasalahan yang sekarang muncul pada zaman Nabi tidak ada itu harus di telisiski jangan mudah membid’ahkan. 
Nanti jenengan bisa bid’ah semua jika pakai celana karena pada zaman Nabi pakainnya pakai jubah dan gamis, tidak ada mobil,,nanti tentara tidak boleh pakai senapan AK-47 pakainya panah lagi-panah lagi," terangnya.

Menurutnya Hukum asal KB adalah Muba’ah (boleh) namun bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi, bisa menjadi sunah bahkan wajib.

“Sunah bila di tujukan untuk meningkatkan kualitas hidup keturunan, Rasulullah pernah mengatakan di akhir Zaman akan banyak-banyakan umat, tetapi bukan hanya banyak tetapi umat yang berkualitas, tetapi KB juga bisa menjadi wajib saat pertumbuhan laju penduduk tidak terkendali pada saat Negara dalam kondisi krisis, saat lapangan pekerjaan tidak tersedia”,Jelasnya. (De Tatang)

Post a Comment for "KB dibolehkan Agama"